Tips Masuk dan Memilih Jurusan Kuliah ala Farah

Assalamualaikum wr. wb..

sebagai seorang guru bimbel yang mengajar kelas ujung (alias kelas 12 SMA dan SMK) serta sebagai seorang kakak yang memiliki adik yang juga sekarang kelas 12 SMA, saya suka update info soal dunia kuliah. saya sering bertanya pada murid saya, sambil iseng:

‘kalian abis ini mau kemana? lanjut kuliah, atau kerja dulu?’

dan seperti kebanyakan anak kelas 3 sma lainnya, rata2 pasti menjawab ‘kuliah dulu kayanya,’

lalu ketika saya tanya pertanyaan berikutnya, ‘mau kuliah kemana?’

kebanyakan menjawab ‘belum tahu.’

ada beberapa murid saya yang sudah tau ingin kuliah dimana, atau jurusan apa. cuma lebih dari setengahnya menjawab ‘belum tahu’.

hal ini sedikit mengingatkan saya waktu saya masih kelas 3 sma.

alkisah sayapun tidak tahu ingin kuliah dimana dan jurusan apa sampai dihadapkan pada kenyataan bahwa saya sudah kelas 3 sma. JENG JENG JENG JENG. akhirnya, mengikuti alur (alias ngikutin temen2 sekitar dan arahan mamake), saya berminat kuliah di jurusan apapun di ITB atau UNPAD. alasannya sederhana, karena saya sudah terlalu sering pindah rumah jadi saya OGGAAAH kuliah keluar Bandung, karena berarti saya harus ngekos di luar daerah. pindahan lagi? no waaay.

akhirnya, saya mencoba USM ITB, yang kedua2nya gagal, ga diterima (nyumbang formulir aja deh seharga 1 juta 500rb untuk dua kali tes…)

kemudian saya pun mencoba SMUP UNPAD, yaitu ujian mandiri tertulis untuk UNPAD. pas disuruh milih, saya tadinya mau milih manajemen, eh taunya nilai sumbangannya gede banget, sama kaya ITB. karena males jadi saya akhirnya milih hukum dan fikom, dua jurusan yang kampusnya ada di Bandung, bukan di Jatinangor.

dengan penuh persiapan yang agak2 bikin depresi (gimana ngga depresi, temen2 udah keterima kuliah, saya doang yang belon), saya berhasil melewati SMUP. berikutnya, saya dan Diah Putri, teman SMA saya, mengikuti USM UNPAR, saya memilih HI dan Hukum, sama seperti Dhydhy.

ketika pengumuman, tak dinyana Alhamdulillah saya diterima SMUP UNPAD, dan akhirnya saya bisa kuliah di Hukum UNPAD. ini bener2 keberuntungan luar biasa yang menakjubkan. bayangin, saya yang kerjanya tidur2an aja alhamdulillah bisa keterima UNPAD. Subhanalloh sekali, rejeki.dua hari berikutnya, pengumuman UNPAR, dan Alhamdulillah, saya lolos masuk HI. tapi karena sudah keterima UNPAD jadi UNPAD yang saya ambil.

eniwei.. saya ga pernah sama sekali kebayang sebelumnya bahwa saya akan kuliah hukum. waktu memilih hukum pun saya  memilih karena lokasi kampus yang dekat rumah. mama saya pun menyemangati dengan bilang ‘namanya juga kuliah kak, semua juga belajar dari awal’ bikin saya makin mantep. biar saya anak IPA, sepertinya jiwa saya IPS banget. gapapalah, coba masuk Hukum. eh taunya beneran keterima, dan cocok pula kuliahnya, haha.. lulus dengan IPK 3,47 lagi. hihiw 😀

dengan kuliah di Hukum UNPAD, alhamdulillah saya bisa mengikuti seleksi beasiswa Rikkyo, keterima pula, student exchange selama setahun di Jepang, belajar bahasa Jepang, lulus N3, Ketemu jodoh, kerja jadi konsultan hukum untuk perusahaan Jepang, sempat ngajar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk expat dari Jepang, dan sekarang jadi penerjemah freelance untuk perusahaan konsultan Jepang dan nikah sama si suami yang saya kenal di Jepang….

hidup ini lucu ya? kalo saya ga lolos SMUP dan kuliah di Hukum UNPAD, saya ga akan menjadi seperti sekarang. saya jadi mikir, kalo saya tembus USM ITB, saya pasti DO di semester pertama. mana kuat saya ngadepin eksakta? di SMA aja nilai fisika saya merah semua. pasti kolaps.

cerita di atas selalu saya ceritakan sama murid saya. bingung memilih jurusan kuliah atau universitas memang wajar banget untuk anak – anak kelas 3. untuk itu, bagi yang masih bingung, saya kasih 3 tips:

  1. Tentukan minat kalian

saya selalu bilang, kuliah itu baiknya didasari minat kalian apa. karena kalian yang menjalani, bukan orang tua kalian. pilihlah jurusan yang memang mau kalian jalani sepenuh hati. kalau masih bingung sama jurusannya, ikut tes psikotes dulu. atau, bila tidak ada dana untuk psikotes, ngobrol dengan orang2 terdekat yang mengetahui potensi kita, terutama orang tua atau wali kelas. jangan keras kepala dalam menerima saran orang lain, apalagi orang tua. percaya deh, orang tua pasti pengen yang terbaik buat kita.

2. Pilih Universitas yang bagus

sebisa mungkin, pilih universitas yang memiliki akreditasi A atau B. boleh yang C kalau universitas tersebut lagi ngurus akreditasinya menjadi B. kalau bisa, universitas negeri. kenapa negeri? karena biayanya lebih murah dan secara prestise masih dipandang lebih OK. tapi jangan khawatir kalau ternyata kalian tidak bisa tembus kuliah di universitas negeri. universitas swasta dengan akreditasi A-B juga bejibun. yang penting, kalian tetap semangat kuliah. kalau kepo dengan akreditasi universitas tujuan kalian, cek web dikti.

3. Prospek di masa depan

kuliah kalian menentukan masa depan. jadi pilih jurusan yang memiliki prospek nantinya. kalau tujuan setelah kuliah adalah kerja, baiknya pilih jurusan yang memang memiliki prospek kerja yang luas. kalau IPS saya sarankan ekonomi atau hukum, sementara kalau IPA saya sarankan masuk teknik. kalau pengen jadi guru ya masuk pendidikan. kalau pengen jadi dosen ya masuk jurusan ilmu.

akan tetapi, kalau tujuannya setelah kuliah adalah usaha, bisa dibilang kalian bebas mau pilih jurusan kuliah apa aja…

kemudian, setelah kalian menentukan mau kuliah apa dan dimana, tips saya yang berikutnya adalah ikuti sebanyak2nya ujian atau tes masuk kampus, serta beasiswa luar negeri. setiap ada kesempatan, coba. jangan bergantung pada SNMPTN undangan atau SBMPTN tertulis. jangan berpikir ‘nanti kalau asal nyoba, terus keterima, terus di black list, kasian adek2 kelas’. ketika mengikuti ujian, kita harus memiliki motto ‘hope for the best, prepare for the worst’. berharap yang terbaik dan menyiapkan diri untuk kemungkinan yang terburuk. ga pernah salah untuk selalu mencoba. dengan banyak mengikuti tes, peluang kuliah kita bisa lebih tinggi, dan bila nanti ga diterima, kita bisa selalu belajar dari kesalahan.

jadi tetap semangat dan jangan menyerah!

Leave a Reply

