Sehari di Tottori (Part 2: Kampung Conan / Conan Town)

Assalamualaikum wr. wb…

tanpa banyak bicara saya akan melanjutkan postingan Tottori saya yang sempat tertunda.

saya sampai di stasiun Yonago tepat sesuai jadwal bus Willer, sekitar pukul 6 lewat. karena waktu kereta berikutnya masih agak lama, saya putuskan untuk melihat-lihat stasiun Yonago dulu sebelum masuk ke dalam platform.

Welcome to Yonago Station!
Welcome to Yonago Station!

di toko oleh- oleh di Yonago, banyak souvenir didominasi oleh tokoh gegege no kitaro dan tentu saja, my all time favorite Detective Conan. selain itu, saya jadi tahu kalau oleh2 khas Tottori adalah buah pir. akhirnya saya beli oleh2 sus mini rasa pir 1 kotak seharga 1050yen buat oleh2 teman2 di Tokyo.

IMGP2013
oleh oleeeh

setelah beli oleh2 dan menjejalkan oleh2 yg agak besar itu ke dalam koper saya yang diinvasi tripod, saya pergi ke kippu uriba atau mesin penjual tiket, untuk membeli tiket kereta JR San In Line menuju destinasi pertama saya di Tottori, Yura station. terima kasih kepada rancangan perjalanan yang sudah saya susun sangat matang, saya jadi tahu saya akan menaiki kereta biasa saja, bukan kereta cepat, jadi saya beli tiket seharga 740yen untuk bisa sampai Yura.

IMGP2026
tiket

kemudian saya beranjak ke dalam platform. di kaisatsu atau mesin tiket, saya kaget karena ternyata di Yonago tiket bukan dimasukkan kedalam mesin layaknya di Tokyo, Saitama, atau Osaka. tiketnya diperiksa manual sama ekiin atau petugas stasiunnya! saking kagetnya saya malah jadi cengengesan sendiri haha.. setelah distempel, tiket dikembalikan ke saya, dan saya kemudian meluncur menuju sanbansen atau jalur 3.

pintu tiket dan peugas stasiun
pintu tiket dan peugas stasiun

di jalur 3, saya sempat menunggu kereta datang beberapa menit, sampai akhirnya saya sadar bahwa ternyata kereta telah datang sejak lama, hanya saja karena keretanya pendek cuma dua gerbong, jadi kereta tersebut tidak sampai ke tempat saya menunggu. sebagai orang yang biasa melihat kereta sampe 15 gerbong di Tokyo dan sekitarnya, saya bener2 kaget melihat kereta Tottori yang pendek. udah gitu pas saya masuk keretanya juga masih kosong, hanya ada beberapa anak sekolah. bagi saya ini lagi2 sangat aneh karena waktu itu adalah jam2 sibuk jadi kereta seharusnya rame luar binasa. cuma ya namanya Tottori, prefektur yang penduduknya paling sedikit se jepang.  akhirnya saya jadi cengengesan lagi, haha..

keliatan ga ujung keretanya?
keliatan ga ujung keretanya?

sekitar 53 menit setelahnya saya sampai di Yura station, yang terletak di Hokuei cho. kota Hokuei sangat tenang, dan hal yang paling menyenangkan dari kota ini adalah ornamen Conan tersebar dimana – mana. saya langsung merasa sangat terharu sampai ingin menangis.

Tangga dengan Conan
Tangga dengan Conan
IMGP2029
nibansen atau jalur 2 di yura station
Hiasan Plafon stasiun Yura
Hiasan Plafon stasiun Yura

btw, pembaca semua sudah tahu soal conan kan? kalau belum di google aja ya, hehe.

setelah menitipkan koper di tempat penitipan seberang stasiun (sehari seharga 200yen) dan memastikan jadwal kereta berikut sesuai dengan rancangan perjalanan saya (dan ternyata kereta itu adalah kereta conan!!!), saya pergi berkeliling kota untuk berfoto dengan semua patung conan yang tersebar dimana mana. dipandu dengan peta ini, saya berkeliling memburu patung2 itu.

00conandoridownload
Peta Persebaran Patung Conan

karena saya hanya punya waktu sekitar 3 jam sebelum naik kereta ke tujuan saya berikutnya, sementara musium conan sendiri belum buka, saya benar2 memanfaatkan waktu untuk berkeliling, dan syukurnya, saya bisa menemukan semua patung conan tersebut. salah satu patung yang paling sulit ditemukan adalah patung Ran dan Conan di depan SD Daiei, yang letaknya di belakang rel kereta. syukurnya, kemampuan membaca peta saya meningkat tajam jadi saya bisa menemukan patung itu dan kembali dengan selamat haha.. bener2 kerasa kaya cari harta karun.

IMGP2045
Conan dan Ran depan SD Daiei

setelah berfoto dengan patung ran dan conan itu saya menyusuri jalan menuju museum conan dan menghabiskan waktu terkagum kagum atas ornamen conan yang benar2 tersebar dimanamana. sepertinya kota kecil yang tenang ini memang sukses menjadikan detective conan sebagai simbol kota mereka. saya bahkan sampai motoin tutup lubang saluran air karena itupun dihiasi conan!

Kotak Pos bertuliskan 'Kota tempat kamu bisa bertemu Conan!!'
Kotak Pos bertuliskan ‘Datanglah bermain ke museum Gosho Aoyama. disini Kota tempat kamu bisa bertemu Conan!!’
IMGP2082
Tutup Lubang Saluran Air Hokueicho
Hiasan PInggiran Jalan Conan / conan dori
Hiasan PInggiran Jalan Conan / conan dori
Suasana Conan Street yang  nyaman dan tenang..
Suasana Conan Street yang nyaman dan tenang..
Conan Bashi/ Conan Bridge!!!
Conan Bashi/ Conan Bridge!!!
tempat permainan anak kecil bertemakan conan, sayangnya ngga buka pas saya kesana :)
tempat permainan anak kecil bertemakan conan, sayangnya ngga buka pas saya kesana😦

pagi itu suasana kota begitu tenang sampai saya benar2 merasa bebas berfoto dengan semuanya. mungkin karena waktu itu hari kamis, bukan weekend jadi kota serasa kosong. berikut adalah berbagai patung conan yang saya temukan,

Conan kecil depan Yura station
Conan kecil depan Yura station
Shinichi lagi menunggu Ran depan perpustakaan Hokuei
Shinichi lagi menunggu Ran depan perpustakaan Hokuei
Conan main skateboard di palang Conan bridge
Conan main skateboard di palang Conan bridge
Salah satu sudut jembatan conan
Salah satu sudut jembatan conan
duh shinichi dan ran lagi berduaan..
duh shinichi dan ran lagi berduaan..
shinichi buka pintu
shinichi buka pintu
sepertinya ini patung yang mencerminkan conan edisi pertama deeh.. bener ga ya? haha
sepertinya ini patung yang mencerminkan conan edisi pertama deeh.. bener ga ya? haha

tanpa terasa saya semakin dekat ke museum gosho aoyama.

sebentar lagi sampaii!
sebentar lagi sampaii!

akhirnya saya sampai juga ke Gosho Aoyama Manga FActory. didepannya ada berbagai macam hal menarik lho.

disudut ada patung kelompok detektif anak! :D
disudut ada patung kelompok detektif anak!😀
cie mejeng ama conan
cie mejeng ama conan
mobil agasa hakase atau prof agasa
mobil agasa hakase atau prof agasa

setelah puas berfoto dan waktu telah menunjukkan tepat pukul 9.30, saya masuk ke dalam museum. rupanya saya adalah pengunjung pertama hari itu. karena saya datang sendiri (ditemani tripod haha) petugas tiketnya sempat bertanya asal saya dan apakah saya menggemari conan. haha.. kalo sampe bela belain dateng kesana mah pasti penggemar dong ya.. museumnya sendiri nyaman dan menyenangkan, penuh berbagai macam hal tentang conan. senangnya lagi, saya bebas foto foto dimana saja. ini nih beberapa foto disana,

replika sepatu kewrennya conan
replika sepatu kewrennya conan
replika meja menulis Aoyama Gosho
replika meja menulis Aoyama Gosho

saya juga melihat peta persebaran conan di berbagai negara, termasuk Indonesia, lho! tampaknya mereka punya setidaknya satu copy semua buku conan dari berbagai negara. how sweet is that?

IMGP2128
Peta Conan
IMGP2127
Conan dari Indonesia

segala macam barang yang muncul di conan juga ada di display museum. seperti pita pengubah suara, dan skateboard bertenaga solar.

IMGP2138 IMGP2155

kemudian ada juga display beberapa trik yang muncul di conan, dan game2 yang bisa kita mainin, character wall, dan theater conan! pas banget pas saya datang teather itu menyala sekitar 5 menit. lucuuu..

teather conan
teather conan

setelah kurang lebih 30 menit berkeliling, saya cukup puas dan pergi ke toko souvenir yang berada dalam museum. banyak sekali barang2 conan disana, sampai saya juga akhirnya kalap dan beli beberapa barang lucu..

wooww
wooww

setelah itu saya jalan kembali ke stasiun untuk mengejar kereta berikutnya. senangnya, saya bisa naik conan densha atau kereta conan beneran lhooo!!

conan train
conan train

akhirnya selesailah perjalanan saya di kampung conan. bener2 tempat yang sangaaaaat menyenangkan! destinasi saya berikutnya adalah matsuzaki station, di Yurihama city, karena saya ingin berkunjung ke taman enchouen, taman bernuansa cina terbesar sejepang! penasaran?😛

11 thoughts on “Sehari di Tottori (Part 2: Kampung Conan / Conan Town)

  1. Thank you for your trip info, i really like it, i’m also detective conan big fan!!! I’m wondering thay I can go there one day.

  2. saya suka banget sama conan, akhir april ini saya juga berencana pergi ke sana, btw ada jaket conan to bajunya gax mba? pengen banget. . .

  3. Kyaaaa,,sugoi ^_^ pengenn ke sana,,harus nabung yg banyakk supaya bisa beli mechandise conan yg buuuaanyyaakk (y) ehh tpi nda ada travel kesana😦😥

  4. Hai mba..makasih utk blog nya ya…🙂 sangat membantu.
    Oiya mba mau tanya dong di Conan Town waktu itu berapa lama ya? Jauh2 ga jalannya? Kalau 2 jam kira2 cukup ga ya di sana?

    terima kasih

    1. saya 3 jam disana, 2 jam juga cukup kok soalnya musiumnya ga begitu besar, 30 menit keliling2 selesai. kotanya juga kecil. cuma hati2 jadwal kereta cuma sejam sekali, jangan sampai kelewatan

Leave a Reply

