sedikit curhatan si mahasiswa asing yang akan pulang

Assalamualaikum wr. wb…

tak terasa sudah tanggal 12 mei 2013, yang berarti dalam waktu kira2 2,5 bulan lagi saya akan meninggalkan jepang dan pulang ke tanah air, tepatnya ke rumah di bandung.

perasaan saya akhir2 ini ketika tanggal kepulangan makin dekat sebetulnya agak campur aduk. di satu sisi, saya sangat kangen rumah dan keluarga saya. saya kangen main bareng teman2 saya. saya kangen banget bisa jajan sembarangan. intinya saya sangat kangen semua hal soal Indonesia. tapi di satu sisi, saya ingin bisa menetap sedikit lebih lama. saya nyaman dengan keteraturannya jepang, kamar asrama saya, teman2 yang unik2, kerja sambilan yang menyenangkan, dan uda yang sangat baik hati. karena itulah sebetulnya perasaan saya sangatlah galau.

saat pertama kali melihat tokyo sky tree

saat pertama kali melihat tokyo sky tree

dulu saya selalu mengira, hidup di luar negeri, belajar di negeri orang pastilah enak dan begitu berada disana kita pasti tidak akan ingin pulang. kerjaan jalan2 terus, bisa jadi kaya pula. well, ternyata itu tidak sepenuhnya benar. memang tidak saya pungkiri, hidup di luar negeri, khususnya di negara maju seperti jepang ini, sangat enak. segalanya sangat teratur dan membuat kita pun jadi teratur. akan tetapi, menjadi pelajar penerima beasiswa disini itu sebenarnya lebih dari sekedar menikmati kebudayaan jepang dan jalan2 kemana saja. disini, para pelajar mesti berjuang di kampus atau sekolahnya masing2 untuk bisa mengikuti ritme belajar para mahasiswa jepang yang rajin. agar bisa mendapat nilai bagus, belajarnya juga mesti lebih giat. tidak bisa lagi saya memakai sistem sks seperti yg saya lakukan waktu masih di bandung. kini, setiap pulang kampus kerjaan saya pasti selalu nangkring dulu di perpus sampe perpus tutup jam setengah 11 untuk ngerjain tugas atau belajar. dan ini bukan cuma saya, tapi semua teman2 saya yang lain. ini juga masih mending nih, saya bukan anak sains yang kerjaannya di lab. saya tau tuh temen2 saya dari sains yang kerjaannya saban hari di lab terus.

jadi yah, dibalik semua foto penuh senyum yang di upload di facebook atau di share di instagram, ada sebuah perjuangan mati2an disana. makanya saya jadi salut sama semua teman2 saya di PPI Jepang atau di RAdio PPI Dunia, karena saya tahu betapa besarnya perjuangan mereka semua untuk bisa sampai di tempatnya sekarang, dan bisa bertahan.

saya pribadi, sudah pernah merasa menyerah dan ingin pulang. malah sebetulnya saya dulu pernah punya pikiran gila, yaitu pulang setelah semester satu berakhir. bagi saya, hidup saya disini betul2 bikin capek dan insecure. yah bayangin aja, udah sibuk kuliah dan kerja di kampus, weekend masih kerja pula. mana saya kerjanya suka  ga becus jadi selalu kena omel. ditambah lagi waktu itu uang tabungan saya hampir habis dan saya sendirian, jauh dari orang tua, jadi hidup seakan menambah sulit. rasanya bawaan saya jadi sedih dan uring2an mulu waktu itu. hampir saya menyerah. tapi ketika saya ingin menyerah, ada sebagian kecil perasaan saya yang menyuruh saya bertahan sedikit lagi saja. menyuruh saya menikmati saja semua lelah yang saya rasakan, menyuruh saya yakin bahwa akan ada manis di belakangnya. dan begitulah, saya tetap bertahan. sampai sekarang.

selama saya menjalani masa belajar disini, sudah banyak sekali hal yang terjadi, baik suka maupun duka. banyak sekali hal yang telah saya pelajari, yang membuat saya merasa lebih kuat dari sebelumnya. tanpa terasa, saya jadi menikmati semua yang terjadi pada saya. saya menikmati semua tugas yang bikin saya jumpalitan mengerjakannya, semua masalah dan teguran di kerja sambilan, rasa capek sehabis pulang kerja, semua. saya bersyukur dan menikmati semuanya. dan Alhamdulillah, Alloh dengan sangat dermawan selalu melimpahkan rejeki pada saya dalam bentuk apapun. ntah dalam bentuk materi, atau dalam bentuk sedikit waktu2 luang yang bisa saya pakai jalan2 cantik, teman2 pengertian yang baik hati, serta kekasih yang penuh sayang hehe.

sebentar lagi, saya akan pulang dan kembali ke kehidupan lama saya di Bandung. rasanya saya galau, dan keinginan pulang saya tidak lagi sekuat dulu. akan tetapi, saya bertekad untuk menjalani sisa waktu yang saya punya disini sebaik2nya. it has been a wonderful experience for me, and i seriously won’t regret anything.

saya dan uda, baru2 ini :D

saya dan uda, baru2 ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s