Mengurus Registrasi Visa Waiver di JVAC (Maret 2019)

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya registrasi visa waiver di JVAC (Japan Visa Application Center) Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Semenjak memiliki e-paspor 2017 lalu, dan karena misua juga kerja di perusahaan Jepang yang sudah pernah dikirim ke Jepang,  saya jadi berniat ingin daftar registrasi visa waiver, jadi seandainya ada tiket murah dan kesempatan berlibur ke Jepang, bisa langsung berangkat tanpa harus urus visa lagi. ini juga alasan saya mengapa paspor si bocah kemaren diurus yang e-paspor, biar ga ribet gitu untuk urusan perjepangannya.

btw visa waiver itu apa sih? visa waiver bukanlah jenis visa, tetapi istilah untuk bebas visa, dan untuk WNI, Jepang memberikan kesempatan bebas visa tapi hanya untuk pemegang e-paspor, yang harus registrasi atau daftar terlebih dahulu di kedubes atau konjen Jepang. jadi kalo ga registrasi terlebih dahulu tetep aja tidak bisa masuk ke Jepang nanti.

nah, untuk melamar visa di kedubes atau konjen Jepang di Indonesia, ga bisa asal karena setiap kantor perwakilan memiliki wilayah masing2, jadi tergantung dari domisili ktp yang bersangkutan. kalo yang bersangkutan ktpnya dari jawa maka urus di kedubes jepang di jakarta. kalo saya karena ktpnya domisili di Batam maka urusnya kan di konjen jepang di Medan. saya kira ini berlaku untuk registrasi visa waiver juga, makanya urusan registrasi visa waiver selalu saya tunda karena saya belon ada niat ke Medan. Lumayan kan ya biaya pesawat dan tempat tinggalnya selama disana, apalagi sekarang harga tiket pesawat naik sampe 3 kali lipat. hii.

Karena pertengahan Maret kemarin Adik saya yang masih SMA libur sekolah, saya kemudian janjian dengan si Mamah untuk ketemuan di Medan, agar si Mamah bisa menemani saya selama di sana (karena suami pasti ga bisa ikut karena kerja). sebelum beli tiket saya telpon dulu ke konjen Jepang di Medan, persyaratan dan apakah registrasi ini bisa dilakukan dimana saja, ga mesti di Medan. ternyataaa bisa dong. registrasi visa waiver ga bergantung pada domisili ktp seperti mengurus visa. abis itu saya konfirm lagi ke  pihak JVAC di Jakarta, mereka juga bilang bisa.  ya sudah saya memilih di Jakarta aja, karena di sana juga ada rumah keluarga yang ditempati Adik saya yang lagi kuliah jadi tinggal ketemuan sama si Mamah, sekalian nengokin si adik juga.

singkat cerita, saya sampai Jakarta berdua dengan si bayi hari Minggu tanggal 17 Maret 2019. Senin tanggal 18 Maret 2019 akhirnya saya berangkat ke JVAC di lt 4 Lotte Shopping Avenue. kenapa saya memilih di JVAC? karena lokasinya di Mall Lotte yang saya rasa akan lebih ramah dan nyaman untuk saya yang bawa bayi, dibanding dengan di kedubes. selesai urusan visa waiver pun bisa langsung makan siang dan sholat. lagipula saya penasaran juga dengan situasi di sana, karena JVAC kan baru buka yah.

c0147dce-4f4a-4e55-a920-3904580e6371_169.jpg

Maaf fotonya dari detik.com, ga sempet foto2

saya sampai di JVAC sekitar jam 11 siang. di depan pintu masuk ada sedikit antrian untuk petugas yang memeriksa kelengkapan dokumen. tadinya saya ikut mengantri, tapi tak berapa lama ada bapak2 satpam memanggil orang2 yang mengurus visa waiver untuk langsung masuk aja. jadilah saya, si bayi dan Mamah langsung masuk setelah melewati pemeriksaan pintu besi dan tas. kemudian satpam menanyakan kami mau mengurus apa dan memberi nomor antrian, karena bawa bayi Alhamdulillah dikasi antrian prioritas. baru deh kami masuk ke ruangan JVAC.

pas masuk agak terpana karena cs nya banyaaak banget dan terisi semua. ada kali 30 konter. itu dibagi2 fungsinya, ada yang buat agen, ada yang buat pelamar individu, ada yang antrian prioritas. terus untuk pembayaran beda lagi. kemarin kalo ga salah antrian prioritas dikasi konter nomor 22-24.  jadi kami menunggu di depan situ. dan alhamdulillah emang cepet banget ya antrian prioritas itu, ga sampe 10 menit nunggu langsung dipanggil. persyaratannya hanya e-paspor dan formulir. formulir udah saya download dari web JVAC terus saya isi sendiri pake tulisan tangan bertinta hitam, dua formulir karena sekalian ngisiin punya si bayi. terus karena ada epaspor si bayi jadi dimintain juga foto kopi KK. untung saya bawa juga. saya juga bawa ktp, dan akta lahir, sama buku nikah tapi ga diperlukan.

4e69bd14-b36c-40f4-8a72-4870caf8d649

Suasana di dalam JVAC (foto dari detik)

CS yang melayani super baik banget, ramah meskipun saya riweuh apalagi ditambah si bocah udah mulai teriak2 riweuh juga haha.. mba CS sempet nanya juga apakah saya udah pernah ke Jepang, jadi saya jelaskan aja kalo dulu saya pernah pertukaran pelajar di sana setahun. tak lupa sambil menunjukkan paspor lama yang masih ada visa Jepangnya dan zairyuu kaado (ktp untuk warga asing di Jepang). semuanya oke, ga ada masalah. setelah dia rasa semua lengkap, dia lalu bilang kalo registrasi visa waiver ini selesainya 5 hari kerja, dan saya langsung kaget, karena saya baca di internet cuma 1-2 hari aja.

ternyata emang kalo ngurus di JVAC selesainya lebih lama, dan ga gratis harus bayar. haha.. kalo mau selesai sehari dan gratis, harus ngurus di kedubes langsung, cuma mereka hanya terima sampe jam 12 siang, beda dengan JVAC yang buka sampai jam 5 sore. karena udah kepalang tanggung banget jadi saya menyerah. yaudah deh selesainya 5 hari aja. syukurnya, JVAC memiliki opsi kurir, kata si mba CS karena banyak orang yang ga bisa datang ketika pengambilan paspor, pihak JVAC bisa mengirimkan paspor ke rumah kita langsung menggunakan jasa ekspedisi rpx. dengan biaya tambahan tentunya. tadinya saya ingin mengirim ke Batam, tapi kemudian si Mamah bilang kirim ke Bandung aja karena takutnya di Batam terlalu jauh dan ga ada orang. yasudah akhirnya saya menuliskan alamat di Bandung di resi yang tertera.

setelah urusan dengan CS selesai, saya menunggu lagi sekitar 5 menit untuk pembayaran. total yang harus dibayar sekitar 300an, ada biaya admin JVAC (sekitar 120rb) dan biaya kurir ke Bandung, masing2 paspor 50rb. agak mahal sih, tapi setidaknya ga repot bolak balik kesana dan antriannya cepet terus nyaman. di JVAC juga ada booth formulir (50rb per form) dan ada juga booth fotokopi (bisa print (per lembar 5rb), fotokopi (per lembar 1rb) dan pasfoto (harganya lupa, 30rb gitu ya) bagi yang ga bawa), jadi lengkap. cuma karena harganya mahal banget jadi saya sarankan bagi para pelamar visa di JVAC untuk melengkapi banget semua persyaratannya sebelum datang kesana. btw kedubes jepang udah ga terima lagi ya urusan visa, tapi cuma terima registrasi visa waiver .

Karena di CS saya dimintai alamat email dan nomor telepon, jadi pihak JVAC selalu memberi update status aplikasi kita melalui email. total saya dapat 3 email selama pengurusan, yang pertama email ketika paspor kita diserahkan ke pihak kedubes. yang kedua email yang menyatakan pihak kedubes telah menyerahkan kembali paspor ke JVAC. yang ketika menyatakan paspor telah diserahkan ke kurir. nomor resi pengiriman dikasih pas pembayaran. lima hari kerja dihitung dari hari pengurusan, dan tepat di hari kelima, paspor sampai di Bandung.

Di JVAC ini bener2 mudah dan nyaman pengurusannya, antrian pun ga kerasa banget karena prioritas (bawa bayi). cuma emang lebih mahal sih, karena lewat pihak ketiga ga langsung ke kedubes. registrasi visa waiver ini hanya untuk 15 hari setiap perjalanan dan berlaku selama 3 tahun atau sampai paspor berhenti masa berlaku, yang manapun yang lebih dulu. kalo saya kebetulan banget paspornya emang tinggal 3 tahun lagi masa berlakunya jadi ya sampe 2021 bisa bebas pp ke Jepang deh, hehe..

Baiklah, sekian dulu postingan kali ini, sampai jumpa di postingan berikutnya!

 

 

6 thoughts on “Mengurus Registrasi Visa Waiver di JVAC (Maret 2019)

  1. Halo mbak, mau tanya pengajuan visa nya bisa hari minggu? Atau hari libur? Krn saya baca di beberapa media, hanya bisa di hari kerja. Terimakasih.

Leave a comment