Cara mencapai kota Tokyo (dan sekitarnya) dari bandara Narita atau Haneda

Assalamualaikum wr. wb…

akhir-akhir ini saya sering sekali mendapat pertanyaan bagaimana cara menjangkau suatu daerah di Kanto setelah kita sampai di Narita atau Haneda. pertanyaan yang sangat wajar memang,dan krusial bagi rekan yang belum pernah ke daerah Kanto bahkan Jepang. karena itulah kali ini saya ingin sedikit memberikan informasi mengenai hal tersebut, mudah-mudahan bisa memberikan rekan-rekan sedikit gambaran mengenai cara bepergian dari bandara ke sekitarnya.

sebetulnya begitu kita sampai di Jepang kita tidak perlu khawatir mengenai masalah transportasi, karena disana transportasi publiknya aman, nyaman, serta menjangkau hampir semua daerah di Jepang. jadi, bagi rekan yang akan pergi ke Jepang, mendarat di Narita dan kedapatan tidak ada yang menjemput disana, sekali lagi saya tekankan tidak perlu khawatir. sangatlah normal bila rekan tidak ada yang jemput di Narita, karena letak Narita sangat jauh dari Tokyo (kecuali kalau lokasi tempat yang rekan tuju adalah Chiba, karena Narita berada di prefektur Chiba). bila rekan ada di Narita atau Haneda, rekan punya 2 opsi menuju kota; naik kereta atau naik bis. keduanya punya kelebihan dan kelemahannya yang nanti akan saya sebutkan.

sekarang, bagaimana bila rekan tidak tahu stasiun mana atau kota apa yang akan rekan tuju? pertama, pastikan dulu lokasi yang rekan tuju sebelum berangkat. misalnya rekan hanya tau alamat tempat tersebut tanpa tahu stasiun terdekatnya. rekan bisa googling alamat tersebut via google maps, dan nanti ketika alamat tersebut muncul, rekan bisa cari stasiun terdekat dari tempat yang rekan tuju. sebagai contoh, saya akan mencari cara bagaimana bisa sampai ke asrama saya di Saitama dari Narita. saya googling alamat ‘1-11-18 NishiBenzai, Asakashi, Saitamaken’ dan nanti akan muncul alamat suggestionnya, seperti yang ada di gambar ini;

Maps

di gambar terlihat ada ikon kereta berwarna biru? itu adalah nama stasiunnya, dan syukurlah tertulis dalam tulisan latin juga jadi sangat membantu orang-orang yang pengetahuan kanjinya minim seperti saya. bila rekan telah tahu stasiun terdekat yang rekan tuju, rekan bisa cari sekarang transportasi kesana naik apa. nah, sekarang pilihannya dua, naik kereta atau naik bis?

1. Naik Bis

apabila rekan membawa bagasi yang banyak, sangat saya sarankan untuk naik bis saja dari bandara. naik bis sangatlah nyaman, rekan tidak perlu repot berganti kereta dan membawa barang karena barang2 rekan akan diurus oleh orang bisnya sampai tujuan. jadi sangat praktis. naik bis juga saya sarankan kepada orang yang belum pernah ke Tokyo atau Jepang sebelumnya, karena bis bandara tujuannya bermacam2 jadi rekan bisa milih tujuan rekan secara spesifik tanpa harus bingung berganti alat transportasi. kelemahan naik bis adalah harganya yang biasanya lebih mahal daripada naik kereta, tapi tenang, harganya sesuai kok dengan kenyamanan dan kepraktisannya.

ini adalah link yang bisa rekan kunjungi untuk mengetahui informasi soal bis bandara. tenang, semua info tersedia dalam tulisan latin dan bahasa inggris kok.

narita airport: http://www.narita-airport.jp/en/access/bus/

haneda airport: http://hanedabus.jp/timetable_e.htm

2. naik kereta

bila rekan tidak membawa barang banyak dan sedang mood untuk berpetualang, silakan naik kereta dari bandara menuju kota. naik kereta juga nyaman, harganya pun biasanya lebih murah dari naik bus. hanya saja, naik kereta berarti biasanya kita perlu berganti-ganti kereta di beberapa stasiun, dan untuk yang baru sampai Jepang dapat dipastikan akan menjadi agak bingung bila harus ganti kereta, jadi naik kereta tidak saya sarankan. kelemahan lainnya adalah tempat duduk. kecuali rekan naik kereta yang kursinya bisa direserve layaknya skyliner, rekan harus siap2 atas kemungkinan tidak dapat tempat duduk di kereta. terutama bila sedang rush hour. kebayang sih masih agak jetlag terus naik kereta eh ga dapat tempat duduk, yang ada sepet hehe.  meski begitu, bila tujuan stasiun rekan adalah stasiun besar di Tokyo seperti Ikebukuro, Tokyo, Shinjuku, Shibuya dkk, rekan bisa coba naik kereta bandara seperti skyliner. berikut adalah link yang bisa rekan kunjungi mengenai akses dari bandara;

haneda airport: http://www.haneda-airport.jp/inter/en/access/train.html

narita airport: http://www.narita-airport.jp/en/access/train/index.html

untuk para petualang kereta dan bingung mau tahu cara berganti kereta, rekan bisa mengunjungi 2 website terpercaya, http://jorudan.co.jp/ dan http://www.hyperdia.com/. kedua website tersedia dalam bahasa jepang dan inggris, tapi jorudan lebih saya sarankan kepada rekan yang berbicara bhs jepang karena lebih spesifik, hyperdia saya sarankan kepada rekan yang memilih bhs inggris. di kedua web ini (ada aplikasi android dan applenya juga) rekan bisa masukkan stasiun awal dan stasiun tujuan kepada kotak yang disediakan, nanti akan keluar berbagai pilihan rute kereta serta lokasi ganti kereta yang dapat rekan ikuti, beserta harga dan preferensi waktunya. seperti contoh, dari lokasi asrama saya di Saitama menuju Narita di Chiba, menggunakan Hyperdia;

rute 2

dari gambar terlihat kan seberapa jelasnya informasi yang bisa kita dapat? jadi ketika rekan sudah tahu dimana harus berganti kereta dan line apa yang bisa rekan gunakan, rekan bisa mulai berpetualang. berganti-ganti kereta di Tokyo bagi saya tidak rumit, karena ada papan penunjuk yang memuat bhs inggris. yg bisa membuat kita bingung hanyalah ketika ada banyak banget orang dan pas mau tanya arah jalan terbentur bahasa (karena mayoritas petugas stasiun tidak berbahasa inggris).

jadi, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menjangkau kota dari bandara? tentu saja ada pilihan ketiga, yaitu naik taksi, yang sangat tidak saya sarankan karena mahalnya bukan main. tapi, bagaimana bila rekan sampai airport di tengah malam hari?

kereta di tokyo, sangatlah disayangkan, tidak 24 jam dan berhenti beroperasi mulai midnight. apabila rekan sampai bandara tengah malam, rekan bisa naik bus malam yang harganya hampir dua kali lipat dari bus biasa dan tujuannya pun lebih terbatas. rekan bisa cek tujuan yang tersedia di website http://www.limousinebus.co.jp/en/. naik bus malam ini juga yang saya pilih waktu menjemput ibu saya di Haneda yang waktu itu sampai tengah malam. kami naik bus malam ke arah ikebukuro kemudian naik taksi dari ikebukuro ke asrama saya di asakadai. sekali2nya saya naik taksi di Jepang pada saat itulah, habis sekitar 11rb yen atau satu juta lebih dari ikebukuro ke asakadai, haha.. tapi yah, pengalaman.

pilihan kedua dan lebih saya sarankan adalah menginap di bandara sampai kereta atau bus paling pagi beroperasi. menginap diperbolehkan baik di Narita atau Haneda, dan biasanya dilakukan banyak orang di international terminal. tapi siap2 saja didatangi petugas bandara yang akan menanyakan tujuan dan alasan rekan, terutama bagi kita para orang asing, pasti ditanya-tanya dan disuruh keluarin paspor atau zairyuukaado hehe..

sekian info yang dapat saya berikan, semoga bisa membantu rekan2 yang perlu informasi mengenai hal ini.

Advertisements

9 thoughts on “Cara mencapai kota Tokyo (dan sekitarnya) dari bandara Narita atau Haneda

  1. kak aku aldo dari indonesia… boleh minta alamat email kakak? kebetulan tanggal 26 mei nanti saya ke jepang untuk pertama kalinya dan SENDIRIAN, huhuhu.. jadi mau nanya2 aja.. makasih kaaak

  2. Saya mau pergi ke jepang bulan desember ini. Apa ada yg punya rencana yg sama dengan saya? Sebetulnya saya takut kalau pergi sendiri. Siapa tahu ada yg mau barengan…

  3. Saya bulan desember nanti mau ke jepang. Ini pertama kalinya dan sendiri pula. Apakah ada yg berencana ke jepang juga.. pengen cari barengan.

  4. mba farah insyallah maret 2016 aku pergi ke tokyo selama 5 hari ini firts time aku kesana dan buta bangen sama jepang, mau nanya-nanya tentang keadaan disana sm pass transportasi yang paling murah apa ya karna ku denger2 disana transportasi mahal bgt boleh di bls dengan email ? bermanfaat bgt blog ini hehe makasih banyak jika berkenan

  5. Hi Farah,
    Info donk, pesawat ku nyampe di narita jam 2030 hrs, apa masi bs nginep di airport baru besok paginya ke tokyo?
    Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s