sebentar lagi ujian N2

Assalamualaikum wr. wb..

malam ini saya mengetik postingan ini via hape saya. sejujurnya ini sudah tengah malam. tapi ntah mengapa saya sulit tidur. mungkin karena kepikiran mau ujian N2 hari minggu ini, tapi bisa jadi juga karena tadi siang ngopi kapal api jadi matanya masih terang benderang.

jadi ingin sedikit cerita mengenai ujian saya. yah, N2 adalah ujian kemampuan berbahasa Jepang, biasa disebut 日本語能力試験 (Nihongo Noryouku Shiken / Japanese Language Proficiency Test). JLPT atau Noken ini terdiri dari 5 level, dengan N5 sebagai level terendah dan N1 level tertinggi. JLPT diselenggarakan setahun 2x di banyak negara termasuk Indonesia.

image

Desember tahun lalu saya berkesempatan mengikuti ujian N3 di Bandung dan alhamdulillah lulus meski nilainya pas pasan. tadinya saya semangat mau langsung lanjut ikut ujian N2 bulan juli, tapi karena telat daftar saya baru bisa ikut yang bulan desember tahun ini. dan inipun persiapan saya 0 besar, cuma disambi dengan banyak2 nonton drama dan ngobrol sama Orang Jepang (belajar cara saya).

pentingnya ikut JLPT adalah kita jadi lebih mudah bila mau bekerja di perusahaan Jepang atau mau lanjut sekolah disana. tau sendiri kan sekarang relasi Indonesia-Jepang segimana kuatnya, bisa kita lihat dengan menjamurnya perusahaan Jepang di tanah air. kemampuan bahasa Jepang betul2 jadi poin plus untuk kita pribadi. setidaknya untuk saya, itulah yang saya rasakan.

karena punya sertifikat N3 dan pernah belajar di Rikkyo, tanpa saya sadari rejeki saya saat mencari kerja semua yang berbau2 perusahaan Jepang. bukan saya ga coba di perusahaan selain perusahaan Jepang ya, saya coba kok kaya Garuda, Paragon dan Telkomsel. tapi mungkin karena belum rejeki malah keterimanya di perusahaan Jepang.

saya di kantor saya yang dulu di MCF, bahasa Jepang saya betul2 terasah karena memang berinteraksi dengan atasan, klien dan pabrik menggunakan bahasa Jepang. saya ngerasa bahasa Jepang saya lumayan meningkat, dan jadi berkesempatan belajar juga cara email bisnis perusahaan Jepang seperti apa. sayangnya saya tetap ga lulus masa percobaan, huahaha. tapi saya ga pernah menyesal karena toh saya memang ngerasa itu bukan kerjaan saya banget.

di kantor saya yang sekarang, meski bosnya orang Jepang, beliau jago banget berbahasa Indonesia jadi saya malah pakai bahasa Indonesia dengannya. kadang saja kalau lagi ngomongin hal2 kecil baru pakai bahasa jepang. dengan bos yang satu lagi yang orang belanda, saya pakai bahasa inggris. bikin legal opinion juga pakai inggris. jadi syukur alhamdulillah sekarang bahasa inggrisnya kepake juga.

karena klien yang dihandle kantor saya adalah perusahaan2 jepang, saya sempat beberapa kali terima telpon atau bicara dengan tamu menggunakan bahasa jepang saat diperlukan. saya sih senang2 aja karena niat saya bekerja disana agar sebisa mungkin kemampuan bahasa saya yang ga seberapa ini bisa dilatih terus.

wah jadi malah curhat kepanjangan. eniwei minggu saya ujian dan sekarang sabtu dini hari persiapan saya masih juga 0 besar. saya jadi ragu, tapi tetap bertekad coba ikutan ujian. mudah2an pas ujian dapat pencerahan, huahahaha…

salam manis dari belantara kalibata.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s