Pengalaman Mengurus E-Passport di Batam (April 2017)

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! jadi hari selasa tanggal 4 April 2017 lalu saya pergi ke kantor imigrasi kelas 1 khusus Batam untuk mengurus e-passport saya. perhatian, postingan ini sangat panjang dan pengalaman yang terjadi sama saya belum tentu terjadi pada anda jadi santai aja ya..

BAB I: PENDAHULUAN

passport lama yang terakhir kali saya urus tahun 2012 sebelum berangkat ke Jepang (postingan tentang itu ada disini) tak terasa sudah akan habis  masa berlakunya di bulan Juni 2017. karena perpanjang paspor bisa dilakukan di bawah 6 bulan sebelum masa berlaku habis, saya memutuskan untuk segera memperpanjang passport saya. sebetulnya saya sudah ingin memperpanjang dari bulan Desember. tapi karena budgetnya kepake terus dan karena saya agak-agak males ngantrinya, jadi saya baru memperpanjang kemarin. bukan memperpanjang kali ya istilahnya, lebih tepat ke penggantian.

saya mengganti passport biasa saya menjadi e passport karena sekarang pengguna e passport bisa bebas ke Jepang tanpa harus menggunakan visa. karena suami bekerja di kantor PMA Jepang, suami berkesempatan untuk dikirim ke Jepang beberapa bulan, meski ga tau kapan dan berapa lama serta apakah benar akan terjadi atau tidak. nah rencananya kalo emang suami dikasih kesempatan berangkat, saya bakal ikutan berangkat juga buat jalan-jalan, meski bila tidak disponsporin ama kantor suami. salah satu cara supaya saya bakal dengan gampang berangkat adalah dengan menggunakan e passport, jadi saya ga perlu repot mengajukan visa. kalo suami sih pasti bakal diurusin visanya, cuma kan saya belum tentu. jadi deh saya mengurus epaspor. untungnya e paspor ini bisa diurus di Batam (salah satu dari tiga kantor imigrasi yang mengeluarkan e passport yaitu Jakarta, Batam, Surabaya) dan karena ktp saya udah e ktp batam jadi saya ga perlu surat pengantar atau keterangan domisili.

Continue reading

Advertisements

Cerita Proses pengurusan KTP dan KK di Batam (April – Mei 2016)

Assalamualaikum wr. wb..

kali ini saya akan cerita mengenai proses pengurusan KTP dan KK saya di Batam yang penuh drama, tapi bukan dari sisi lembaga pemerintahan, karena di semua kantor pemerintahan yang saya datangi, petugasnya alhamdulillah ramah2. drama cerita saya malah dari tukang potokopi dan cuaca batam. ckckck.

sebetulnya, kami (saya dan suami) tidak ada rencana untuk membuat KTP dan KK Batam. rencana awalnya, suami ikut membuat KTP di Bandung, di alamat rumah keluarga saya. tapi karena jarak, KTP baru kami berdua belum sempat diurus.

akan tetapi, karena KTP kami berdua masih KTP lama (non-elektronik) dan kami belum punya kartu keluarga bersama meski sudah menikah 8 bulan, akhirnya suami memutuskan untuk membuat ktp dan kk di Batam saja. agak ga enak juga sih, sudah menikah tapi tulisan di KTP masih ‘belum menikah’. sudah gitu, bukti nikahan kami satu2nya cuma buku nikah. jadi akhirnya kemarin kami memutuskan untuk mengurus KTP di Batam saja, sekaligus membuat KK kami sebagai keluarga. apa sajakah persyaratan yang dibutuhkan? siapkan semua di bawah ini.

Continue reading

Mitos mengenai Batam

Assalamualaikum wr. wb…

Helow kawans! kembali lagi bersama saya, Farah, di postingan blog terbaru ini.

pada postingan kali ini saya ingin membahas beberapa mitos mengenai Batam dan kebenarannya menurut pandangan dan penilaian saya yang sudah baru tinggal disini selama 8 bulan. ahey. (bagi yang penasaran sama perbandingan kerja di batam atau jakarta mana yang lebih enak, baca postingan ini)

sebelum saya datang ke Batam, saya telah mendengar beberapa mitos mengenai Batam. ada yang benar, ada yang tidak. apa sajakah mitos tersebut? mari kita kupas!

765608_01140206022015_wisatawan_di_batam

sumber gambar disini

Continue reading

Tips Menyembuhkan Sariawan ala Farah

Assalamualaikum wr. wb…

sebagai orang yang beberapa bulan sekali terkena sariawan, saya sudah mencoba berbagai macam cara untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. dulu saya sering pake Abothyl, obat tetes yang naujubile sakitnya kalo kena bagian yang sariawan terus abis ditetesin bibir rasanya kebas. tapi setelah dengar kabar bahwa abothyl tidak bagus untuk menyembuhkan sariawan, saya kemudian berganti obat.

obat berikutnya yang saya pakai adalah salep kuning kenalog, yang bisa diolesin ke bagian sariawan. saya ga lama pake salep ini, pertama karena harganya lumayan mahal bagi saya, udah gitu ga cepat ngefek buat saya. setiap diolesin, hasil olesannya tidak menyembuhkan malah jadi ketelen. jadinya saya harus mengoleskan berkali kali sampai beneran sembuh.

Continue reading

intropeksi diri tentang kecerewetan saya

Assalamualaikum wr. wb…

orang yang kenal dekat dengan saya pasti tau salah satu sifat saya yang paling khas: cerewet. ya, saya akui saya memang cerewet. saya suka ngobrol, apa aja bisa saya omongin. saya juga ga tahan dengan suasana hening, jadi kalo misalnya lagi kumpul – kumpul terus tiba2 jadi pada diam, pasti saya bakal merasa ga nyaman banget lalu mulai lagi ngomong. makanya saya jauh lebih suka ngobrol via telpon sama mama atau teman kalo ada cerita seru, daripada sms atau chat. meskipun lebih ngabisin pulsa, tapi menelpon itu bener2 bikin hati saya puas dan plong.

yah apa boleh buat, beginilah saya.

Continue reading

fenomena keong racun : another one hit wonder?

Assalamualaikum wr. wb…

hey mochoreaders, bahas fenomena lagi yuk! setelah kemarin saya sempet bahas kasus video porno bintang papan atas, sekarang saya tertarik ngangkat fenomena video keong racun yang akhir – akhir ini lagi ngtren banget.

sekarang, siapa sih yang gatau shinta dan jojo? kedua gadis sebaya saya ini terkenal karena tingkah mereka di video lip sync berjudul keong racun.

pertama kali saya tau mereka adalah ketika mereka diwawancarai oleh media pikiran rakyat, kurang lebih 2-3 minggu yang lalu. disitu banyak dijelaskan tentang kisah kenapa mereka bisa jadi terkenal seperti sekarang. jadi awalnya, video itu adalah video balasan untuk pacar salah satu dari mereka (ntah shinta ato jojo saya lupa deh) yang kuliah di prancis. katanya, mereka emang sering buat video lipsync macam bgtu, ya karena iseng dan emang suka balas2an video ama sang pacar. biasanya mereka posting video itu di facebook, tapi ukuran file keong racun terlalu besar, jadi ga bisa dimuat di facebook. dipostinglah oleh mereka video tersebut di youtube.

di berita tersebut juga disebutkan bahwa mereka berdua sama sekali tidak menyangka videonya akan menjadi hits dan membuat mereka terkenal se Indonesia. “video itu sempat kami hapus, soalnya banyak orang yang ngasi komentar ga enak,” jelas mereka. “tapi begitu dihapus, muncul lagi dan lagi. saya juga langsung dapet 1000 permintaan teman di facebook gara2 video tersebut,” lanjut salah seorang dari mereka, yang saya lupa siapa. yang jelas, fenomena video tersebut telah membuat mereka jadi terkenal mendadak, dan mereka jadi kehilangan privasi, karena sekarang orang2 mengenal mereka.

yang dapat saya tarik dari berita di koran pr waktu itu, shinta dan jojo tidak begitu menyukai ketenaran instan mereka. tapi itu dulu. dari yang saya perhatikan sekarang, mereka malah jadi tambah terkenal. diwawancarai layaknya artis terkenal ketika nonton imb, masuk infotainmen berkali2, bahkan ditawari main film. saya yakin, pendapat mereka soal ketenaran pasti akan berubah seiring mengalirnya lembaran rupiah ke dompet mereka. privasi pasti bukanlah masalah besar sekarang.

ketenaran instan ala shinta dan jojo ini, kalau diingriskan disebut sebagai one hit wonder (istilah buku LIA dikeluarin hahahaha). one hit wonder adalah popularitas mendadak yang didapat seorang penyanyi karena satu lagu saja. ketenaran macam ini biasanya muncul sangat cepat, tiba – tiba ada tanpa diketahui asalnya, tapi sangat terkenal sampai ke seluruh pelosok negeri. banyak sekali contohnya, kalian pasti suka denger band – band jaman sekarang yang terkenal hanya dengan satu lagu? ya, begitulah one hit wonder. setelah beberapa saat, nama mereka akan menghilang begitu saja. intinya, ketenaran yang didapat tidak everlasting, tidak seperti para diva yang meraih kesuksesannya dengan kerja keras yang panjang.

menurut analisis saya, begitulah yang terjadi dengan shinta dan jojo. mereka sedang mengalami masa – masa puncak popularitas sekarang, yang saya yakini tidak akan bertahan lama. kepopuleran instan akan dilanjutkan dengan masa – masa tenar yang juga instan, dan secara instan popularitas tersebut akan jatuh juga. begitulah hukum alam, yang kuat yang bertahan. dalam kasus ini, yang kreatif dan yang punya bakatlah yang akan bertahan. tinggal tunggu waktu sampai masyarakat bosan akan pemberitaan mereka, dan bum! nama mereka mungkin akan hilang.

bicara soal videonya, saya belum pernah melihatnya loh. ada yang sudah pernah melihat video tersebut? kalau orang2nya sih saya sering banget lihat di tv atau koran. sebenarnya sih saya heran, kenapa dua orang remaja yang membuat video lipsync bisa jadi sangat terkenal. entah karena sikap lebay mereka di video, karena lagu ‘keong racun’ yang liriknya berani, atau karena wajah mereka yang memiliki kecantikan khas indonesia? saya juga kurang mengerti. video lipsync itu jumlahnya ribuan di youtube. video lipsync yg bagus sih saya pernah melihat marimar-nya moymoy palaboy, dan itu saya kira jauh lebih lucu dan lebih niat daripada keong racun. mungkin emang hokinya sinjo kali ya, sehingga mereka bisa jadi dikenal seperti sekarang?

oiya, kalian udah tau belum? salah satu dari mereka dapat beasiswa lhoo! beasiswa dari salah satu universitas swasta di bandung, tempat jojo berkuliah. dahsyat ya? ia disebut2 sebagai seseorang yang kreatif sehingga pantas mendapatkan beasiswa jalur minat dan bakat, dan dibebaskan biaya kuliahnya. mendengar berita ini, hati saya jadi miris sendiri. please deh, yang ia lakukan hanya bernyanyi bohongan lalu menguploadnya di youtube, kemudian sedetik kemudian ia disebut sebagai orang yang mengharumkan nama universitas? sedih juga ya, padahal di sana pasti ada yang lebih berhak menerima beasiswa daripada gadis berkecukupan yang iseng macam si jojo ini. tapi ya sudahlah, mungkin memang rejekinya dia.

akhir kata, dari kisah shinta jojo ini dapat saya simpulkan bahwa menjadi terkenal itu gampang. lakukan hal yang unik maka nama anda akan terkenal dimanamana. jadi, bagaimana kalau kita coba lipsync juga? hahahaha, not in this lifetime!

mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

Assalamualaikum wr. wb…

hello mochoreaders. long time no see, uh? yeah, i’ve been a bit busy lately. my mother needs more hand to run the store, so i go there almost everyday now.

anywaaay, here i am. writing an article. (let’s talk in indonesian)

artikelnya tentang sampah. banyak hal yang menginspirasi saya, salah satunya adalah karena saya masih sering melihat banyak orang indonesia, anak kecil maupun bapak2 kantoran , membuang sampah sembarangan, bukan di tempatnya. hal ini kadang – kadang bikin saya jengkel. kenapa? bukan karena saya sok bersih ya. please deh. kamar saya aja berantakan. tapi karena beberapa hal yang akan saya bahas di bawah ini. alasan – alasan ini saya dapet dari banyak sumber. so, penasaran kenapa dari sd kita diajarin ga boleh buang sampah sembarangan? cekitot!

mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

1. dari sisi lingkungan
buang sampah sembarangan itu mengotori lingkungan. ah ini sih anak tk juga tau, iya kan? kalo gtu, kenapa banyak orang masih suka buang sampah sembarangan? karena mereka ga peduli sama lingkungannya. padahal, buang sampah sembarangan bisa bikin penumpukan sampah di tempat2 yang bukan fungsinya menjadi tempat sampah.
a. orang naik kapal, buang sampah ke laut. damnpaknya? tentunya ekosistem laut dan penghuninya kena masalah, macam ikan – ikan dan lain2nya. sampah kan bukan tempatnya disitu, kalo laut dipenuhi sampah, hewan2 laut dan lainnya bisa mati. ujung2nya, manusia juga kan yah yg kena? kita kan butuh ikan dan makanan seafood lainnya, ya tho? atau di kasus lain, ikan yg kita makan udah terkontaminasi sampah. pastinya bakal bikin kita sakit juga.
b. orang buang sampah di sungai, got, dan selokan. hasilnya? banjir. udah gitu nyalahin pemerintah, dibilang pemerintah ga bener dalam mengatasi bencana alam. padahal yg bikin banjir mereka2 juga, ckck.
c. orang buang sampah di jalan atau di tempat2 lain, bikin jelek pemandangan. polusi mata plus polusi udara juga. sampah kan bau.

2. dari sisi agama
saya percaya, semua agama pasti mengajarkan umatnya untuk mencintai kebersihan. waktu sma, guru agama saya, Ibu Diden Rosenda, pernah menyampaikan ini saat keputrian;
“kalian buang sampah sembarangan, satu, satu, sedikit, itu kan mengikis pahala juga. bayangin kalian udah susah payah ngumpulin pahala, terus ilang sedikit demi sedikit karena hal yang sepele? apa ga sayang kalian?”
perkataan si ibu terus menancap dalam hati saya, ga pernah keluar lagi. sebelumnya saya masih sering buang sampah sembarangan, tapi setelah itu, saya jadi takut. secara pahala saya kan kayanya masih dikit, rasanya sayaang banget si pahala sedikit ini kekikis sama hal kecil macam buang sampah sembarangan.

3. dari sisi ekonomi
teman saya, alfiani, pernah mengatakan ini pada saya, katanya ia dapat dari guru pkn, “buang sampah sembarangan mengurangi devisa negara. kenapa? karena makin banyak orang buang sampah sembarangan, makin besar uang yang dikeluarkan pemerintah untuk menggaji orang2 yang membersihkannya.”
kalian pasti ga pernah aware sama dampak ini kan? sama saya juga. kalo dipikir2 emang iya sih, coba deh kalian pikirin. di luar negeri itu jarang banget ada tukang sasapu jalan, karena jalanan mereka bersih karena mereka buang sampah di tempatnya. kecuali kalo fall season, tukang sasapu ada buat nyapuin daun2 kering. nah, di kita, sampah selalu numpuk di pinggir jalan. jadi demi mengurangi polusi, digajilah orang2 buat menyapu sampah2 itu. bayangkan berapa yang telah dikeluarkan pemerintah untuk membayar para tukang sasapu itu? dan bayangkan berapa yang bakal bisa dihemat kalau seandainya orang2 buang sampah pada tempatnya? uang sejumlah itu mungkin bisa digunakan untuk hal lain, seperti memajukan pendidikan di daerah terpencil.
mungkin saja selama ini negara kita miskin karena hal ini, apbn digunakan untuk membersihkan sampah buangan masyarakat. ironisnya, masyarakatnya sendiri malah ga sadar, dan lagi2 sibuk menyalahkan pemerintah yg dibilang ga pernah mikirin masyarakatnya. padahal yg bikin negara miskin ya kita2 juga, heuheu.

4. dari sisi moral
sedari kecil kita selalu diajarkan untuk membuang sampah di tempatnya. itu ciri2 anak rajin, begitu kata buku sd yg saya pinjam dari adik saya, hehe. kalo kita buang sampah sembarangan, berarti kita bukan anak rajin.
bukan anak rajin = anak malas = tidak berpendidikan. aduh terhina ga seeeehh bapak bapak ibu ibu yang kuliahnya udah sampe tingkat sarjana tapi dibilang tidak berpendidikaaaan??? mangkanya jangan buang sampah sembarangan! ah, malu dong ama anak sd kelas satu.

5. dari sisi hukum
buang sampah sembarangan, di daerah manapun, di negara manapun, itu melanggar hukum. jelas, ada peraturannya. cek deh, pasti ada pasal yg menyinggung soal denda bila kedapatan membuang sampah sembarangan. contohnya di PERDA K3 Bandung th 2005, itu kita dikenakan sanksi RP 5.000.000,00 kalo buang sampah sembarangan. jadi bila kita membuang sampah sembarangan, secara langsung kita sudah melanggar hukum, dan status kita sudah menjadi warga yang tidak taat hukum. intinya, buang sampah sembarangan aja udah bisa bikin kita disama2in ama maling ayam. sedih ga tuh?

begitulah alasan – alasan yg berhasil saya kumpulkan dan saya ramu menjadi artikel ini.
bagi yang sudah punya kesadaran untuk selalu buang sampah pada tempatnya, selamat, bagus sekali. terus tingkatkan dan jangan lupa ingatkan yg lain.
bagi yang belum… saya harap pikiran kalian berubah setelah membaca ini. bukan sok ngajarin yaa, ini kan hasil riset kecil2an saya yang saya bagi untuk mochoreaders.

kalau ada yg mau menambahkan alasan, monggo…

hidup kebersihaan!