Nyobain Zapin Batam

Assalamualaikum wr. wb…

setiap pulang ke Bandung, ibu saya biasa nitip beberapa hal untuk dibawain dari Batam:

  1. Teri nasi Barelang, harganya 140rb sekilo
  2. Sosis ayam merek Doux, harganya 15rb satu pak
  3. Kue layer merek Lamoist, rasa original atau prune, harga 100rb-125rb untuk yang setengah porsi.

Kadang kalo sempet saya juga suka bawain cake pisang villa (harga 55rb sekotak). tetapi saat saya berencana pulang ke Bandung kemarin, ibu saya nitip oleh-oleh lain dari biasa, yaitu bolu Zapin.

saya sudah pernah lihat spanduk Zapin bertebaran saat muter-muter daerah Nagoya, dan saya tahu juga ini usaha milik artis Andhika Pratama yang ikutan bikin kue artis sebagai oleh-oleh di berbagai kota (di Medan ada Irwansyah dengan Medan Napoleon, di Bandung ada Laudya Chintya Bella dengan Makuta, Di Yogyakarta ada Dude Harlino dengan Scrummy, Di Cirebon ada Ussy dengan Kelana, di Bogor ada Shireen Sungkar gitu ya lupa dengan Rain cake, dll). saya dari dulu penasaran siapa artis yang bakal bikin kue oleh2 pertama di Batam, eh rupanya Andhika Pratama. oke deh.

Sebetulnya saya pribadi penasaran sama Zapin, tapi belon ada niat mau beli. eh taunya malah ibu saya yang di Bandung yang nitip mau beli, rupanya ibu saya follow Andhika Pratama di Instagram, jadi doi kepo gitu deh sama kuenya. sebagai anak yang berbakti akhirnya saya minta anterin suami ke Nagoya untuk beli Zapin, sekalian beli kue layer Lamoist yang juga dititip.

Zapin tokonya ada di Nagoya Hill Superblock, jadi kalo masuk dari pintu utama, kita mesti jalan agak jauh dulu (kalo naik kendaraan mesti muter) baru bisa keliatan tokonya di sebelah kiri jalan.

IMG_3660.JPG

Ruko Zapin di Nagoya Hill

IMG_3665.JPG

Pilihan rasa Zapin, harganya 55rb per kotak

Saya beli dua kotak, rasa copabanana untuk dimakan di rumah dan rasa Heaven Caramel untuk dibawa ke Bandung. Kuenya bertahan hanya 3 hari di suhu ruangan, kalo dimasukin kulkas tahan seminggu.

IMG_3668.JPG

serbuk di atasnya itu bukan keju, tapi pisang (kayanya)

Pas saya coba, rasanya emang enak sih. pisangnya kerasa tapi ga terlalu manis, udah gitu tekstur kuenya lembut banget. krim di dalamnya juga rasanya enak, ga kemanisan dan creamy banget. kuenya jauh lebih lembut dari kue yang biasa saya makan. penyuka bolu lembut pasti suka deh sama kue ini. tekstur kuenya beda dengan Medan Napoleon yang ada pastry di dalamnya, atau bolu meranti yang agak keras. bolu Zapin bener-bener bolu yang lembut banget.

IMG_3669.JPG

Copabanana Zapin pas udah dipotong

Pas dibawa ke Bandung, ibu dan adik saya juga jadi suka dengan Zapin dan nitip lagi untuk kepulangan saya ke Bandung berikutnya. kayanya nanti saya mau beli yang chocopuccino dan crunchy miss u, penasaran juga sama variasi rasa lain.

oiya selain Zapin, di Batam juga baru buka toko oleh-oleh baru, modelnya kue semacam Surabaya Patata gitu, namanya Ogura. ga tau sih artis mana yang punya, tapi kemaren acara pembukaannya ngundang Irwansyah-Zaskia Sungkar sama Dimas Seto-Dhini Aminarti. letak tokonya juga sama di Nagoya. hmmm lain kali saya coba juga ah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s