Shichi Go San di Jepang (七五三)

Assalamualaikum wr. Wb…

Selama hampir setahun di jepang saya sudah merasakan dan melewati banyak sekali hari – hari kebesaran di Jepang. Sampai sekarang, hari favorit saya adalah shichi go san, yang diperingati setiap tahun tgl 15 november.

Jadi shichi go san adalah hari dimana setiap anak perempuan berumur 3 dn 7, serta anak laki2 umur 5 didandani dengan kimono (biasanya) kemudian dibawa ke kuil untuk berdoa meminta umur panjang dan sebagainya.  Hari ini sebetulnya adalah perayaan untuk pertumbuhan sehatnya si anak.

image


Saya sudah tau mengenai shichi go san di komik-komik yang sering saya baca, dan soal hari ini juga pernah dibahas di kelas bahasa saya. karena saya suka anak anak jadi saya bakal seneng ngelihat mereka rame2 ke kuil pake kimono. Saya sangat penasaran ingin berkunjung ke kuil karena itu.

Akhirnya, tanggal 15 november tiba. Langsunglah saya mengajak tousan, teman saya yg anak taiwan utk menemani saya ke salah satu kuil terbesar dan paling terkenal di tokyo, meiji jingu, yang berlokasi di harajuku.

image

Gerbang Meiji Jingu, megah dan mengagumkan

Kami berangkat setelah kuliah dan sampai sana agak siang. Senangnya, saya bisa melihat banyak sekali anak kecil memakai kimono, sangaaat lucu. Tengok saja beberapa dari mereka:

image

image

image

image

image

image

image

Asalnya saya mau beli chitose ame atau permen panjang umur. Sebenarnya sih itu permen biasa yang panjang, bulat dan putih. Permen ini biasa dimakan anak2 setelah shichigosan dan hanya dimakan saat ini. Tapi harganya di kuil waktu itu agak mahal, sekitar 600 yen, dan saya ga nemu lainnya di supermarket, jadi ga jadi beli deh haha.

Overall, kunjungan saya pada waktu shichi go san adalah kunjungan saya yang paling menyenangkan ke kuil. Sepertinya bahkan hanya saya dari semua teman2 saya anak asing di rikkyo yang tertarik dengan shichigosan. Hihihi

Leave a Reply

