Sehari hari (Ep 1): Gado-gado

Assalamualaikum wr. wb…

Batam, 26 Januari 2016, 11.30

saya dan suami mengawali hari dengan mandi dan solat subuh. suami mencuci piring, saya buat teh hangat untuk si cinta. kemudian kami beli sarapan gado-gado yang kami beli di simpang jalan dekat rumah. saya memang jarang masak, bukan karena malas, (sebetulnya saya suka banget masak cuma ngga jago jadi rasa masakannya *ehem*) tapi karena satu dan lain kondisi yang tidak bisa saya sebutkan disini.

gado-gadonya enak, sayurnya berlimpah, lontongnya ga banyak, cocok bagi saya yang (ingin tapi suka tak kuasa) diet. harganya 12rb seporsi.

Indonesian_cuisine-Gado_Gado-01.jpg
gambar dari sini

setelah suami berangkat kerja, saya diem di rumah karena jadwal mengajarnya siang. proyek terjemahan belum ada jadi saya menghabiskan waktu dengan bermalas2an menyiapkan materi ngajar plus beberes rumah sedikit demi sedikit. maklum, banyak semut. repot kalo ga nyapu, bisa makin dijajah rumah ini.

jam 8an, Teh Rima, senior di Rikkyo yang menyeleksi saya waktu mau berangkat ke Jepang, message saya via fb. beliau yang adalah pramugari Garuda, berkata kalau doi ada jadwal terbang ke Batam hari ini dan bertanya pada saya mengenai tempat yang oke untuk beli oleh2.

saya punya beberapa saran tempat beli oleh2 yang oke di Batam:

  1. Mega Mall
IMG_0063.jpg
gambar dari sini

Mall ini letaknya di Batam Center, tidak terlalu jauh dari Bandara Hang Nadim. Mega mall lengkap banget, beli tas ada, makanan ada, baju ada.

2. Nagoya Hills

batam-Nagoya-Hill-Mall.jpg
gambar dari sini

Mall di pusat kota Batam yang paling HITS bagi turis, mungkin karena lengkap banget oleh2nya, mau beli kue lapis ataupun cake pisang, kaos batam dll ada.

3. Top 100 Penuin

download (1)
gambar dari sini

letaknya di belakang BCS, merupakan surga bagi makanan impor malaysia Singapur yang murah. akan tetapi saya kurang suka belanja disini, meski beberapa barang bisa murah banget, tapi karena barangnya banyak jadi agak berantakan gitu supermarketnya, dan pengap, trus orangnya pun rame. jadi saya jarang lama2, belanja satu dua barang biasanya saya langsung cabut.

4. Supermarket OG Home di Harbor Bay

s_p51dd33ee81726.jpg
sumber

letaknya di Harbor Bay, salah satu pelabuhan Feri di Batam. lengkap untuk makanan segala rupa kaya Top 100 penuin, cuma harganya agak beda tipis, tapi belanja disini jauh lebih nyaman, sirkulasi udara lebih mantap dan barangnya pun lebih tertata rapi.

karena teh Rima cari oat choco dan nginep di Novotel, saya langsung menyarankan opsi ke empat yang letaknya dekat banget sama hotel Teh Rima, tinggal jalan kaki dikit lima menit sampe. selain itu, Harbor Bay punya beberapa cafe dan Blitzmegaplex, lumayan oke untuk hangout.

sebetulnya saya ingin menemui teh Rima dan ngasi oleh2, tetapi beliau nginap sangat jauh dari rumah saya dan eik tak bisa naik kendaraan roda dua a.k.a motor… dan suami pulangnya pun malam jadi sepertinya tak bisa bertemu. maaf ya teh Rima, mudah2an bisa berjumpa di lain waktu.

setelah itu hujan turun lumayan deras, ada kali sejam.

kemudian saya kembali menyiapkan bahan ngajar. hari ini saya ngajar kelas 8 SMP.

oke, sebelum ngajar, saya biasa menyiapkan bahan ajar sesuai dengan materi yang mereka pelajari di sekolah. kelas 8 yg saya ajar hari ini, berasal dari dua sekolah yang berbeda. untungnya, kurikulum, LKS dan Buku Paket mereka sama semua, sehingga materi mereka ga jauh beda. paling ada yang agak lebih cepat atau agak lebih lambat, tapi karena kurang lebih sama, saya jadi sangat terbantu.

minggu lalu, materi mereka adalah Comparative dan Superlative. untuk mengetes pemahaman dan ingatan mereka atas materi yang saya ajar minggu lalu, pada awal pelajaran, saya berencana mau ngasi kuis tentang Comparative dan Superlative. kuis ini saya buat dua halaman, satu halaman saya ambil dari Big Grammar Book nya English Banana.com, satu halaman lagi saya ambil dari englishexercises.org.

 

saya cek catatan saya, materi mereka minggu ini adalah Recount Text, Simple Past Tense  dan Past Continuous Tense.

karena minggu lalu mereka melangkahi Descriptive Text, saya berasumsi minggu ini mereka akan melangkahi Recount Text juga dan langsung belajar tenses. tetapi, untuk jaga2, saya akan menyiapkan tiga macam soal;

  1. latihan soal Descriptive Text (soal saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet)
  2. Latihan soal Recount Text (idem)
  3. Latihan soal Simple Past tense (soal saya ambil dari englishwsheets.com dan english exercises.org)
vocabulary-worksheets-64778187.jpg
screenshot web favorit saya, englishwsheets.com, sumber

kemudian saya juga menyiapkan daftar perubahan 100 irregular verbs, dan regular verbs yang akan membantu mereka dalam menyelesaikan soal simple past tense. daftar ini nantinya akan berguna dan bisa mereka jadikan pedoman untuk hapalan. daftar 100 irregular verbs saya dapat dari englishwsheets.com, kemudian daftar regular verbs saya ambil dari cefire.edu.gva, yang kemudian saya edit dulu karena ada pengertian bahasa Spanyolnya haha..

sambil mencetak soal pake printer di rumah, saya menyusun dalam hati rencana ngajar saya hari ini. bagi saya, pantang untuk menjadi ‘gabut’ dalam kelas, untuk itu saya selalu menyiapkan:

  1. bahan ngajar yang banyak dalam bentuk exercise, jadi murid selalu punya sesuatu untuk dikerjakan. biasanya saya memberi 10-20 soal, kemudian mereka kerjakan, lalu dibahas. baru saya kasih soal lainnya, baru bahas. saya selalu kasih pembahasan disela-sela pengerjaan soal, supaya anak2 ga ngantuk dan bengong, terus ngobrol atau main hape. biasanya sambil mereka mengerjakan, saya jadi punya waktu untuk mengerjakan soal lain, mengerjakan proyek terjemahan, ataupun sholat.
  2. materi listening. biasanya saya menggunakan lagu yang saya hilangkan beberapa katanya untuk diisi sambil mereka mendengarkan lagu. lagu selalu menjadi pilihan saya untuk menghilangkan kebosanan serta dalam kelas, dan menjadi media belajar yang cukup menyenangkan.
  3. materi game. bila masih ada sisa 5-10 menit di kelas, saya biasa menggunakan game. pilihan pertama saya adalah hangman, yang kedua adalah tebak2an dengan menggunakan materi, yang ketiga adalah tebak2an geografi, seperti ibu kota dll.

jadi, untuk kelas 8 hari ini, saya punya 90 menit yang rencananya akan saya gunakan sebagai berikut.

20 menit pertama, kuis dan pembahasan superlative dan comparative, materi minggu lalu

15 menit kedua, membahas mengenai recount text/simple past tense/descriptive text

30 menit ketiga, anak2 mengerjakan soal yang saya kasi.

15 menit pembahasan

10 menit terakhir, listening atau game.

Begitulah rencana pengajaran saya hari ini.

oke, sudah azan zuhur, dan sepertinya saya akan mengakhiri tulisan hari ini. sampai bertemu di postingan berikutnya! ;D

 

Leave a Reply

