Malaysia Trip Part 2: Kuala Lumpur

Assalamualaikum wr. wb…

Halo semua! kali ini saya akan melanjutkan cerita perjalanan saya ke Kuala Lumpur akhir Desember lalu. mengenai trip hari pertama di Johor, silakan baca ceritanya disini.

hari Jumat tanggal 23 Desember 2016 sekitar jam 9 pagi pesawat Malindo Air kami sampai di Bandara Subang, yang katanya berlokasi di tengah kota Kuala Lumpur. karena lapar hanya sarapan nasi kucing ala Malaysia di Bandara Johor, kami menyempatkan diri makan dulu di bandara. food court tempat kami makan ga terlalu mahal, kisaran harganya 6 – 15 ringgit, banyak karyawan bandara juga jadi kayanya memang kantin bandara. saya dan keluarga makan nasi lemak.

setelah makan, kami pesan grab car untuk pergi ke hotel. meski masih pagi dan belum waktunya check in, kami berniat menitipkan koper karena ribet bo bawa koper sambil jalan2.

grab car kami datang dan ternyata mobil taksi lokal yang kerjasama dengan pihak grab. bagus ya? mudah2an uber ataupun gocar Indonesia juga kerja sama dengan taksi lokal supaya ga ada sirik2an.

nah kami kemudian naik taxi grab itu ke hotel kami, Prescott Hotel di Medan Tuanku. supirnya sempat nyasar kemana2 gitu karena aplikasi waze yang ia pakai salah menunjukkan tempat. tapi ternyata begitu pakai google maps nyampe juga.

mama dan haekal di lobby depan hotel prescott medan tuanku.

hotelnya lumayan enak, lokasinya dekat tempat makan, supermarket maju junction, dan stasiun lrt line hijau medan tuanku.

setelah menitipkan koper, kami mengambil peta perjalanan yang disediakan di hotel lalu berniat ke petronas terlebih dahulu, tujuan utama kami. dari hotel kami jalan ke stasiun lrt line merah dang wangi (kira2 10 menit jalan kaki), kami sengaja ga naik dari medan tuanku karena pindah line. dari dang wangi kami naik kereta turun di klcc. stasiun dang wangi bersih dan rapiih banget lhoo..

rombongan nunggu kereta di peron stasiun dang wangi

kondisi stasiunya oke banget, sama seperti di singapur dan Jepang. yang beda cuma tiketnya aja yang bentuknya koin.

macam ngiklan kereta malaysia gini

kami nyampe petronas pas jam 11an gitu jadi panas luar biasa~~~ akhirnya foto dengan silau deh. untung mama nyiapin kaca mata hitam jadi kami semua bisa agak selow foto2. sebagai non pengguna kaca mata hitam (karena saya udah pakai kacamata minus) saya jadi merasa adanya kebutuhan menggunakan kacamata hitam di waktu tertentu haha..

20161223_113349

hasil foto terbaik di petronas, yang lain burem

di spot foto petronas di taman tersebut banyak tukang jual fisheye yang harganya 10-20 ringgit, ibu saya beli satu akhirnya karena udah minta tukang jualannya motoin haha.. berguna sih lumayan bisa ketangkep semua itu menaranya.

20161223_114846

selfie pake fish eye

karena udah panas banget dan mata rasanya pedas kena keringat. kami masuk ke mall klcc suria itu untuk ngadem sekaligus cari masjid karena bro bro mau sholat jumat. eh ternyata mesjidnya ada di belakang mall. setelah tau lokasi mesjid dimana kami mencari tempat makan untuk duduk menunggu bro bro yang akan sholat. akhirnya kami memutuskan menunggu di wendys karena fast food adalah pilihan paling aman untuk turis haha.. di wendys alhamdulillah tempatnya nyaman luar biasa, adem dan yang paling penting bagi saya adalah jumlah colokan yang tersebar dimana2. aduh.. jadi sambil nunggu bro bro saya bisa ngerjain kerjaan saya yang menunggu di laptop, dan juga bisa ngecharger hape yang batrenya habis jauh lebih cepat. mungkin karena roaming koneksi internet dan 4G? ntahlah.

sholat jumat di Malaysia itu lebih telat dari WIB Indonesia. bro bro pergi ke masjid jam stengah 1. rupanya azan jam 1. kutbahnya kata mereka dua kali, sebelum azan ada kaya ceramah kajian gitu. terus selesainya jam 2 lewat. mama udah ketar ketir banget karena dua anaknya belum pada balik. saking khawatirnya sampai nanya ke orang di samping kami. untung beliau juga baik bahkan nawarin untuk nelpon raffi. saya sih selow aja karena tau bro bro keluarnya pasti lama. eh benerkan jam dua lewat mereka keluar. lama juga kami nunggu mereka, dua jam . tapi alhamdulillah kerjaan saya jadi bisa saya kerjakan, ga sia-sia deh bawa laptop kemana-mana.

setelah kumpul kembali dan bro bro selesai makan, kami berniat pergi ke salah satu tempat wisata favorit di KL lain, batu caves. kami kemudian naik kereta ke kl sentral untuk berganti ke komuter agar bisa turun di stasiun batu caves. eh ternyata di KL Sentral penuh luar biasa dan antrian tiket komuter panjang banget karena mesin tiketnya lagi rusak. akhirnya kami memutuskan untuk naik uber lagi ke batu caves agar tidak kehabisan waktu mengantri dan menunggu. taunya harga uber murah bagi rombongan kaya kami, cuma sekitar 15 ringgit. padahal dari klcc ke kl sentral aja kami berlima tadi udah abis 9 ringgit. memang paling bener itu naik uber aja ya kalo rombongan.

mama di KL Sentral. rame bangett.. mirip stasiun shibuya ramenya.

setelah beberapa saat supir uber kami menjemput di kl sentral. orang india gitu, jadi kami pakai bahasa inggris. orangnya baik, alhamdulillah semua supir uber dan grab yang kami pakai di malaysia baik-baik. mobilnya pun nyaman. si supir ini menyarankan kami untuk pergi ke genting highland dari batu caves karena lokasinya tidak jauh lagi, hanya sekitar satu jam.

muka lelah tapi tetep mesti foto banget.

di batu caves saya dan mama ga manjat sampai gua atas bukit batu cave karena kami capek, hanya bro bro yang manjat ke atas.

mamake dikerubungi merpati yang war byasah banyaknya

setelah bro bro turun dan kami selesai foto2, kami lalu pesan uber untuk check in di hotel.

di hotel kami harus bayar deposit 100 ringgit yang akan dikembalikan saat checkout. kami pesan dua kamar, kamarnya bersihh banget dan besar, dapat sarapan lagi. harganya permalam lumayan murah, 500rban.

kondisi kamar paling murah di prescott hotel medan tuanku. oke kan?

setelah istirahat, mandi dan sholat, sekitar jam 7 malam kami keluar untuk cari makan malam dan pergi ke KL tower. eh ternyata harinya hujan gerimis jadi kami males pergi jauh2. akhirnya kami makan di restoran dekat hotel, yang super rame. kami makan naan dan nasi bryani gitu, rasanya lumayan enak, harganya standar. kayanya restoran terkenal.

dari situ kami memesan uber untuk foto2 di bawah kl tower. lah ubernya ga datang2, udah gitu koneksi hape saya buruk rupa banget jadi mungkin karena itu ga bisa ketemu sama orang ubernya. karena saya pengen lihat2 saya ajak mama dan bro bro ke maju junction yang berada dekat banget dengan hotel. saya ingin cari parodontax, odol yang ga ada di Batam.

saking sepinya jadi bisa foto foto geje

di maju junction kondisinya sepi tapi tertata, miriplah dengan matahari BIP bandung. pas kebetulan bro bro nemu kaos diskonan 30 ringgit dapat dua, langsung mereka smua pada borong. jarang banget sih emang nemu baju murah di mall gitu, yang berarti satu kaos harganya cuma 45 rb. setelah itu saya pergi ke guardian untuk beli parodontax, alhamdulillah nemu! (aye). harganya sekitar 24rb gitu. ga jauh beda lah dengan di Indonesia.

setelah puas duduk-duduk dan muterin maju junction, kami keluar mall. ternyata dari maju junction, KL tower kelihatan jelas banget jadi kami sempat foto2. berasa lagi di depannya gitu..

20161223_211516

selfie KL Tower

karena belum mau pulang meski sudah jam 9 malam dan gerimis, saya mengajak rombongan ke mesjid jamek karena pengen foto2 sekaliii lagi sebelum besok pagi berangkat ke Melaka.

ternyata itu keputusan yang salah.

karena abis belanja, bawaan berat jadi adik saya ngomel terus di sepanjang perjalanan. karena naik kereta di medan tuanku turun bukit panas untuk lanjut ke kereta di stasiun dang wangi, menghabiskan banyak uang karena ternyata dari bukit panas ke dang wangi pun masih jauh jalan kaki.

ketika turun di stasiun masjid jamek dari dang wangi, ternyata sudah gelap jadi mesjid sudah tutup dan orang sekitar ga tahu mau ambil foto dari mana.

karena hari sudah malam banget dan capek dan kecewa karena ga bisa foto depan mesjid jamek, kami naik taksi merah (bukan uber) dan ternyata supir taksinya malah membawa kami ke hotel prescott satu lagi di KL Sentral. dan rupanya dia ga tau daerah medan tuanku, jadi kami terpaksa memutar dan menggunakan gps google maps hape saya. untung akhirnya nyampe juga dengan tagihan 13 ringgit, meski sang supir mendiskon 3 ringgit karena mungkin ia merasa bersalah.

pokonya malam hari di KL kemarin super kacau dan geje deh…

akhirnya kami tidur meninggalkan rasa agak2 pahit. saya pribadi ngerasa belum puas banget karena cuma ke dua tempat selama di KL. tapi apa boleh buat, orang cuma sehari disana..

keesokan harinya kami sarapan di hotel pagi hari. sarapannya lumayan bervariatif, ada buah, ada nasi lemak, bubur dan roti. cuma pelayanannya ga ramah banget. huftness..

setelah sarapan, sekitar jam 10 kami check out dan pesan uber menuju TBS (terminal bersepadu selatan). di mobil, supir bertanya kami sudah kemana aja, dan ketika tahu kami ingin ke mesjid jamek ia pun menawarkan kami pergi kesana. akhirnya kami jadi pergi kesana dan kesampaian foto-foto sebentar..

mandatory selfie at mesjid jamek~

mantep deh enak banget. ternyata lokasi mesjid jamek di merdeka square jadi kami bisa dapat spot foto2 yang bagus. supirnya pun baik mau nungguin kami menghabiskan waktu kira2 10 menit untuk foto.

museum muzik

raffi di i love KL. dari samping karena mau foto dari depan ngantri, hehe

mama di persimpangan jalan. asiknyaa..

meski cuma sebentar tapi alhamdulilllah saya puaaas..

dari sana kami diantar ke TBS untuk naik bus menuju melaka. kami belum pesan tiket apapun jadi agak takut kehabisan. maklum lagi masa liburan natal. antrian tiketnya pun lumayan panjang, meski alhamdulillah loketnya banyak karena melayani semua bis ke semua tujuan untuk semua jam.

loket tiket bus di TBS dan panjang antriannya

pas tiba giliran kami, kami alhamdulillah dapat tiket bus melon interline jam 12.30 ke melaka, harganya hanya 10 ringgit per orang! luar biasa sekali cuma 3o rb ke melaka hehe.. setelah beli tiket kami sempatkan jajan dulu di KMart TBS. banyak makanan siap saji yang tinggal dipanaskan di microwave, ada sandwich dan oden pula. saya dan raffi beli sandwich, mama dan haekal beli nasi box. terus kami beli snack dan air putih juga.

mini market haul!

setelahnya kami turun ke tempat naik bus. TBS benar2 tertata rapi dan nyaman. di tiket tertulis tempat naik bus jadi ga sembarangan naik dimana, dan bus berangkat on time. ih seneng banget sih, berasa naik kereta gitu deh.

candid di depan tempat naik bus. bagus kan busnya? tempat naik dan periksa tiketnya udah kaya pesawat. kerenn..

jam 12.20 kami tiba di tempat naik bus dan bus sudah menunggu. busnya besar dan bersih, nyaman deh. setelah menaikkan barang kami duduk di kursi yang sudah tertulis di tiket. kondisinya ga ramai, hanya beberapa penumpang aja. jarak KL-Melaka sekitar dua jam tapi kami nyampenya jadi 3 jam lewat gitu. lumayan lama juga, untungnya kami ga naik bus KL-JOHOR karena pasti bakal lama banget kaya bandung-jogja. enaknya perjalanan meski lama, nyaman karena tolnya nyaman dan macetnya ga separah cipularang. pokonya naik bus antar kota di malaysia recommended deh..

kondisi dalam bus.

oke deh, sekian perjalanan saya di Kuala Lumpur. berikutnya saya akan cerita perjalanan selama di Melaka ya..