pengalaman belanja online di blanja.com

Assalamualaikum wr. wb…

sebetulnya saya bukan tipe orang yang suka belanja online, karena saya adalah jenis orang yang emang suka jalan ke mall atau supermarket untuk melihat2 dan memilih2 barang sendiri. saya selalu merasa belanja online itu kurang greget karena barangnya ga kita pegang sendiri. lagipula suka banyak kejadian penipuan dI toko online kan. jadi aja saya males.

tetapi, karena orang2 di kantor saya pada hobi banget belanja online (mereka biasanya beli di lazada atau zalora), saya jadi kadang suka iseng juga lihat2 barang di toko online. cuma saya belum pernah beli karena masih agak2 ga yakin apakah penipuan atau bukan.

seminggu lalu saat saya sedang buka fb lewat hp, tiba2 iklan ovomaltine dari blanja.com muncul. ovomaltine ini selai coklat sejenis nutella yang kayanya emang lagi hits banget, dan setahu saya harganya mahal hampir 200rb. karena di blanja.com promonya murah banget cuma 85rb jadi saya tertarik ingin beli. blanja.com ini situs toko online besutan ebay jadi saya yakin. akhirnya saya buka blanja.com dan memesan dua barang; ovomaltine yang sedang promo (seharga 94rb sama ongkir) dan super tummy trimmer 40rban (sama ongkir jadi 60rban) . metode pembayaran via atm transfer bank. cukup mudah.

belanja di blanja.com ini sebenarnya lumayan seru karena webnya gampang digunakan. metode pembayarannya pun mudah sekali tinggal transfer dan langsung dapat email konfirmasi bayar.

image

kembali ke orderan saya, jadi hari sabtu saya transfer, saya langsung dapat konfirmasi telah bayar, dan tinggal tunggu barang datang. sampai senin saya belum dapat konfirmasi  pengiriman jadilah saya email cs mereka di support@blanja.com, syukurnya mereka cukup kooperatif dan membalas semua email komen saya meski tidak cepat.

anyway setelah menunggu seminggu, jumat kemarin order super tummy trimmer saya sampai.

image

bungkus lumayan rapi

jeng jeng jeng jeng..

image

penampakan kotak ala tahun 70an

lumayan lama menunggu dan deg2annya tapi setidaknya barang saya sampe sesuai yang saya Inginkan. toko bemartshop ini jualan barangnya variatif jadi kedepannya mungkin saya mau beli juga yang lain.

image

isi box

saya sudah coba barangnya dan lumayanlah, bisa dipake mengencangkan perut (katanya) jadi saya mau coba gunakan secara rutin.

sekarang saya tinggal menunggu kiriman ovomaltine saya yang kata cs blanja.com baru akan diproses senin. eh buset, bisa2 itu baru sampe tempat saya setelah dua minggu dibayar kali ya. apa boleh buat, namanya juga promo. lagipula saya baca review customer mereka ternyata semua komplennya sama: barang enak tapi sampenya lama. naga2nya sih ke saya juga bakal lama bgt nih. yah asal sampe aja deh.

btw saya punya beberapa tips nih ketika belanja online.

TIPS BELANJA ONLINE ALA FARAH

1. beli di toko online terpercaya. jangan coba2 beli di toko abal alay yang testimony pelanggannya lebay, jadi kaya buatan sendiri. ada juga sih toko kecil yang bagus dan terpercaya (seperti toko mamake) jadi hati2 aja memilih toko onlinenya. biasanya orang yg udh biasa jualan online akan buka lapak tidak cuma di satu toko online besar, jadi jangan khawatir.

2. jangan beli barang mahal
saya sering baca orang beli elektronik via online karena murah tapi akhirnya malah ketipu. ntah barangnya cacat, ga lengkap, bekas, atau malah ga dikirim sama sekali terus penjualnya ngilang kaya ditelan bumi. haduh, mending beli mahalan dikit tapi kita udah periksa semua dan pegang di toko terpercaya daripada ketipu kan. ada teman juga menyarankan untuk beli COD, biasanya FJB kaskus, olx dan berniaga seperti itu. kalo saya sih tetep ogah beli barang mahal, patokan saya 150rb maksimal. lewat dari itu mending gausah atau tunggu sampe harganya segitu. bukan apa2, jadi kalo seandainya kita ketipu kita ga ketipu terlalu banyak. ada toko online menyediakan refund sih cuma pasti nunggunya lama dan prosesnya belibet. jadi mending ga usah beli yang terlalu mahal.

3. bandingkan harga dengan toko online lainnya
kalau mau beli suatu barang, bandingin dengan toko lain karena bisa aja harganya lebih murah. tapi jangan cepet kepincut dengan barang mahal yang tetiba harganya keterlaluan murahnya: bisa jadi ini boongan.

begitulah tips dari saya yang jadi pegangan saya kalau mau beli barang online. sekarang saya tinggal menunggU ovomaltine, mudah2an cepat sampai 😉

happy online shopping!

Advertisements

15 thoughts on “pengalaman belanja online di blanja.com

  1. Aku dah pernah belanja online di rakuten.co.id, lazada, tokopedia, bukalapak. Itu insyaallah bisa dipercaya. Pernah juga beli barang dari orang yg jualan/pasang iklan di berniaga, olx, atau kaskus. Kalo yg kayak gini sih mesti hati2. Kalo di kaskus biasanya ada yang review, jadi biasanya aku pilih yg emg reviewnya banyak dan pada bilang seller-nya ok dan bisa dipercaya. Alhamdulillah selama ini belum pernah ketipu, hehe. Pernah beli barang seharga 400an ribu. Setuju sih tapi mending beli barang yang murah aja kalo online mah, kalo misalnya ketipu pun jd ga rugi besar 😀

      • Aku belum pernah beli elektronik di toko online, prefer ke toko langsung, kalo ada apa2 lebih gampang ngurusnya, hehe. Tapi kantorku di Bandung pernah beli HP dr Lazada.

        Toko online ada buanyaaak bgt Farah. Kalo liat list yg ngasih diskonan tgl 12 kmrn, ga nyangka toko online ada sebanyak itu :))

  2. Wah, ada live testimoni dari costumer Blanja nih. Saya baru aja review situsnya. Memang dari sekian banyak testi, paling sering ya negatif tentang pengirimannya. Semoga bisa diperbaiki ya sama si-empunya. Salam kenal :))

  3. Aku pernah belanja online di tokopedia, lazada, dan bukalapak. semua yang aku pesan semuanya sampai ke rumahku tuh. mulai dari beli baju, alat dapur, alat mandi, dan masih banyak lagi. dan juga masa pengirimannya tuh cepat banget. sesuai paket sih. alhamdulilah semua belum ada yang penipuan. klo di tokopedia tuh ada yang namanya saldo, jadi tak perlu khawatir bila kita mentransfer uang lebih atau si penjualnya belum merespon di situ bisa di cek uangnya.

    • Surya Online penjual terpercaya di BUKALAPAK & TOKOPEDIA.
      Bukalapak: Surya Online
      Tokopedia: Surya Onlne (kurang huruf “i” pada saat registrasi)
      Produk yang dijual ASLI & tidak pakai tipu2. Lihat pada review

  4. klo saya langganan belanja online di lazada&tokopedia puluhan kali selalu puas dengan pelayanan mereka. tapi ntah saya sial atau mmg blanja.com yang sialan (maaf kl kasar, tp bener2 njengkelin) saya br nyoba pertama kali belanja 2 item aja yang satu terpaksa gue refund sbb sdh 2 minggu barang gak dikirim2 juga dan cs berkali2 di tanya cm suruh nunggu sampai akhirnya gue marah2 dan di cek ke tokonya ternyata barang habis… padahal saat itu item tsb masih dipajang dgn stok >50pcs. okelah saya refund dan msh harus nunggu lagi seminggu br uang bisa balik. dan sialnya lagi item yg kedua berhubung nilainya kecil sengaja gue biarin aj dari tgl 17agustus sampe sekarang blm dikirim juga, parah g? dan gue penasaran baca2 di forum, grup dll ternyata banyak banget kasus sperti saya… yah sudahlah, semoga bisa jd pertimbangan utk yang baca. saya tdk menjelek2kan hanya membeberkan fakta saja

  5. pernah beli pulsa xl Rp.25.000 seharga 12.500 untuk pertama – ketiga kali berhasil.
    terus lama gak beli ketika beli lagi kok pulsa gak dikirim”..

  6. malem mba 🙂
    salam kenal, kebetulan saya baru tau blanja.com hari ini dan tertarik untuk belanja
    pas setelah transaksi baru baca review nya ada yg kurang meyakinkan
    du saya takut jadinya, gimana menurut mba ya
    makasoh 🙂

  7. saya kapok beli di blanja.com support timnya lambat. barang di terima sudah baterainya drop, kemasan(dus). penyok. hati- hati deh beli di belanja.com.padahal di situs lain oke-oke aja.

  8. Kalo menurut saya, semua ada pros and consnya. yang terpenting adalah be a smart buyer, sebenernya antara lazada, tokopedia, blanja.com itu model bisnisnya beda-beda, bisa dibaca disini nih https://id.techinasia.com/5-model-bisnis-ecommerce-di-indonesia.
    pada awalnnya Lazada full B2C, dimana barang dagangan dimanage mereka sendiri, mereka punya gudang, mereka punya armada logistik sehingga tingkat quality control terhadap barang yg di order buyer lebih tinggi, tapi minusnya cost mereka pasti besar karena harus punya gudang, jaringan logistik di kota-kota besar. Makanya mereka sekarang punya fitur “barang marketplace” dimana produk tersebut bener2 di keep sellernya masing-masing dan seller sendiri yg ngirim barang ke buyernya, tapi order tetep lewat web lazada.
    Nah tokopedia dan blanja.com itu jenis yang kedua ini, alias marketplace. kedua jenis ini punya kelebihan masing-masing. Terlepas dari semua itu, resiko pasti ada. jenis marketplace juga punya cons, yaitu masing-masing seller manage stok produk mereka sendiri, mau yang di gudang (riil) ataupun yg mereka upload di laman website jual beli tersebut. Nah tapi di jenis marketplace ini, uang yg berputar pake sistem escrow, jadi uang ga bakal dibawa kabur seller kalo barang ga sampe. yah namanya juga e-commerce baru belakangan berkembang di Indonesia, regulasinya aja masih digodok kan. Jauh lah ecommerce di Indonesia sama negara-negara tetangga.
    Last, tetep hati-hati, be a smart buyer. Ane ga memuji atau merendahkan suatu brand ecommerce tertentu, kebetulan ane udah sering nyobain belanja di sana-sini, masing masing ada pengalaman oke dan ga okenya. So good luck, ane yakin nama-nama besar ecommerce ini dan nama-nama penyuplai dana bisnis mereka di belakangnya ga bakalan deh main nilep uang model begini hehe CMIIW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s