Trip #4 ke Singapur: Daftar N3!

Assalamualaikum wr. wb…

Jadi bulan maret kemarin untuk keempat kalinya selama tinggal di Batam, saya pergi lagi ke Singapur (mengenai trip sebelumnya, sila cek di: PART 1 || PART 2 || PART 3). saya pergi sendiri, bukan untuk shopping maupun jalan2, tapi dalam rangka mendaftarkan suami ujian N3 di Singapur bulan Juli nanti.

EH? apaan tuh N3? jauh amat ikut N3 doang mesti ke Singapur?

bagi yang belum tau, N3 adalah salah satu rangkaian ujian kemampuan berbahasa Jepang untuk penutur asing, alias nouryoukushiken atau JLPT. N3 merupakan level tengah, dengan N1 level paling tinggi dan N5 level paling rendah. JLPT ini hanya diadakan dua kali setahun, yaitu minggu di awal bulan Juli dan minggu di awal bulan Desember.

akan tetapi, JLPT tahun ini hanya diadakan di Bulan Desember di Indonesia. mengapa? karena jaraknya yang terlalu dekat dengan hari lebaran, hanya sekitar 3 hari gitu. kalopun ada, maka pilihannya hanya di Manado. jauh bener bukan… masih mending di Singapur ini mah. biar beda negara tapi lebih murah daripada ke Manado.

bulan Desember 2015, setelah banyak googling akhirnya saya dan suami memutuskan untuk daftar di Singapur, di JCSS. pertama, karena suami perlu sertifikatnya sesegera mungkin, rasanya terlalu lama kalau mesti menunggu ujian di bulan Desember. kedua karena Singapur jaraknya deket juga dari sini, jadi memang lebih murah dibanding ke Jakarta. Setelah menelpon dan mengemail langsung ke pihak JCSS (dua kali bertanya, dua kali pula pertanyaan saya dijawab dengan lengkap dan baik hati), akhirnya dipastikan bahwa suami saya boleh ikut N3 di Singapur. pihak JCSS bilang, dan saya quote;

“Regardless of your husband’s nationality, as long as he is legally allowed to be in Singapore on the test date in July 2016, he can register and sit for the July 2016 JLPT in Singapore.”

mantap.

karena saya pergi sendiri, dan udah yang keempat kalinya, saya menyiapkan rencana perjalanan saya dengan super matang seperti telur yang udah digoreng bolak balik terus dimasukin oven (loh). saya ga mau kecele lagi mengulangi kesalahan yang sama seperti;

1. beli tiket kemahalan

untuk mencegah kerugian tak penting karena beli tiket super mahal di konter langsung, saya memilih membeli tiket di gerai penjualan tiket di luar konter. biasanya tiket kapal ke Singapur di jual di mall2 di tempat penukaran uang. kemarin sih saya beli tiket Batamfast lagi, di konter depan hypermart mega mall, 170rb belum sama pajak (total jadi 280 lah, pajak nya bayar pas check in di pelabuhan). sebetulnya tiket kapal majestic atau sindo bisa lebih murah cuma karena kemarin lagi abis jadi saya beli yang batamfast aja. belinya udah dari februari, meski berangkatnya maret.

2. kesasar kemudian mesti nanya-nanya

untuk mengurangi potensi kesasar, saya download map offline Singapur (pakai maps.me) di hape. kemudian seperti biasa, saya siapkan jalur perjalanan MRT saya dengan website gothere.sg

screen568x568

sumber gambar dari sini

web gothere.sg itu berguna banget untuk memahami jalur MRT. jadi saya biasanya mencari jalur MRT dari harbour front menuju tempat yang saya inginkan, kemudian mengikuti petunjuk yang tertera. enaknya, dengan website itu kita bisa tahu mesti keluar dari exit mana kalau menuju ke tempat yang kita mau. penting nih, secara stasiunnya rame, dan exitnya banyak. kalau ga ada panduannya susah juga.

setelah menyiapkan semua persyaratan dan pendaftaran JLPT periode Juli 2016 dibuka di seluruh dunia, tanggal 23 Maret 2016, pergilah saya ke Singapur. saya berangkat dari Batam Center, diantar suami sebelum doski berangkat ke kantor. naik kapal jam 08.20 dari Batam Center, sampai di Singapur jam 10.20 (waktu Singapur sejam lebih cepat). setelah sejam mengantri di Imigrasi (panjang bener dah antriannya….), saya kemudian ke stasiun Harborfront. karena pendaftaran N3 di JCSS baru dibuka jam setengah 3 sore, sementara jam masih menunjukkan pukul 12.00, saya langsung naik MRT menuju ke Orchard Road, tepatnya Takashimaya, untuk pergi ke Kinokuniya terbesar di Singapur. tujuannya adalah untuk membeli buku N2 suami, karena teman saya yang orang Singapur bilang Kinokuniya adalah tempat yang oke untuk mencari buku bahasa Jepang.

karena terakhir kali ke Orchard road itu delapan tahun yang lalu, sama mama dan waktu saya masih imut-imut, saya sempat agak khawatir pas mau kesana lagi. ingetan saya, daerahnya kan super rame dan luas jadi membingungkan. jadi saya sampai cari info bagaimana cara mengenali stasiun orchard road dan cara menuju ke takashimaya. ternyata mudah sih,,, tinggal keluar di exit D, jalan lurus aja ke Takashimaya dan begitu ketemu eskalator, naik ke lantai 4.

Singapore_Main_store-a0c8d322461f6baab8779ea66a4baf44

sumber gambar dari sini

Kinokuniyanya besar bangeeet… rak bukunya pun tinggi. masuk disitu berasa di dunia buku. saya sempat nyasar, sampai akhirnya ketemu rak ‘Japanese learning’. sayangnya, koleksi buku JLPT nya tidak selengkap yang saya inginkan. mungkin karena udah diborong sama orang Singapur yang mau ikut JLPT juga. udah gitu, harga nya dua kali lipat harga buku di Jepang! misalnya di Jepang harganya cuma 1200 yen (120rb), di Kinokuniya bisa jadi S$ 24.90 (sekitar 250rb)!! meh. tapi karena memang perlu, saya beli satu sih untuk ujian N2 misua bulan Desember.

160403-100119

setelah dari Kinokuniya, saya ke stasiun Bugis menuju Midland House, tempat JCSS. Midland House lokasinya satu menit jalan kaki dari Bugis Junction. meski waktu itu masih jam satu lewat, saya kesana dulu untuk ngadem. eh ternyata udah bisa beli formulir. yaudah, saya jadi beli formulir seharga S$ 2.00, kemudian mengisi formulir tersebut dengan data-data suami. tak lupa saya menjelaskan situasi suami kepada bagian pendaftaran, dan syukurnya, bagian pendaftaran tetap dengan ramah menjawab. jadi pada akhirnya, suami akan ikut tes di Singapur, dan hasilnya akan saya ambil di JCSS lagi sekitar bulan September. sebetulnya untuk hasil bisa dikirim langsung ke rumah, tapi untuk menghindarkan dari hal yang tidak diinginkan, saya memilih untuk menuliskan nama JCSS di bagian alamat.

kemudian saya membayar biaya tes. biaya untuk N3 sebesar S$ 66 (660rb), jauhhh lebih mahal daripada tes di Indonesia yang cuma 120ribuan. tapi karena lokasi tempat tinggal kami di Batam yang tidak menyelenggarakan JLPT, kami harus ke Medan untuk ikut tesnya, di bulan Desember. setelah dihitung-hitung sih biayanya sama aja. sepertinya untuk tes berikutnya pun Suami akan tes di Singapur.

pihak pendaftaran menjelaskan bahwa di bulan Juni saya sebaiknya kembali lagi untuk mengecek lokasi tes. tapi karena saya bilang tempat tinggal saya di Batam, dia bilang saya boleh cek lokasi di website mereka saja. jadi saya bisa langsung datang ketika tes, dan saat mengambil sertifikat. sip. pokonya enak banget deh daftar di JCSS.

setelah proses pendaftaran selesai, saya berencana untuk pulang, tapi karena baru mau naik kapal jam 16.50 sementara waktu masih menunjukkan pukul 14.30an, saya akhirnya mampir dulu ke Kinokuniya di Bugis Junction.

Kinokuniya Bugis Junction lebih kecil daripada yang di Orchard Road, tapi ternyata buku JLPTnya masih lebih lengkap. saya ketemu buku bunpou (grammar) N2 untuk suami. ihiw.

setelah beli buku, saya kembali ke harbor front untuk check in. karena waktu masih lama, saya jadi ngadem dulu di delifrance, sekalian wisata kuliner. hihiw.

jam 16.00 saya masuk ke terminal, melewati imigrasi yang kosong, dan baru ngeh kalo ternyata Harborfront punya wifi grateees!!!! cih telat banget ya haha… tau gitu saya lebih cepet ngadem di terminal.

eniwei, begitulah kisah perjalanan saya ke Singapur untuk mendaftarkan ujian N3. trip berikutnya kesana mungkin pas bulan Juli nanti, nemenin suami ujian N3. bismillah, mudah2an semua lancar.

2 thoughts on “Trip #4 ke Singapur: Daftar N3!

1. Pingback: Trip #5 ke Singapore: JLPT N3 Test! – @farafit

2. Wah, luar biasa.
    Ibu, saya mau tanya tahun ini sepertinya saya mau daftar untuk tes jlpt di singapura, bisa minta tolong di jelaskan prosedurnya