punya hape di jepang

Assalamualaikum wr. wb…

akhirnya setelah sebulan lebih saya tinggal di Jepang, saya memutuskan untuk membeli hape atau handphone atau hp atau mobile phone atau cellphone. awalnya sih saya rencananya mau pakai hape senpai saya yang memang telah diturunkan beberapa generasi, tapi setelah pertimbangan ini dan itu saya putuskan untuk membeli hape saya sendiri.

DSC03733

mungkin ada yang bertanya kenapa saya mesti beli hape segala, biar saya jelaskan. jadi begini, di Jepang dan di Korea Selatan itu sistemnya beda dengan kebanyakan negara di dunia. seingat saya, kedua negara ini menggunakan jaringan yang berbeda, jadi bukan GSM atau CDMA seperti biasa. oleh karena itu, hape yang ada di negara lain tidak bisa digunakan disini. kalaupun bisa, biasanya hape2 asing itu cuma bisa dipakai mengontak orang di negara asal, tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi disini. untuk itulah makanya setiap masuk ke jepang, kita mesti beli hape asli sini.

kenapa saya baru beli hape setelah sebulan disini? itu karena awalnya saya tidak berencana membeli, seperti yang tadi saya bilang. awalnya saya akan menggunakan hape senpai saya itu. tapi setelah saya pikir2 akhirnya saya membeli hape saya yang ini.

sekedar informasi, membeli hape di jepang itu tidak seperti membeli hape di Indonesia. di Jepang, pembelian hape itu sangat ribet.  biar saya ceritakan dari awal.

ada 3 perusahaan provider di Jepang, Softbank, AU, dan Docomo NTT. sekarang juga sudah ada yang baru namanya willcom kalo ga salah. nah perusahaan2 ini adalah penyedia jasa layanan telekomunikasi juga penyedia hape. jadi disini, kalo kamu mau beli hape, berarti beli nomor. sistemnya bukan sekadar ganti sim card, tapi ganti hape. begitchu.

karena softbank adalah layanan yang paling banyak dipake sama temen2 saya disini, jadi saya pake softbank juga biar murah. untuk softbank, ada dua macam kontrak kalo mau beli hape, yaitu prepaid plan dan normal contract.

untuk normal contract, kita disini beli hape terus kita harus cicil bayarnya selama 2 tahun. kalau misalnya belum dua tahun tapi harus balik ke Indonesia, bagaimana? nah itu kita kena penalty. untuk pulsanya

untuk prepaid, ini sepertinya adalah ponsel khusus orang asing karena memang plannya sangatlah pas buat orang asing. jadi ponsel ini ga pakai cicilan, kita cukup bayar sekian ribu di awal,  lalu bayar pulsanya per dua bulan minimal 3000 yen (untuk perpanjang masa aktif).

bagaimana kelebihan dan kekurangannya?

untuk normal contract, kelebihannya adalah hapenya cuma berbagai macam jenis, tidak seperti prepaid yang hapenya jenisnya terbatas dan fungsinya juga tidak banyak. untuk normal contract pun kita dapat gratis nelpon sesama softbank selama beberapa jam tertentu jadi kalo mau nelpon asik banget.

kelebihannya prepaid, hapenya murah banget. untuk awal kita cuma perlu bayar sekitar 6 ribu yen sudah termasuk 3rb pulsa untuk dua bulan pertama. emang nelponnya jadi bayar ga kaya normal contract yang gratis sesama softbank, tapi kalau misalnya ga terlalu sering nelpon mah mending pake yang ini.

atas dasar alasan itulah saya membeli yang prepaid. tadi tuh saya belinya, sendirian di bic camera ikebukuro, deket kampus saya. sebenarnya saya udah ngincer dari lama, dan udah beberapa kali tanya2 juga, tapi karena bahasa jepang saya masih level anak playgroup jadi saya takut salah mengerti sama apa yang dijelasin abang2 penjaga tokonya.

proses pembelian hape tadi untungnya berjalan lancar, meskipun memakan waktu rada lama dan menguras pikiran karena saya harus memutar otak mengatakan apa yang saya inginkan dalam bahasa jepang. lumayan tuh masalah ini bikin saya emosi, soalnya di toko segede itu ga ada satupun pegawai yang bisa bahasa inggris. minta ditimpuk banget ga sih, ngakunya aja ini sih toko gede. dasar khas jepang –_-

udah gitu hal lain yang agak bikin kesel pas tadi beli hape adalah kenyataan bahwa hapenya dijual tanpa chargernya. iya betul, tanpa chargernya. jadi charger sama hape dijual terpisah.

lucu ga sih? yang begini cuma ada di jepang.

saya udah diingetin sih sebelumnya ama temen kalo pas beli hape prepaid itu charger itu dijual terpisah. saya ga nyangka hal ini beneran sampe tadi pas lagi di kasir, saya nanya begini ‘eh, saya juga mau chargernya.’

terus  penjaga tokonya bilang ‘oh, mau beli chargernya juga?’

dalam hati eke bilang ‘YA MENURUT LO?’ masa iya beli hape kaga pake charger. terus ntar kalo batrenya habis diapain tu hape? digoreng terus dibumbu kecap?

bikin emosi abis pokonya dah.

intinya sih kalau mau beli hape disini, dipertimbangkan dulu kelebihan dan keburukannya. saya sih milih prepaid karena ga mau ribet sama urusan perbankan, soalnya untuk normal contract itu pasca bayar jadi nanti tiap bulan tabungan kita di debet sesuai pemakaian kita. sementara kalau prepaid tinggal beli pulsa doang jadi lebih simple.

pertimbangkan juga soal kebutuhan. teh ulan dan nurul sama2 beli iphone yang normal contract karena mereka suka internetan pake smartphone. kalau iphone, disini lebih murah karena bayar sekian ribu perbulan tapi bisa internetan sepuasnya, tapi nanti sebelum pulang kita harus bayar denda karena belum sampai dua tahun. di jepang iphone itu banyak banget yang pakai, soalnya ini adalah smartphone yang termurah disini haha.. jadi inget fenomena bb di indonesia. saya sih ga beli iphone, pertama karena masalah dana, kedua karena ga ngerti cara pakenya, ketiga karena saya takut ntar pas balik ke indonesia itu iphone ga bisa dipake lagi. lagipula saya juga dari awal ga berniat pakai hape yang fancy2 disini, soalnya toh saya cuma setahun disini. ntar kalo di Indonesia baru mau beli yang rada oke haha..

sebetulnya hape jepang itu bisa sih dipake di Indonesia cuma harus di unlock gitu, dan saya masih bingung caranya.  akan saya pikirkan nanti kalau sudah balik ke Indonesia.

eniwei, sekian dulu postingan saya. maaf kalo kurang jelas, silakan cek info seterusnya di web softbank yang tersedia juga dalam bahasa inggris.

okay selamat malam dan salam gaul dari kabupaten saitama Open-mouthed smile

Advertisements

6 thoughts on “punya hape di jepang

  1. Saya sudah 3 bulan masih pake hp indonesia, cuma mahal buat sms-an… btw, punya info iphone 4/4s yg murah di tokyo? dan cara unlocknya dimana… trims

  2. Hi slam knal farah..
    Q jg dpt exchange k’jepang ni.. Lg bngung bwt preparationx ni.. Bleh share lbih bnyak? Ni email q (deden.permadi10@yahoo.co.id) ato fb q deden dwi permadi..pleasee 🙂

  3. ,senang bisa berbagi info ke anak2 indonesia yg sedang berjuang disini..kebetulan saya sdh 1,5 thun disini bg kenshusei..mari kita bertukar informasi..salam kenal

  4. Ass.saya juga baru pulang di jepang pertengahan bulan februari tahun 2014 ini kebetulan beli HP juga tapi ternyata g bisa dipakai di indonesia,katanya harus di Unlock dulu,,,,tapi sampai sekrang belum ada yang bisa???punya solusi gggg????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s