akhirnya jadi sarjana

Assalamualaikum wr. wb…

alhamdulillah hirobbil alamin, akhirnya setelah perjuangan menyusun skripsi selama lima bulan dan sebulan menunggu panggilan sidang akhir, akhirnya saya resmi dinyatakan lulus dari Fakultas Hukum UNPAD pada tanggal 11 Maret 2014.

saya ga bisa berhenti mengucapkan syukur atas karunia Alloh yang berlimpah pada saya karena tidak hanya bisa melewati sidang akhir dengan lancar dan sedikit revisi, saya juga dinyatakan lulus CUM LAUDE alias Dengan Pujian.

rasanya masih tidak percaya.

sebetulnya dari sekian banyak hal yang saya rasakan hanya satu yg mendominasi semuanya: rasa lega. saya lega perjuangan saya telah selesai dan memberikan hasil yang menyenangkan. saya lega tanggung jawab saya di kuliah akhirnya beres juga. dan saya lega setelah 4,7 tahun berkuliah (setahun cuti) akhirnya saya bisa lulus juga.

alhamdulillaaaah…

sidang saya minggu lalu itu berjalan dengan lancar dan sederhana. sejak pagi saya ditemani Daniar, teman seperjuangan yang pembimbing dan pengujinya sama dengan saya, yang banyak mempersiapkan saya dengan kemungkinan2 pertanyaan yg akan keluar. setelah itu ada ina yg ngasi teh tarik juga yang menemani di ruang sidang bersama Daniar, kemudian Gina dan Trias yang datang menyusul membawakan buavita dan muffin super enak.

image

sidang saya ini dibagi beberapa sesi:
1. pembimbing 2
pembimbing 2 saya datang paling pagi karena anak beliau sakit jadi beliau tidak bisa lama2. saya bertemu beliau hanya sebentar dan tidak ditanya2 hal2 aneh layaknya sidang akhir, hanya ditanya soal kesiapan saya dan cara2 menghadapi pertanyaan penguji. beliau juga menyemangati saya sambil mengingatkan agar saya tidak gugup layaknya sidang UP saya.
alhamdulillah lancar.

2. penguji 2
setelah presentasi, sesi tanya jawab kemudian dimulai. penguji 2 saya ini terkenal lumayan kritis dan saya merasakan kekritisannya saat sidang kemarin. ia mengkritik beberapa kesalahan penulisan dan menyarankan beberapa hal yg seharusnya ada atau dihilangkan. setelah itu beliau menanyakan beberapa hal terkait skripsi saya, yang alhamdulillah bisa saya jawab semua dengan lancar.
beliau juga sempat menyemangati saya agar semangat membantu keluarga karena tahu ayah saya baru meninggal. baiknyaa :”)

3. penguji 1, penguji kompre serta pembimbing 1
sesi terakhir dilakukan dengan ramai karena semua pihak yang ditunggu telah datang. saat itu saya presentasi untuk yg kedua kalinya, dan kemudian ditanya2 oleh penguji dan pembimbing. penguji 1 saya telah menyatakan bahwa ia menyukai ide tulisan saya sehingga tidak banyak mengkritik dan hanya bertanya sedikit yg alhamdulillah bisa saya jawab. penguji saya malah akhirnya diskusi dengan pembimbing saya haha..
pertanyaan penguji kompre saya juga alhamdulillah bisa saya jawab, sehingga sidang saya akhirnya berjalan dengan lancar sampai akhir dan alhamdulillah saya dapat nilai 88 atau A!

setelah sidang saya menunggu yudisium sorenya, dan alhamdulillah sampai sore semua lancar saja. revisi dan perjalanan saya mengumpulkan ttd semua dosen untuk revisi pun berjalan lancar.

image

sekarang saya lagi mengurus surat kelulusan yang menjadi syarat melamar kerja. mudah2an semua juga lancaar..

saya merasa begitu bersyukur atas karunia Alloh pada saya. saya betul2 menyadari kekuatan doa dan mendekatkan diri dengan banyak beribadah pada Alloh semakin melimpahkan kita dengan rejeki tak berkesudahan. cita2 saya tinggal sedikit lagi tercapai dan saya berharap semoga kedepannya saya bisa jadi orang yang lebih baik lagi. amiin..

oke deh, sampai bertemu di postingan berikutnya, salam gawl!

5 thoughts on “akhirnya jadi sarjana

Leave a Reply

