Ketika Penerbangan Langsung menjadi Transit

Assalamualaikum wr. wb…

Hello teman2! tak terasa sudah  di penghujung bulan Mei dan ternyata saya sama sekali belum update postingan apapun bulan ini. ya ampyuuun..

Bulan ini saya menghabiskan waktu dengan banyak tidur-tiduran, ngerjain kerjaan, nonton youtube, nonton variety show Korea, ngerjain kerjaan lagi, tidur-tiduran lagi. pokonya kehidupan sebagai pekerja freelance / ibu rumah tangga itu emang banyak diisi sama kegejean di rumah. bisa dibilang saya hanya produktif kalo lagi ada kerjaan.. dan karena kemarin sempet seminggu lebih kosong jadi saya banyak tidur-tiduran. huftness. mohon jangan dicontoh ya.

pertengahan bulan kemarin saya cabut ke Bandung sebentar karena ada acara pengajian si iqbal, adik saya yang mau nikahan abis lebaran. saya pergi tanggal 18 Mei 2017 (Kamis) dan balik lagi ke Batam tanggal 21 Mei 2017 (Minggu). sebentar aja karena cuma sendirian jadi saya ga ingin ninggalin misua lama-lama. kepergian ke Bandung sempat agak drama. alkisah saya udah beli tiket citilink BTH-BDO langsung dari beberapa bulan lalu. dapatnya lumayan murah, PP 1,3 jutaan. nah awal april saya dapat notifikasi dari citilink kalo penerbangan langsung BTH-BDO nya citilink mulai dari April diganti jadi BTH-PLM-BDO dan BDO-PKU-BTH yang berarti saya mesti banget transit dulu ke Palembang dan Pekanbaru pas pulang ke Bandung dan balik ke Batam. hal ini agak-agak  mengkhawatirkan karena saya udah beli tiket BTH-BDO citilink juga untuk lebaran dengan suami. kebayang ga sih puasa-puasa transit? heuh.

Aviation-37-512.png

sumber gambar

cuma karena saya belum pernah berkunjung Palembang dan Pekanbaru jadi saya pikir oh mungkin tak apalah. paling transit sejam dua jam. mayan bisa beli pempek asli di kota pempek. begitulah saya berpikir. nah beberapa hari sebelum keberangkatan ke Bandung saya ditelpon ama citilink, untuk konfirmasi soal perubahan jadwal penerbangan saya itu. dan TERNYATA YAH penerbangan BTH-PLM-BDO nya transitnya bukan sejam atau dua jam tapi DELAPAN JAM. 8 JAM. jadi saya berangkat dari Batam jam 7 pagi, nyampe Palembang jam 8 pagi, dan naik pesawat lagi dari Palembang ke Bandung jam setengah 4 sore. sementara transit di Pekanbaru pas penerbangan pulang cuma dua jam.

ngebayangin mesti berdiam diri di kota orang sendirian selama 8 jam sungguh bukan hal yang menyenangkan.

Citilink mengatakan kalo saya mau refund, uang akan dikembalikan 100% karena ini adalah perubahan dari  maskapai, bukan dari pihak penumpang, meski hari itu sudah 4 hari sebelum keberangkatan. setelah saya timbang-timbang akhirnya saya memutuskan untuk refund yang penerbangan di bulan Mei ini, karena saya sendirian. sementara yang bulan Juni alias penerbangan Lebaran tidak di refund karena saya pergi bareng misua jadi bisa jalan2 di Palembang berdua.

akhirnya saya beli tiket baru di Traveloka, dan minta refund dari Traveloka untuk penerbangan PP yang sekarang. penerbangan BTH-BDO yang langsung sekarang hanya ada Lion Air, dan meski sebisa mungkin saya menghindari naik maskapai tersebut karena reputasi keterlambatannya yang mengkhawatirkan, saya tetap memilih penerbangan langsung daripada transit lama lama. saya paling tidak suka penerbangan transit, selain akan lebih capek karena mesti naik turun pesawat, waktu menunggu akan lebih lama juga, selain itu beresiko bagasi nyelip ntah kemana karena kita pindah pesawat (tapi resiko terakhir saya rasa lumayan jarang karena pas googling jarang orang cerita soal pengalamannya di blog).

tiket Lion Air saya yang baru harganya 1,6juta PP, lebih mahal 300rb daripada yang tiket citilink. tapi saya tidak keberatan karena penerbangan langsung dan pesawatnya pun on time ketika saya pergi dan pulang. cuma ketika penerbangan pergi saya harus menghabiskan waktu lebih lama di atas pesawat karena katanya runway di Bandara bandung sedang rusak jadi pesawatnya turun lebih lama. tapi tetep oke jadi saya rasa Lion BTH-BDO perlu diacungi jempol.

nah setelah dua minggu saya ajuin tiket refund di Traveloka, sampai sekarang saya belum dapat pengembalian dananya.

HUFTNESS.

agak aneh sih, karena saya beberapa kali sempat minta pengembalian dana sebelumnya karena alasan pribadi dan semuanya selalu dikirim cepat, kurang dari seminggu. memang Traveloka bilang pengembalian dana maksimal 30 hari kalender sih jadi saya rasa dua minggu masih wajar? saya sudah telepon ke traveloka juga dan mereka bilang  permintaan saya sudah dikonfirm dan tinggal tunggu pengembalian dana dari maskapai, dalam hal ini citilink. kenapa ya lama sekali pengembaliannya? apa karena yang dikembalikan 100% jadi memang lebih lama? hmm..

selain itu saya menyayangkan juga Citilink yang tidak ada lagi penerbangan langsung BTH-BDO nya, karena alasan operasional. kenapa ya? padahal hanya ada satu penerbangan citilink BTH – BDO sehari lho. lion air juga cuma punya satu penerbangan PP sehari. saya sudah beberapa kali bolak balik BTH-BDO naik citilink dan Lion dan semuanya selalu penuh. tapi mungkin memang kurang peminat, dibanding BTH-KNO yang bisa beberapa penerbangan sehari.

untuk yang lebaran saya lagi menimbang supaya minta refund juga karena setelah dipikir-pikir agak males deh kayanya puasa-puasa transit lama-lama. tapi pengembalian uangnya kok lama bingits ya kan jadi males mau minta refund.. tapi kayanya gapapa deh selama dalam 30 hari pasti uangnya dikirim. mungkin saya harus banyak telepon ke traveloka aja kali ya supaya mereka ingat soal refund saya. apa perlu telepon ke citilink juga ya? hmmm…

2 thoughts on “Ketika Penerbangan Langsung menjadi Transit

  1. Woohh,, selama itu yak transitnya? asa malah jadi males pisan. padahal kalau langsung bisa cuma beberapa jam yaks? emang biasanya pesawatnya kosong gitu rah?

    • iyaaa kalo ada yang langsung ngapain transit kan de? langsung cuma 2 jam kalo transit penerbangan sejam sejam tapi dua kali belum naik turun pesawat dan nunggu di bandara transit. maless.. biasanya penuh kok makanya ku aneh juga

Leave a Reply

