ramadhan tahun ini dan balada berbuka sendirian

Assalamualaikum semuanyaaa..

wah ga terasa udah memasuki bulan Ramadhan lagi. dan ini adalah ramadhan pertama saya habiskan di Jakarta sendirian, karena tahun lalu pas ramadhan saya tidak kerja jadi tinggal di Bandung.

bagaimana kesan pesan saya menghabiskan bulan Ramadhan sendirian di Jakarta? jawabannya: sepi bos. kalau di Bandung rame pas buka puasa bareng mamake dan bro bro, kalau di Jakarta saya;

1. buka puasa sendirian di kamar sambil nonton dorama

2. buka puasa sendirian di kereta pas lagi jalan pulang

3. buka puasa sendirian di kantor karena masih ada kerjaan jadi telat pulang

4. buka puasa sendirian di kamar sambil nonton dorama.

selalu begitu deh. rasanya sepi bangeeet udah kaya lagi bukan ramadhan. susahnya gini deh kalau merantau sendirian. terus ya, kalau di Bandung tawaran bukber itu banyak banget, di Jakarta ini hampir tidak ada. padahal mayoritas teman dan ada sodara saya disini. tapi gatau kenapa pada akhirnya saya selalu buka sendirian. 

karena buka puasanya sendirian jadi makanannya pun bener2 seadanya. biasanya pas azan magrib saya minum air putih, terus makan berat (ga ada cemilan), terus sholat magrib. sejam kemudian abis tarawih saya minum susu. sejam kemudiannya saya makan semangka. udah. kadang kalo lagi pengen saya ngemil kerupuk abis buka. tapi jumlah cemilannya jauh banget dibanding kalo lagi ada di Bandung. tapi ya bagusnya saya jadi ga makan banyak… sepertinya baru ramadhan kali ini saya ga nambah berat badan.

terus gimana kalo sahur? jangan tanya. udah dua minggu ramadhan ini saya kayanya baru dua kali kebangun sahur, karena dibangunin cami. sisanya bablas karena cami juga bablas ketiduran haha.. saya emang ga makan sih kalo bangun sahur, cuma buat minum aja. tapi rasanya agak cedih cedih gimana gitu kalo pas kebangun udah lewat jauh azan subuhnya. hehe…

eniwei ramadhan kali ini alhamdulillah saya makin semangat melakukan banyak hal, baik beribadah maupun bekerja. dan meskipun awalnya saya kira akan sulit berpuasa di Jakarta karena panasnya, tapi ternyata ga sulit juga. mungkin karena saya udah terbiasa makan sedikit jadi ya rasanya biasa aja pas puasa. dan juga karena udah rada terbiasa dengan panasnya jakarta.

sekian dulu deh postingan kali ini. semangat menjalankan ibadah di bulan ini ya man teman!

Leave a Reply

