Review: Skincare The Body Shop

Assalamualaikum wr. wb…

hallo! kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya menggunakan produk perawatan wajah dari The Body Shop (TBS).

THE BEGINNING

kulit saya sebetulnya jenis yang alhamdulillah tidak jerawatan, tidak kering, tidak berminyak juga. hanya bagian dahi, hidung dan dagu yang suka muncul komedo apalagi kalau mau dapat. selama ini saya tidak menggunakan perawatan apapun, selain sabun muka scrub acne yang saya pakai sesekali. saya juga tidak pernah pake make up, andalan saya hanya bedak tabur wardah dan lipstik wardah sisa seserahan jaman nikahan (belon abis) yang hanya saya pakai kalo lagi mood.

waktu jaman kuliah saya pernah setahun lebih menggunakan produk perawatan wajah keluaran klinik dokter langganan ibu saya. sebetulnya saya cocok sih pake produk itu cuma karena waktu itu saya pergi ke Jepang jadi saya kekurangan stok dan berhenti pakai, selain itu karena beberapa orang bilang kulit muka saya terlihat menipis jadi saya betul-betul stop deh. alhamdulilah meski tidak pake produk tersebut saya ga pernah jerawatan (kena efek akibat berhenti), mungkin karena krim yang dijual sang dokter betul-betul natural.

nah akhir-akhir ini saya tiba-tiba kepingin merawat wajah lagi. sebetulnya alhamdulillah wajah saya ga bermasalah apa-apa jadi saya ingin mencerahkan aja. karena produk sang dokter sulit dijangkau (doi lokasinya di jakarta) jadi saya coba beralih ke produk yang mudah didapat dan terkenal bagus. akhirnya pilihan saya jatuh  ke TBS.

sebelumnya saya pernah coba pakai krim olay dan wardah tapi karena bikin muka saya gatel-gatel jadi saya ngga coba lagi. saya denger TBS produknya semua natural dan saya baca reviewnya di blog-blog orang jadi saya penasaran. pergilah saya ke mall deket rumah yang punya counter TBS untuk membeli produk perawatan wajah.

THE PURCHASE

SPG di counter TBS ramah banget, saya dijelaskan macam-macam. setelah menimbang banyak hal saya akhirnya memilih membeli beberapa produk berikut:

  1. Serum Drops of Light + Day Cream Drops of Light (sepaket IDR 800k).
    IMG_20170220_144758.jpg

    Day Cream Drops of Light

    IMG_20170220_144725.jpg

    serum Drops of Light

    saya milih day cream dan serum DoL karena saya ingin kulit wajah saya lebih cerah. sebetulnya saya tadinya cuma mau beli day cream nya aja tapi karena mereka keabisan stok day cream doang dan yang sisa tinggal paket sama serum jadi saya beli aja sekalian serumnya. serumnya warna bening, sementara day creamnya warna putih.

2. Hydrating Toner  Vitamin E (IDR 169K)

IMG_20170220_144654.jpg

Enter a caption

saya beli  karena seri DoL tidak ada tonernya sementara seri Tea Tree Oil tonernya bisa bikin kulit kering (saya baca review orang) jadi saya beli yang vit E yang melembabkan.

3. Night Cream Moisture White Shiso Whitening (IDR 449K)

IMG_20170220_144826.jpg

tadinya saya mau beli night cream seri DoL tapi kata si mbaknya tidak ada dan saya ditawarkan pakai produk ini saja karena efeknya sama-sama mencerahkan. yang ini warna krimnya agak krem.

3. BB Cream Whitening Shiso (IDR 339K)

IMG_20170220_144845.jpg

saya beli BB cream karena saya kepo banget bb cream itu kaya gimana, hehe.. saya beli yang seri whitening shiso karena ada SPF nya 20 jadi bisa saya pakai kalo keluar rumah. warna krimnya coklat tapi begitu dioles ke wajah jadi luar biasa putih haha.. agak terlalu terang untuk kulit wajah saya sih.

4. Facial Wash Tea Tree (IDR 103K karena lagi diskon)

IMG_20170220_144923.jpg

demi menghilangkan komedo, saya pake facial wash seri tea tree oil yang terkenal ampuh menghilangkan jerawat. warna sabunnya ijo.

 

total saya habis hampir IDR 2millions untuk keseluruhan produk tbs tersebut. meski agak mahal tapi saya optimis dengan bahannya yang natural. lagipula rangkaian perawatannya kan tahan lama karena biasanya pakenya dikit-dikit.

img_20170220_145028

THE DAILY REGIME

oke, jadi saya biasanya menggunakan produk-produk tersebut dengan urutan seperti ini.

  1. Cuci Muka Pakai facial wash tea tree

sabunnya dituang ke atas tangan kemudian diciprati air sedikit, digosok sampe agak berbusa baru saya usapkan ke muka. wanginya kaya minyak kayu putih, dan rasanya kalo udah diusap ke muka kaya mentol-mentol gitu. seger rasanya.

2. bersihin muka pake toner vit e

toner saya tuang sedikit ke kapas baru saya oleskan ke wajah untuk ngangkat kotoran yang tersisa. biasanya sih di wajah kotoran hampir ga ada karena udah diangkat sebelumnya dengan facial wash. tonernya juga seger, saya suka wanginya

3. oleskan serum.

serum cukup dioleskan 2-3 tetes udah bisa menjangkau keseluruhan wajah. wanginya lumayan enak.

4. pakai day cream (kalo siang) / pake night cream (kalo malam)

day cream juga biasanya cuma dipake sedikit bisa buat semua bagian wajah. tapi saya biasanya pake serum dan krimnya agak lebih banyak sih karena ga suka aja kalo terlalu tipis.

5. pakai bb cream kalo mau keluar rumah siang.

day creamnya bener-bener bikin wajah saya putih banget haha.. saya agak shock. mungkin warnanya yang terlalu cerah untuk kulit saya.

THE REVIEW

waktu awal-awal pakai saya merasa seneng banget karena:

  1. muka berasa bersih dan lebih cerah
  2. muka saya tidak gatel-gatel dan ga penuh keringat kaya biasa pake krim lain
  3. wanginya enak

saya seneng pakai semua rangkaian produknya jadi selama 10 hari saya betul-betul telaten pakenya, tidak pernah ketinggalan apapun karena saya tau, produk perawatan kulit harus dipakai dengan telaten baru kelihatan hasilnya, jadi saya sabar aja makainya.

nah pas hari-hari ke 8 atau 9 pakai tiba-tiba muka saya jadi sering gatel. saya sendiri ga sadar dan menganggap itu hanya efek sementara dan lagi ganti kulit. tapi pas hari ke sepuluh saya tiba2 tersadar kalau ternyata muka saya dipenuhi bruntusan atau keringet buntet gitu dan masya Alloh gatelnya bukan main! saya terkaget-kaget dan shock karena hal ini ga pernah terjadi sama saya sebelumnya. kalau diibaratkan rasanya seperti di wajah itu ada ratusan butiran pasir yang guateeel banget. udah gitu panas rasanya dan muka jadi merah merah. saking shocknya saya sampai ilang mood mau ngapa-ngapain dan menghabiskan waktu seharian berbaring di tempat tidur (lah ini mah emang dasar situ yang males, Far).

 

IMG_20170214_164149.jpg

penampakan wajah penuh bintik di salah satu pipi.

akhirnya pemakaian tbs sepenuhnya saya hentikan dan karena tidak ada tanda2 berkurang (malah makin parah karena si bruntusannya menjalar sampe ke kelopak mata, kantong mata, leher dan belakang telinga tempat saya ngetes krim, jadi seluruh wajah saya gatal dan bruntus) keesokan harinya saya pergi ke dokter kulit di rs awalbros. dokternya mengatakan kemungkinan saya alergi zat apapun yang termasuk dalam produk, bisa jadi alergi zat pewangi (dan ini mungkin aja karena produk tbs kan wangi semua).

dokter juga menyarankan saya untuk menghentikan penggunaan semuanya karena ga tau produk yang mana yang bikin saya alergi. huft… berat sih hati ini. soalnya saya suka banget semua produknya sebetulnya karena wangi dan berasa aja wajah jadi enak. mana baru dipake 10 hari jadi kebayang masih banyak banget sisanya. tapi yaudah mau gimana lagi, namanya juga ga cocok. mungkin saya cocoknya pake produk sabun sama lotionnya body shop, tapi ga cocok pake produk perawatan kulitnya.

alhamdulillah saya dikasi dokter, dua obat minum dan 1 salep. obat minumnya terdiri dari satu obat anti gatal, satu obat anti radang.

IMG_20170215_190109.jpg

salep dalam pot

obatnya alhamdulillah ngefek, sekali minum saya udah ga gatal lagi.  setelah pemakaian empat hari alhamdulillah wajah saya sudah kembali normal, tinggal sisa dikit efeknya seperti kulit yang mau terkelupas dan sedikit bercak hitam tapi ga terlalu parah dan saya rasa nanti juga hilang seiring waktu. sejujurnya saya agak trauma mau pake apa-apa di wajah saya lagi, sekarang pun saya cuci muka pake sabun bayi aja. tapi mungkin nanti setelah masa peralihan wajah saya selesai dan kondisinya kembali seperti semula, saya akan kembali dengan regime waktu masih kuliah. tentunya dengan penggunaan yang disesuaikan supaya kulit ga terlalu tipis.

jadi begitulah pengalaman saya menggunakan skin care TBS. agak kurang indah sih karena ga cocok meski saya sebetulnya suka dan sudah bisa membayangkan akan repurchase kalo seandainya tidak ada efek alerginya pada saya. sekarang saya jadi bingung mau diapain itu produknya. ibu saya udah ngetag sih mau produk saya semua haha..

sekian, sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

