Mana yang lebih enak, kerja di Batam atau kerja di Jakarta?

Assalamualaikum wr. wb….

hello semua! kali ini saya akan membahas mengenai dunia kerja. tepatnya, kerja dimana yang lebih enak, di Jakarta atau di Batam.

dasarnya saya menulis postingan ini adalah karena ada salah satu kenalan saya disini yang baru-baru ini mengatakan bahwa ia ingin pindah dari Batam ke Jakarta karena kerja disini tidak enak, terlalu banyak tekanan. padahal gaji yang bersangkutan sangat besar untuk ukuran fresh graduate. hmmm..

mendengar dia berkata seperti itu, saya jadi ingin membahas mengenai perbandingan kerja di Batam dan di Jakarta. saya kerja dan tinggal di Jakarta dari awal 2014 hingga pertengahan 2015 (kira-kira satu setengah tahun), dan saya pindah ke Batam sejak pertengahan 2015 hingga sekarang awal 2017 (satu setengah tahun juga). meski hanya sebentar tinggal di Jakarta, banyak teman saya bekerja di Jakarta jadi saya kurang lebih paham mengenai situasi kerja dan kehidupan di sana. sementara disini,  meski saya tidak bekerja penuh seperti waktu di Jakarta, saya punya banyak pandangan dari suami dan kenalan-kenalan lain yang bekerja disini. karena itu, saya ingin coba membahas mengenai hal ini, bagi pembaca yang mungkin penasaran dan sedang bingung mau memilih kota rantauan. siapa tau bisa sedikit membuka pikiran.

business-concept-businessman-confuse-two-ladder-vector-illustration-flat-style-cartoon-64065422.jpg

sumber

baiklah, saya akan mulai dengan membahas beberapa poin:

  1. Gaji

Hmm, orang yang bekerja pasti menjadikan gaji sebagai patokan utama. gaji emang bukan segalanya, tapi segalanya ga bisa dilakukan tanpa gaji (haha). sebelum memutuskan mau kerja dimana, kita harus tau, kira-kira gaji dimana yang lebih besar? sebetulnya, bila dilihat dari Upah Minimum Provinsi, gaji di Jakarta lebih besar daripada Batam, dengan rincian sebagai berikut:

UMP Jakarta 2017: Rp 3,355,750 (sumber: liputan 6)

UMP Batam 2017: Rp 3,241,126 (sumber: batam pos)

TAPI.. ini kembali lagi pada perusahaan tempat anda bekerja, serta pengalaman dan pendidikan anda. ada perusahaan yang memberi gaji besar, ada yang tidak. saya rasa di semua lokasi sama aja, baik di Batam maupun di Jakarta. tapi untuk beberapa jenis individu, Batam menawarkan gaji yang lebih besar. individu yang saya maksud adalah (1) lulusan universitas negeri/swasta luar Batam (lebih diminati yang dari pulau Jawa), (2) yang memiliki keahlian yang terbilang jarang (misalnya bisa bahasa Jepang / mandarin) serta (3) yang memiliki pengalaman kerja lama. individu salah satu jenis ini bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dari standar di Jakarta, apalagi mereka yang punya ketiga kategori. pastinya bisa langsung dapat posisi dan gaji tinggi di Batam.

1dsp-20151230-business-002.png

sumber

sebagai contoh, si teman yang saya bahas di atas tadi merupakan sarjana lulusan universitas negeri di pulau sumatera (bukan di Batam), dan dia baru punya pengalaman kerja 2,5 tahun. dia kerja sebagai staf di salah satu  perusahaan manufaktur terbaik di Batam dengan gaji kira2 10-12 juta, sudah dengan lembur. bayangkan, untuk anak yang baru lulus, gaji dia besar kan? sementara itu di Jakarta, teman-teman saya lulusan universitas negeri dan swasta terkemuka di Jawa yang bekerja di Bank besar atau Kementerian (PNS) hanya dapat gaji dengan rentang 6 – 8 jutaan dengan pengalaman kerja yang sama-sama 2,5 tahun. hanya perusahaan tertentu di Jakarta yang saya tahu menawarkan gaji sangat besar bagi yang baru lulus (contohnya OJK, BI, Pertamina dan Kantor Pengacara terkenal, dan kita tau masuk ke perusahaan seperti itu sulitnya minta ampun).

Saya waktu itu lebih sedih lagi, baru lulus kuliah dan kerja di perusahaan konsultan hukum di jakarta, cuma dapet 3juta, sama besarnya dengan lulusan sma yang kerja jadi operator di Batam. makanya untuk urusan gaji, bila anda termasuk dari tiga tipe yang saya sebutkan di atas, dan tidak masalah bila kerja di pabrik, saya rasa gaji yang anda dapat akan lebih besar di Batam. 

2. Jenis Perusahaan dan kesempatan

business-office-building-cartoon_106890.jpg

sumber

poin kedua yang saya bahas adalah jenis perusahaan. yang mana yang lebih banyak dan bervariasi? kalau yang ini jawabannya jelas lebih banyak di Jakarta. perusahaan jauh lebih bervariasi jadi anda bisa banyak pilihan mau melamar ke perusahaan jenis apa. sementara itu jenis perusahaan di Batam sangat terbatas. mayoritas disini adalah perusahaan manufaktur, jadi kemungkinan besar kalo bekerja disini anda akan bekerja di pabrik sebagai staf office atau produksi. disini juga terkenal dengan industri galangan kapal dan pembuatan perlengkapan oil and gas tapi kedua industri tersebut lagi lesu (sumber: warta ekonomi), banyak perusahaan tutup jadi tidak banyak lowongan dan kesempatan yang tersedia. mengenai bank dan PNS, lowongan yang lokal jarang (biasanya hanya buka honorer/kontrak, kalo buka yang staf kan langsung seluruh indonesia lowongannya) jadi tidak terlalu banyak.

selain itu jenis usaha yang ada paling hanya makanan (restoran) dan toko, yang gajinya tidak jauh dari UMP bahkan kadang lebih rendah. jadi kalo ingin melamar ke bermacam-macam jenis perusahaan, lebih baik di Jakarta.

3. Biaya Hidup

images.jpg

sumber

kalo biaya hidup saya tahu Batam lebih murah. sebagai contohnya, disini rumah sewa di dekat kawasan industri harganya hanya kisaran 950rb sebulan. ini rumah lho dengan dua kamar dan satu kamar mandi. sementara itu di Jakarta, kosan aja paling murah di Sudirman harganya bisa Sejuta ke atas, pake AC lebih mahal. kalo rumah? mana dapet di daerah kota, yang ada mesti keluar jakarta dulu kaya bogor, depok, bekasi atau tangerang. apartemen di tengah kota jakarta pun mahal banget bulanannya. jadi untuk tempat tinggal saya rasa disini masih lebih murah.

selain itu makanan juga disini kerasa lebih murah. misalnya kalo kita ke mall, masih banyak kafe yang nawarin makan happy hour cuma 6rb-10rb dengan menu kaya nasi goreng dkk. murah kan? sementara di jakarta kayanya yang paling murah itu 15rb kalo makan di mall. dengan biaya hidup yang lebih murah, tinggal di Batam sebetulnya lebih enak daripada di Jakarta.  dengan gaji yang sama dengan yang di Jakarta, kita masih bisa lebih mudah nabung disini karena banyak hal lebih murah. kalo pulang kampung bisa bawa duit lebih banyak deh :p

4. Karir

stock-vector-vector-illustration-concepts-of-words-career-growth-cartoon-office-worker-climbing-the-staircase-390496405.jpg

sumber

kalo karir saya rasa di Jakarta lebih enak.  memang gaji yang didapat tidak harus selalu besar, tapi kalau perusahaannya tepat, anda bisa lebih meniti karir disana dan suatu saat dapat gaji yang  besar. karena di Jakarta kan banyak banget BUMN, PNS serta swasta yang bergengsi. jadi kalo anda keterima perusahaan semacam itu ya karir anda bisa jadi mentereng. sementara di Batam, karirnya paling hanya di perusahaan manufaktur asing, itupun banyak perusahaan yang beresiko tutup setiap tahunnya (sumber: batam pos). kondisi disini tidak se stabil di Jakarta jadi saya rasa yah kalo ingin meniti karir di perusahaan yang mentereng anda harus coba di Jakarta.

5. Commute to office

cd46eea8ff12ca24e19e1187ba797a6c.jpg

sumber

sebagai pekerja, jumlah jam perjalanan ke kantor adalah salah satu hal yang mesti jadi pertimbangan pas mulai bekerja. dan untuk poin ini saya rasa Batam menang. sebagai kota termacet sedunia (sumber: time tahun 2015), anda bisa menghabiskan waktu empat jam di jalan setiap hari kalo anda kerja di Jakarta. biasanya mayoritas pekerja di jakarta tinggal di kota sebelah seperti Tangerang, Depok, Bogor, Bekasi dan kalo yang bersangkutan naik kendaraan pribadi dari rumah menuju kantor di tengah kota Jakarta, bisa dipastikan mereka harus keluar jam 5 pagi supaya ga kena macet, padahal kantor baru mulai jam 8. pulangnya gimana? orang2 di jakarta tahu kalo pulang kantor mending awal sekalian (jam 3) atau malam sekalian (jam 9 ke atas) karena jam-jam itu sudah agak mendingan kemacetannya. makanya bagi yang kerja di jakarta dan masih single memilih ngekos di dekat kantornya supaya bisa jalan kaki. tapi yah itu, siap2 bayar mahal buat kos2annya.

sementara itu di Batam? disini kemacetan sangat jarang dan biasanya hanya terjadi kalo lagi ada tamu istimewa yang datang (kaya presiden jadi jalan banyak ditutup) jadi kalo ke kantor ga makan waktu terlalu lama. sebagai contoh, dari rumah saya ke nagoya (sekitar 17 km) saya hanya perlu 20-30 menit. kalo di jakarta mungkin bisa 2 jam.

6. transportasi

stock-vector-transportation-and-city-traffic-infographics-element-can-be-used-for-workflow-layout-diagram-web-321256616.jpg

sumber

kalo transportasi, Jakarta lebih enak. Jakarta punya Busway, KRL, taksi berbagai macam, kopaja, metromini, angkot, becak, bajaj, ojek dan bis kota. terus mau bangun MRT lagi. seluruh pelosok kota bisa dijangkau dengan moda transportasi yang berlimpah. sementara itu di Batam, taksinya banyak yang ilegal. angkotnya tidak memiliki rute yang jelas. bisnya jarang jarang dan rutenya ga banyak. disini transportasi umum yang paling oke bagi saya cuma taksi bluebird dan gojek. tapi naik bluebird kemana-mana bikin tekor, sementara gojek ga bisa dipake pergi rame rame. jadi kalo ga ada kendaraan sendiri, lumayan sulit kemana-mana di Batam.

7. Tekanan kerja

stock-vector-very-busy-business-woman-working-hard-on-her-desk-in-office-with-a-lot-of-paper-work-talking-on-161588927.jpg

sumber

Karena disini banyak pabrik manufaktur yang alur kerjanya cepat jadi saya rasa kerja di Batam lumayan banyak tekanan. tapi apakah ini berarti kerja di Jakarta lebih enak? ngga juga, saya paham banget perusahaan di Jakarta bermacam-macam dan banyak menekan karyawannya juga.  sebetulnya bagi saya wajar sih, kerja dimanapun pasti banyak tekanan. kita kan terima duit dari perusahaan jadi pastilah perusahaan mengharapkan kita memberikan yang terbaik untuknya. punya bisnis sendiri aja kita ditekan kok kadang sama klien, apalagi kalo kerja sama orang. saran saya sih jadikan tekanan itu motivasi untuk membangun diri kita pribadi. jangan karena dikejar deadline, dimarahi bos atau kerjaan yang banyak langsung bikin kita menyerah dan mau pindah kerja. salah sih itu. kapan dewasanya kan? ga akan ada perusahaan yang ga ada tekanannya. dimanapun kerja pasti ada masalahnya, ntah bosnya, kerjaannya, gajinya atau bahkan rekan kerja. tidak ada yang sempurna, dan kita sendiri juga ga sempurna. jadi jangan mengharapkan bisa dapat tempat kerja yang betul-betul sempurna, tapi berusahalah bekerja dengan baik dimanapun bekerja.

8. hiburan dan lingkungan

stock-photo-happy-children-cartoon-158222798.jpg

sumber

untuk poin yang ini saya rasa kembali ke preferensi masing-masing. variasi hiburan saya rasa jauh lebih banyak di Jakarta, disana segala macam museum dan mall ada. tapi di Batam banyak wisata pantai yang bagus dan kalo bosen dengan kotanya, tinggal nyebrang ke Singapur, Malaysia dan Bintan yang harga kapalnya murah-murah. sementara itu kalo lingkungan tempat tinggal sih tergantung tinggal dimana dan cara kita membawa diri ya. begitu.

————————————————————————-

begitulah pembahasan saya dari 8 hal. jadi intinya enak kerja dimana sih, di jakarta atau di Batam?  jujur bagi saya kerja di Batam enak. disini apa2 lebih murah dan di berbagai perusahaan bisa dapat gaji lebih besar dari di Jakarta. saingan ga sebanyak di Jakarta (di Batam banyaknya yang level operator, kalo level staff ga terlalu). udah gitu ga tua di jalan, hehe.. kalo di Jakarta rasanya tiap hari stres aja karena macet dan penuhhh banget kotanya. belum lagi di kantor suasananya kadang suka bikin stres. tapi kalo emang mau meniti karir mulai dari bawah, di Jakarta oke. banyak pilihan juga. cuma siap-siap aja mengatur pengeluaran dan pendapatan dengan baik biar ga tekor setiap bulannya. maklum apa2 mahall.. istilah ‘hidup di jakarta keras’ itu bukan tanpa alasan lhoo…

pada akhirnya semua kembali ke pilihan masing-masing. setiap pilihan ada resikonya. setiap kota rantau pasti ada enak ga enaknya. saran saya, dimanapun anda bekerja, kerjalah sebaik-baiknya, karena itu pilihan anda sendiri. jangan berusaha cari tempat atau perusahaan yang ga ada tekanan, pasti nanti kecewa dan malah ga betah dimana-mana. dimanapun akan ada tekanan. pohon aja makin tinggi makin kuat diterpa angin. bila anda terima gaji tinggi pasti anda makin banyak ditekan atau punya kewajiban yang makin berlimpah. jangan dibiasakan lari dari masalah di kantor, boleh resign tapi hanya kalo emang anda sudah menemukan pekerjaan yang lebih baik.

sekian pembahasan dari saya. mungkin ada yang tidak setuju atau punya pengalaman lain ya. tapi setidaknya pandangan saya sebagai yang sudah pernah tinggal di kedua kota bisa jadi perbandingan. supaya tidak terburu-buru memutuskan pengen pindah ke Batam atau ke Jakarta karena berasa di salah satu kota bakal lebih enak. enak ngga enak itu gimana diri sendiri sih..

 

5 thoughts on “Mana yang lebih enak, kerja di Batam atau kerja di Jakarta?

  1. Permisi mbak ijin komentar.

    Syukur deh mbak, mbak mungkin salah satu orang yang paling beruntung yang datang ke Batam, Mungkin banyak yang gak mendapatkan kesempatan yang sama dan sebagus seperti mbak saat ini, malah saya sendiri sebagai putra asli daerah Batam merasa miris melihat masih banyak teman-teman dan saudara kami yang notabanenya asli batam kesulitan mencari pekerjaan di kampung halaman sendiri. Tapi itulah kembali lagi kepada takdir, rejeki dan kompetensi yang kita miliki. Semoga aja dengan postingan mbak ini tidak hanya sekedar memberikan motivasi kepada para calon perantau untuk datang ke batam dengan skill yang memadai namun juga memberikan motivasi untuk kami sebagai putra daerah untuk dapat mengasah keahlian lebih matang agar bisa berkompetisi secara terbuka di sini. Bukan hanya sekedar memberikan iming-iming belaka yang nantinya hanya menambah angka pengangguran dikota ini. Dan semoga dengan makin ramainya pendatang ke kota ini memberikan peluang terbukanya kesempatan yang lebih besar kepada kita semua untuk bisa mengais rejeki di kota ini. Salam.

    • betul mas, seperti yang saya tekankan di postingan ini dan sebelumnya, kalo dimana aja nyari kerjaan itu susah-susah gampang dan semua kembali ke usaha, kompetensi dan rejeki masing-masing. yang memotivasi saya bikin tulisan ini adalah ketika banyak orang yang saya kenal di Batam yang ga mensyukuri apa ia miliki dan mengira dengan pindah ke Jakarta hidup akan lebih mudah, padahal sebenarnya ngga. poin lain yang saya lupa sebutkan di postingan adalah di Batam, akses untuk kita mengembangkan diri juga lebih mudah dengan banyaknya kampus yang menyediakan kelas malam untuk pekerja dan kursus bahasa serta keahlian lain yang menyesuaikan diri dengan jam kerja. mudah2an akan semakin banyak orang yang mengembangkan diri dan potensi di Batam sehingga makin banyak juga perusahaan yang membuka lapangan kerja disini.

  2. Saya baru saja akan mencoba untuk bekerja di Batam. Tulisan serta pengalaman mbak sangat membantu saya untuk mengenali sedikit bagian dari kota Batam dan membuka wawasan saya tentang perihal kerja. Terimakasih

  3. Pengalaman yang sangat bermanfaat untuk di baca… Saya juga sudah 6 th di batam rantauan sumatera bisa dibilang betah disini kerja sebagai tknisi di slah satu pt elktonik manufaktur.Sempat merasakan kebosanan karena karir mentok pdhal lulusan s1 mengincar engineer susah sekali.. ingin rasanya pindah jakarta namun masih minim pengetahuan situasinya..

Leave a Reply

