Mengunjungi Tokyo International Film Festival

Assalamualaikum wr. Wb…

Salah satu pengalaman terwow saya selama di Jepang adalah ketika saya berkesempatan mengunjungi Tokyo International Film Festival tahun lalu, tepatnya akhir september 2012. TIFF ini bisa dibilang adalah salah satu festival   film paling bergengsi sedunia, yang sekelas Berlin atau Cannes. TIFF tahun lalu spesial karena 3 sineas ternama Indonesia diberikan section khusus bernama Indonesian Express tempat mereka memajang film2 termumpuni mereka.

Saya, waktu itu diutus (ceile) PPI Jepang untuk datang menonton film mereka, melihat konferensi pers dan  mewawancara para sineas ternama Indonesia itu. Saya diberikan tiket gratis menonton Postcards from the Zoo dan Atambua 39 celcius. Filmnya keren!

image

image

Saya, mbak Mira Lesmana, Mas Riri Riza dan Mas Edwin

image

Bang Andrew, saya dan Sutradara Garin Nugroho

image

Mas Riri Riza dan saya

image

Saya, Anisa (aktris yang main dalam filmnya Garin Nugroho) dan Tia

image

Foto foto setelah sesi konferensi pers

image

Konferensi pers 3 sutradara ternama indonesia

Yang keren dari festival ini selain kebanggaan melihat film2 Indonesia ditampilkan di festival film internasional yang disaksikan banyak masyarakat Jepang, adalah kesempatan bertemu banyak orang hebat seperti Mbak Mira Lesmana, Mas Riri Riza, Mas Edwin si sutradara Postcards from the Zoo dan mas Garin Nugroho. Bener2 saya terkejut melihat betapa rendah hatinya mereka, bahkan mas Riri dan mbak Mira sempat membagikan kami tiket gratis menonton Atambua 39 celcius yang langsung disambut indah oleh Bang Andrew dan Tia, hehe.

Saya sangat bersyukur bisa datang ke festival ini. Saya rasa kalau saya tidak ikutan PPI Jepang, saya ga bakal tertarik untuk datang, dan seandainya saya ga datang saya ga akan berkesempatan untuk bertemu para sineas tersohor di Indonesia itu. Ya ampun, bertemu mereka di Indonesia itu sangat kecil kemungkinannya, eh malah ketemu dengan mudah di negara orang. Haha..

Kesempatan berkunjung ke TIFF memang sangat seru. Saya sarankan nih buat temen2 yang ada di Tokyo atau sekitarnya untuk datang ke festival ini, yang diadakan tahunan di sekitar bulan September. Harga tiketnya jadi murah lho, hanya 1000yen!

Leave a Reply

