anda belum beruntung

Assalamualaikum wr. wb…
jumat malam lalu saat saya sedang di travel menuju ke bandung, teman sma saya Dhila tiba2 nge wa, bertanya mengenai hasil ujian N2 saya yang saya ikuti awal desember lalu.

saya kemudian teringat bahwa memang sudah waktunya hasilnya diumumkan. dengan males malesan saya lalu ngecek di web jlpt.

jeng jeng jeng jeng.

image

bener perkiraan saya, saya ga lulus.
nilai terbaik berada di listening, pointnya 38 dari 60. sementara nilai grammar, vocab dan kemampuan kanjinya 22 dari 60. yang paling buruk tentu saja nilai dokkai atau reading, saya cuma bisa dapat 1 point dari 60. huuuuuffftttttt. memang reading selalu jadi kelemahan saya.

saat saya ujian, saya memang kesulitan karena persiapan saya yang seadanya. bahkan chokkai atau ujian listening yang biasanya dengan mudah saya lewati pun terasa amat sulit waktu itu. jadi sebetulnya saya ga heran kalau saya ga lulus ujian n2 kemaren. cuma saya agak kaget lihat nilai dokkai atau readingnya yg terlalu jelek. karena perasaan saya kemaren kayanya saya bisa ngerjainnya sedikit, jadi harusnya nilainya ga sejelek itu. hahaha… tapi apa boleh buatlah.

setelah melihat hasilnya, saya jadi sadar beberapa hal:
1. untuk grammar dan vocab saya harus nambah supaya bisa naik nilainya.
2. kanji dan lagi2 kotoba mesti saya seriusin belajarnya, biar dokkai atau ujian readingnya ga berakhir seperti yang kemaren lagi.
3. ternyata metode saya sering nonton drama jepang buat belajar listening benar2 berpengaruh, karena biarpun kesulitan tetapi saya berhasil dapat poin lumayan tinggi. saya yakin, nambah sedikit lagi aja maka saya bisa lulus n2.

ujian berikutnya saya harus penuh dengan persiapan. meski saya merasa kalo lebih baik saya ikut les persiapan n2 karena saya tipe orang yang susah belajar bahasa tanpa guru, tapi dengan pekerjaan saya, kemungkinan besar saya jadi ga bisa ikut kelas persiapan. sedihnyaaa…

yasudah, semoga tetap semangat dan bisa lulus ujian berikutnya. fighting!

2 thoughts on “anda belum beruntung

Leave a Reply

