Malaysia Trip Part 1: Johor

Assalamualaikum wr. wb…

halo semua! kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman perjalanan saya ke Malaysia bersama keluarga saya.

jadi tanggal 22 Desember 2016 lalu saya menemani ibu dan adik2 saya yang datang dari Bandung pergi ke Malaysia. perjalanan dimulai dari Batam. beberapa hari sebelum keberangkatan saya sudah menyiapkan tiket kapal PP Batam – Johor dengan membelinya di Anshun Travel. di Anshun harga tiket PP adalah 295rb, belum sama pajak pelabuhan batam dan johor. kapal  PP batam-johor sifatnya consortium, jadi dikelola oleh tiga perusahaan kapal dan satu tiket bisa untuk kapal manapun pulang pergi.

saya dan ibu serta adik-adik saya berangkat tanggal 22 Desember 2016, hari kamis naik kapal mv pintas jam 12.30. sebelum berangkat saya dan ibu saya, karena sama2 pengguna XL, sudah mengaktifkan XL pass kami selama 3 hari, agar koneksi internet paket hotrod dan combo xtra kami bisa digunakan selama di Malaysia. ini bukan promo ya, saya cuma cerita pengalaman saya.

asal mula saya menggunakan XL pass yaitu pas tau XL buka program tersebut untuk 12 negara, termasuk tiga negara favorit saya yaitu Singapur dan Jepang. setiap saya ke Singapur saya ga pernah pake nomor singapur jadi selama disana saya berasa masuk ke hutan belantara karena saya bener2 tidak terkoneksi internet.. begitu tau ada program xl pass saya jadi penasaran mau coba. pas banget Malaysia ada termasuk dalam negara program xl pass jadi saya coba deh aktifin yang 3 hari yaitu 150rb. enaknya pake xl pass kalo kata mba mba xl center, kalo saya pindah pindah negara xl pass selama masa berlaku xl pass itu akan tetap berlaku dan dihitung seperti biasa. seru ya? misalnya pagi saya ke singapur siang nyampe johor saya tetep bisa menggunakan koneksi internet kaya biasa. jadi deh saya coba pake xl pass kemarin.

nah kami berangkat naik kapal, karena masuk ke kapal agak telat jadi kami duduknya misah-misah. kapal ke johor kemarin isinya penuh, mayoritas sama pekerja indonesia yang cari uang ke malaysia, jadi penampilan ala turis macam saya dan keluarga agak langka. selama perjalanan ke johor sekitar dua jam, di kapal beberapa orang dipanggil ke ruangan kapten. setelah tanya tanya, ternyata karena orang2 tersebut ngga bisa masuk malaysia kalo ga dikasi guarantee sama Kapten. saya ga gitu ngerti sih detailnya tapi yang pasti berkaitan dengan bekerja di malaysia. wallahualam deh..

sekitar dua jam setengah kemudian kami sampai di Johor. saat itu gerimis dan sudah sore, sekitar jam setengah 4 gitu jadi kami agak2 bingung mau kemana dulu. pas melewati imigrasi, saya sempat agak ketarketir. soalnya passport saya pass tinggal 6 bulan lagi masa berlakunya. eh tapi alhamdulillah lancar, cuma agak ditanya-tanya aja mau kemana dan pulang ke indonesia lewat mana. terus saya juga dikasi stiker ijo gitu di passport, mungkin karena saya wanita usia tanggung orang indonesia (tipe tipe yang bisa kapan aja jadi pekerja ilegal di malaysia) dan karena passport saya udah mau abis jadi dikasi stiker spesial.

ibu saya di Berjaya Waterfront, Stulang Laut, Johor

lewat dari imigrasi, karena hujan, sudah sore dan belum nyiapin itinerary sebelumnya jadi saya sebagai ketua perjalanan (mendeklarasi diri sendiri) agak bingung mau bawa rombongan kemana. pas keluar dari pintu terminal ada taksi abu lewat jadi kami pun menaiki taksi abuabu yang pake argo. akhirnya kami memutuskan untuk check in dulu di hotel Zamsaham di bandara senai. tadinya sih saya pengen langsung ke legoland tapi karena kami bawa koper dan harinya pun sudah sore, kami dinasehati oleh bapak supir taksi untuk ke hotel dulu. ya sudah kami ke hotel dulu.

dari berjaya waterfront ke hotel zamsaham menghabiskan 67 ringgit.

20161222_214745

mama dan haekal di depan hotel

sampai di hotel kami check in. hotelnya bersih dan bagus serta dekat banget dari terminal bandara, tinggal jalan kaki. karyawannya pun ramah dan rata2 mengerti bahasa Indonesia. sampingnya ada mcd, jalan dikit ada seven eleven. lokasinya pas di bandara jadi lumayan jauh dari mana-mana, paling deket ke JPO. tapi karena esok paginya kami naik penerbangan pagi ke KL jadi saya sengaja pesankan hotel itu. saya dan keluarga ambil family room seharga 750rb per malam, lumayan murah melihat kondisi hotel yang strategis, bersih dan fasilitas ok, bahkan dapat sarapan. adek2 dan ibu saya semua puas dengan hotel ini. untunglah.

Kondisi kamar hotel family room. bagus ya? ada jendela lagi.

setelah duduk2 dan sholat di kamar, kami memutuskan untuk keluar ke legoland sebelum kesorean. johor terkenal dengan legoland jadi biarpun sudah sore dan gerimis, kami memutuskan tetap kesana. lagipula tujuan kami hanya untuk foto2 di depannya jadi sore pun tak masalah. setelah mengecek biaya uber dari hotel ke legoland hanya sekitar 30 ringgit, tidak terlalu mahal dan bisa dibilang samalah kalo naik taksi bluebird di Indonesia. akhirnya raffi memesan uber menggunakan tethering koneksi internet hape saya. untungnya xl pass saya bekerja! 4G terus lhoo..

supir uber kami orang cina malaysia yang baik dan bisa berbicara bahasa melayu. dia mengantar kami hingga legoland hotel, dan dari legoland hotel kami masuk kemudian naik lift menuju legoland nya. legoland hotel bagus banget.. unik dekorasinya. cocoklah buat anak2. kalo buat yang gede sih cocok buat foto2. hehe..

mandatory legoland wefie

setelah puas foto2 di legoland (dan di lobby legoland hotelnya, berasa nginep disana), kami memanggil uber lagi untuk ke tujuan kedua kami, JPO. dari Legoland ke JPO naik uber menghabiskan sekitar 26 ringgit.

Mandatory JPO wefie

di JPO kami makan malam dan foto2.. banyak yang diskon juga sih, tapi saya hanya duduk2 aja ngerjain proyek sambil nungguin ibu saya yang liat-liat outlet.

nasi briyani di food court JPO. harganya sekitar 12 ringgit.

dari JPO kami memanggil uber lagi untuk diantar ke hotel. deket banget, cuma sekitar 7 ringgit. sebelum kembali ke hotel, kami mampir ke mcd samping untuk beli cemilan. saya beli es kopi latte dan eskrim mcflurry lime yang ga ada di Indonesia. ih enak ya.. haha..

malamnya sebelum tidur saya dan haekal pergi ke seven eleven untuk beli air putih karena air yang disediakan di hotel udah abis. di sevel nemu kitkat green tea ice cream jadi beli deh. enak yaa..

esoknya saya dan keluarga check out pagi-pagi untuk mengejar penerbangan kami ke KL naik malindo air. karena kami check out sebelum waktu sarapan jadi kami minta dibungkuskan sarapannya. eh ternyata oleh pihak hotel diatur sarapannya di kafe uncle zam di bandara. jadi deh kami bisa sarapan sebentar setelah check in penerbangan. ih enak yaa.. intinya hotel zamsaham saya rekomen banget deh. terus kalau nginap disana jangan takut ga bisa tidur karena suara pesawat naik turun sama sekali ga kedengeran. heran sih kok bisa padahal lokasinya di bandara. masih misteri juga buat saya hehe..

bandara senai kecil banget tapi rapi dan terbilang mewah. penerbangan Johor-KL subang menghabiskan 50 menit dan tiketnya murah, saya pesan lewat traveloka cuma sekitar 22orban dan ga kena biaya apapun lagi. lumayan menghemat waktu daripada naik bus 5 jam ke KL.

begitulah pengalaman saya selama di Johor. agak beda dari pengalaman banyak wisatawan yang saya baca di blog karena:

1. saya ke KL pake pesawat, bukan bis, jadi nginep di hotel bandara.
  2. kemana-mana kami pake uber. alasannya sebetulnya karena waktu kami tak banyak dan karena kami rombongan jadi perbedaan harga ga jauh kalo naik bis dan naik uber. lagipula bis malaysia tidak terlalu akomodatif, masih harus jalan jauh dan naik turun bila ganti rute jadi kami memilih naik uber yang mudah, nyaman dan alhamdulillah murah dan aman.
  3. saya pake XL pass bukan kartu sim card malaysia jadi paket data saya tetap bisa digunakan. enak sih pake xl pass cuma agak bete aja kalo koneksi lagi bapuk, tapi saya rasa itu bukan karena XL nya tapi karena koneksi provider lokal rekanan XL yang pas lagi bapuk. tapi alhamdulillah selama perjalanan koneksinya akomodatif jadi lumayan bisa manggil banyak uber dimana-mana kami pergi. jadi kami ga pernah takut nyasar atau ga dapat transportasi.

meski berada di johor cuma hitungan jam dan hanya ke legoland dan jpo tapi saya dan keluarga bener2 puas karena kami bisa mengunjungi dan melihat tempat2 wisata paling terkenal di Johor. saya juga jadi bisa melihat kota Johor yang menurut saya amat sangat rapi dan bersih, suasananya kalo saya bilang mirip Jakarta, hanya saja Johor versi yang lebih bersih dan sepi. jalan tolnya semua tertata rapi, bener-bener semaju Jakarta tapi ga pake macet yang berlebihan. seneng deh dengan kotanya. sayang saya ga sempat foto jalanannya ya..

trip kami ke malaysia hanya sebentar dan kami berencana mengunjungi 3 kota sekaligus jadi rasanya puas sekali meski sebentar di Johor.

berikutnya saya akan cerita perjalanan selama di KL yaa..