Money Management, Money Arrangement

Assalamualaikum wr. wb..

setelah kemarin berkelana dalam dunia blog dan membaca beberapa blog inspiratif, saya jadi kepengen juga membahas topik mengenai pengurusan uang setelah menikah.

sebetulnya topik soal uang sudah sering dibicarakan sambil lalu oleh kami berdua sebelum menikah. sering kan dengar cerita mengenai suami yang peliiittt banget sama istrinya, sampe istrinya mau ngapa-ngapain susah? nah itu juga yang saya takutkan.

9382073-Hand-with-banknotes--Stock-Vector-money-cartoon-hand.jpg

ketika bertanya sama suami (waktu itu masih cami alias calon suami), doi dengan enteng bilang ‘pokonya semua uang uda, semua kartu atm, sayang yang pegang. uda cuma dikasi uang jajan aja mingguan. keuangan keluarga, sayang yang atur.’

okeh, syukurlah.  ternyata suami sesuai dugaan, tidak pelit. beberapa kali hal ini saya bahas sambil lalu, jawaban doi pun selalu sama.

akan tetapi, karena saya pun tidak begitu pintar mengatur keuangan, saya juga bertekad untuk mencatat semua pengeluaran dan menyimpan semua bon transaksi setelah menikah. alasannya, agar semua uang yang dikeluarkan dapat terdata semua pengeluarannya.

pada saat menikah, setelah acara selesai, suami langsung menyerahkan dompet dan isinya pada saya. alhamdulillah, ia menepati janji. dan saya juga menepati janji saya untuk mencatat pengeluaran serta menyimpan semua bon dalam buku, yang saya sebut buku keuangan keluarga.

sebetulnya, saya akui saya dan suami masing-masing kadang suka boros sendiri. karena kami berdua (tepatnya saya sih, suami mah ngikut aja tiap saya ajak jalan) suka jajan, kebanyakan uang kami dipakai untuk jajan dan jalan-jalan. akan tetapi tahun ini, kami bertekad untuk bisa lebih berhemat. apalagi sekarang suami lebih sibuk karena mengikuti beberapa pelatihan, serta mempersiapkan diri untuk ujian N3. mudah2an kami bisa mengatur keuangan lebih baik lagi dan menabung untuk masa depan kami dan anak kami nantinya.

begitulah cerita mengenai pengaturan keuangan keluarga kecil saya. saya yakin, cara keluarga saya pasti berbeda dengan cara keluarga lain. biar bagaimanapun, yang paling penting adalah komunikasi dan pengaturan keuangan yang baik. semangatt!

Leave a Reply

