Alergi Bayi Soleh

Assalamualaikum wr. wb..

Helo semua! duh lagi-lagi saya lama ngga ngepost ya. kenapa sih saya teh suka ilang mood wae mau ngepost. padahal banyak yang terjadi dan banyak yang selalu pengen saya post. tapi moodnya itu lohh ga ada mulu. kalopun moodnya ada dan idenya muncul, pasti pas tengah malem, pas saya lagi ngebut ngerjain proyek. kaya malam ini nih, haha… sebetulnya saya lagi ngerjain proyek, dan mestinya juga saya harus packing karena besok rencananya mau balik ke Bandung. tapi tiba-tiba jadi pengen ngeblog, yauweslah. daripada makin berdebu ini blog, marilah kita menulis sedikit cerita.

Kali ini saya pengen cerita soal alergi anak saya yang sering saya sebut sebagai bayi soleh (karena ucapan itu doa yah). jadi si bayi soleh yang tanggal 17 Juli 2018 kemaren resmi berumur 6 bulan, sudah memasuki masa perkembangan yang bisa dibilang paling penting: masa-masa MPASI. mengenai MPASI saya belom niat cerita banyak karena saya sendiri masih ngeraba-raba dan bikin menu seada-adanya aja untuk bayi soleh, doi pun masih suka mood-mood an kalo makan. tapi, salah satu yang menjadi pertimbangan saya memilih menu untuk bayi soleh adalah mengenai alerginya.

162357754-1024x1024.jpg

Continue reading

Advertisements

Curhat Malam eps 1: Membesarkan Anak

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! sebetulnya ada banyak sekali hal yang ingin saya bahas, tapi ga sempet terus merangkumnya menjadi tulisan panjang di satu postingan. nah, karena salah satu resolusi saya tahun ini adalah lebih produktif dalam urusan ngeblog, jadi saya ingin mulai membuat postingan-postingan pendek berisikan kegalauan saya di malam hari, hehe.. biar ini blog ada terus gitu loh isinya, ga keliatan dianggurin.

saya terinspirasi dari blogger-blogger lain yang suka update, meski postingannya pendek dan kadang tanpa gambar. dan rencananya, seperti para youtuber yang suka buat video serial di channel mereka, saya juga mau buat serial berisi curhatan saya malem-malem. maaf ya kalo terasa tidak berfaedah.. abis jarang-jarang juga sih tulisan saya berfaedah haha..

nah di episode pertama kali ini saya mau bahas kegalauan saya mengenai membesarkan anak. kadang kalo lihat berita toleransi yang terjadi di masyarakat apalagi pembahasan para netijen twitter, saya suka mules sendiri. baru-baru ini ramai berita pengebom gereja di Surabaya yang taunya yang ngebom satu keluarga (termasuk anak2nya). udah gitu setelahnya rame berita orang2 pake cadar dan santri2 di diskriminasi (diperiksain tas dkk) karena takut bawa bom.

serius, kadang pikiran saya penuh ketakutan akan pengaruh buruk pada anak saya pas udah besar nanti. saya takut saya ga bisa membesarkan dia jadi orang yang soleh, taat agama dan keluarga serta pintar bergaul. ngeri deh lihat jaman sekarang, jadi saya suka mikir kemana-mana. duh bisa ga ya saya mendidik dia sesuai agama agar dia memiliki benteng yang kuat dan tidak terpengaruh buruk? selain itu saya pengen ia bisa bergaul dengan mudah, tidak mendiskriminasi siapapun..

memang pikiran saya jauh amat ya padahal anaknya masih piyik, makan aja belon haha.. cuma kadang kalo liat si bayi soleh saya suka kepikiran dan banyak berdoa, agar ia yang suci ini siap menghadapi dunia yang keras. dan saya jadi berdoa juga untuk saya dan suami agar bisa menjadi orang tua yang baik, mendidik dengan baik, dan menjadi contoh yang baik. amiin ya robbal alaminn..

segitu dulu deh curhat malam ini, sampe ketemu di postingan berikutnya!

 

Naik Pesawat Saat Hamil dan/atau Membawa Bayi

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! kali ini saya akan membahas mengenai pengalaman saya naik pesawat ketika hamil dan setelah melahirkan, naik pesawat lagi untuk bawa bayi.

Ketika dinyatakan hamil akhir Mei 2017 lalu, saya bisa dibilang termasuk sering banget bolak balik naik pesawat. pertengahan Mei ketika mual mulai terasa tapi belum ngecek hamil atau belum, saya pp naik pesawat Bandung-Batam. bulan Juni nya pp lagi Bandung-Batam untuk lebaran di sana (pulangnya dari Jakarta). Awal September pas lebaran haji saya mudik ke Medan tempat keluarga suami. Akhir bulan September saya pergi ke Banyuwangi untuk karena ada urusan dengan keluarga alm ayah. lalu bulan November saya pulang ke Bandung untuk melahirkan di sana.

Dihitung-hitung selama hamil saya 12 kali naik pesawat, hampir tiap bulan. Pertanyaannya, yang saya yakin juga jadi pertanyaan banyak ibu hamil di luar sana: sebenarnya naik pesawat ketika hamil aman ga sih? jawabannya tentu saja aman. tidak hanya dari sumber di internet, dokter kandungan saya juga menyatakan aman. karena pada dasarnya ibu hamil itu adalah orang yang sehat, jadi selama tidak melakukan sesuatu yang berat (ngangkat koper puluhan kilo misalnya) ya aman-aman aja sih.

IMG_1447.JPG

Pengalaman naik Priority Bus di Bandara Husein, Bandung Karena Lagi Hamil

 

Continue reading

Menjadi Seorang Ibu

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! Tanpa terasa sudah memasuki akhir bulan April, yang berarti lagi-lagi saya mangkir dari blog ini hampir 2 bulan, ckck..

Setelah terakhir mengunggah postingan awal Februari kemarin, banyak sekali peristiwa penting maupun tidak penting yang terjadi. Kali ini, saya akan membahas beberapa di antaranya (karena yang lain saya udah lupa..)

  1. Kembali ke Batam

Setelah pulang ke Bandung pada November 2017 lalu demi melahirkan di sana, akhirnya pada tanggal 25 Maret 2018 lalu saya kembali ke Batam bersama bayi soleh dan misua. kenapa saya memilih kembali ke Bandung di tanggal itu, karena satu, saya nunggu bayi soleh berumur lewat 40 hari dan sudah vaksin DPT I, serta dua, saya juga nunggu kapan suami bisa jemput ke Bandung karena sudah sangat tidak mungkin saya pulang hanya berdua ke Batam membawa bayi berumur dua bulan, sungguh ripuh.

Continue reading

Arti Sebuah Nama

Assalamualaikum wr. wb…

 

William-Shakespeare-quote-530x256

“Apalah arti sebuah nama? Bunga Mawar kalau disebut dengan nama lain pun akan tetap berwangi sama.” begitu kira-kira kata Shakespeare. saya sih kurang setuju dengan kata-kata Shakespeare itu. bagi saya, nama berarti doa, supaya si anak tumbuh besar menjadi apa yang kita doakan dalam namanya. jadi dalam pemberian nama anak saya, saya bertekad memberikannya nama yang  terbaik bagi saya.

Penentuan nama untuk si Ulim melewati proses pemikiran yang lumayan panjang. Saya dan suami sama-sama menginginkan nama bernuansa Islami yang diambil dari ayat Al-Quran untuk anak kami. sempat kepikiran juga memberi nama bernuansa jepang-jepangan mengingat sejarah saya dan suami tapi suami menolak mentah-mentah ide saya, haha..  akhirnya sebagai referensi saya lalu membeli buku Nama Bayi Islami di Gramedia di awal kehamilan.

Continue reading

Cerita Melahirkan

Assalamualaikum wr. wb…

Helow semua! Alhamdulillah ya sudah masuk bulan Februari tahun 2018, yang berarti saya lagi-lagi melewatkan banyak minggu untuk tidak mengupdate blog ini. heuheuheu… Banyak sekali yang terjadi di bulan Januari tahun 2018, tapi salah satu peristiwa yang paling uwow adalah saya akhirnya melahirkan. wooww…

proses melahirkan yang saya alami bisa dibilang unik, tapi memang sih semua ibu-ibu hamil punya pengalaman melahirkannya masing-masing. udah lama saya pengen cerita soal pengalaman melahirkan ini tapi baru sempet saya tulis sekarang karena saya sibuk menyesuaikan diri menjadi ibu baru dan karena banyak deadline proyek setelah lahiran. ini aja postingan saya tulis di sela-sela pengerjaan proyek terjemahan. takut keburu lupa, jadi saya sambi dengan menulis mengenai pengalaman melahirkan saya. emang kaya gimana sih? saya ceritakan dari awal banget yaa…

Continue reading

Resolusi tahun 2018

Assalamualaikum wr. wb…

Tahun 2017 akhirnya selesai dan berganti menjadi tahun 2018. Bagaimanakah perasaan saya? hmm.. biasa aja sih. hehe..

Sejak dahulu kala, saya memang tidak pernah terlalu heboh merayakan ‘malam tahun baru’. Setiap malam tanggal 31 Desember, hampir pasti saya selalu di rumah, ngeliatin kembang api yang dinyalain para tetangga pas jam 12 malam dari balik jendela. Semakin bertambah usia, saya semakin menyadari bahwa memang malam tahun baru itu bagusnya dilewati seperti hari – hari biasa saja. Lebih baik berdiam diri di rumah, merefleksikan apa yang terjadi selama setahun ke belakang, serta menyusun apa-apa yang diharapkan di tahun depan.

Pagi ini saya terbangun saat seisi rumah masih pada tepar gara-gara semalam pada tidur kemalaman. sehabis solat subuh, saya buka laptop untuk  melanjutkan kerjaan yang masih banyak jumlahnya. tetiba saya terpikir untuk menulis postingan blog mengenai resolusi saya di tahun 2018 ini. hal yang sangat tumben karena di tahun – tahun sebelumnya saya jarang sekali menulis mengenai resolusi di tanggal 1 Januari. haha.. mudah-mudahan ini berarti saya bakal jadi orang yang lebih baik tahun ini.

oke, jadi apa saja resolusi saya untuk tahun 2018?

Continue reading

Cerita Kehamilan

Assalamualaikum wr. wb..

Setelah sebelumnya saya posting mengenai cerita sebelum hamil, kali ini saya akan cerita mengenai masa-masa kehamilan saya.

Semenjak akhir Mei tahu kalau saya akhirnya hamil juga, saya menjalani masa-masa kehamilan dengan santai dan menyenangkan.

Trimester Pertama

di trimester pertama, Alhamdulillah saya tidak terlalu merasa mual parah hingga tiap pagi muntah lebay. cuma memang perlu diakui, saya jadi milih-milih banget makanan (biasanya apa aja lahap), hidung jadi sensi-an sama bau makanan, terus ada makanan yang awalnya saya ga mau makan jadi saya suka makan (contoh: bubur ayam dan soto ayam). masa-masa ini berlanjut lumayan lah sekitar dua-tiga bulan awal kehamilan.

bulan kedua kontrol ke dokter, berat saya turun hingga 5kg. padahal makan saya tergolong lumayan banyak bagi ibu hamil trimester pertama, cuma memang saya jadi pemilih banget sama makanan dan ga makan sembarangan. hanya makan porsi sedikit di pagi, siang, dan malam sama kadang ngemil buah sama air kelapa. biasanya saya makan banyak, terus suka ngemil macem2. cuma pas awal hamil ini saya makan nasi plus lauk cuma bisa dikittt aja (paling lima enam suap, disuapin paksa ama suami). di saat itu saya baru ngerasa pentingnya ngisi perut buat minum obat, heuheu. biasanya makan itu kesenangan, waktu itu makan bukan hal yang menyenangkan, tapi kebutuhan dan harus dilakukan fufu…

Continue reading