nomishukudai (?)

Assalamualaikum wr. wb…

di postingan beberapa waktu lalu saya pernah membahas soal keterkejutan saya saat menghadapi situasi dimana semua teman saya minum alkohol dan saya jadi minoritas yang tidak minum. sudah sebulan disini, saya kadang masih suka geli sendiri saat melihat teman2 yang minum haha..

sebagai seorang muslim, saya memang tidak boleh minum alkohol. saya rasa semua orang Indonesia tahu itu, meski ada aja sih yang suka minum. cuma disini, ga jarang teman2 saya terkejut saat saya bilang saya tidak boleh minum karena agama saya melarang itu. tapi asyiknya, teman2 saya pengertian sama situasi saya dan ga pernah memaksa saya untuk ikutan minum bir.

biarpun jelas2 ga minum bir, kadang2 (bahkan sering) saya diundang untuk ikutan nomikai / nomihodai, yaitu pesta minum2. dan saya jarang banget ikut, karena harus bayar mahal buat all you can drink (dan rugi karena saya ga minum). satu2nya nomikai party yang pernah saya ikuti selama disini adalah pesta malem minggu kemarin. jadi di kantin asrama saya ada beberapa orang ngumpul untuk minum2 gitu. asalnya mau minum2 di deket sungai, cuma karena hujan jadinya pestanya dipindah ke kantin. minumnya ga mesti bir, kalo yang ga minum juga boleh bawa minum sendiri. dan saya bawa green tea haha.

saya ikut bareng stefi, temen deket saya anak filipina. doi bisa minum, tapi ga suka terlalu banyak jadinya dia jarang minum. sebelum acara dimulai, saya dan stefi karokean berdua (karena kami berdua sama2 males ikutan nomikai tapi kami ga bisa ga ikutan karena acaranya di kantin asrama sendiri). setelah karokean, kami kembali ke asrama dan melihat di kantin sudah berkumpul beberapa orang yang lagi minum2.

saya lalu mengusulkan sama stefi untuk mengerjakan peer aja di deket mereka, jadi kita tetep ikut tapi ga ikutan minum. taunya stefi setuju. dan jadilah saya dan stefi ngerjain peer, malam minggu, di sebelah orang2 yang lagi minum2.

hahahahaha…

terang temen2 saya terkesima melihat betapa rajinnya kami. kami berdua sih beralasan karena peer banyak, padahal sebenarnya peer2 itu ga ada yang mesti dikumpulin senin. kami cuma males ngikut yang ga jelas, tapi biar tetep gabung jadi makanya ngerjain peer disitu. teman2 saya sih akhirnya mengerti, dan beberapa malah nyamperin kami lalu bantu mengerjakan peer. kocak kan hahaha..

inti dari postingan saya kali ini adalah, untuk bisa masuk ke pergaulan ga mesti ngikut yang ga ga. liat aja saya nih, cuek aja ngikut pesta minum alkohol sambil ngerjain peer terus minum green tea. ga masalah lho, karena berteman dengan teman2 dari berbagai negara berarti berteman dengan orang2 yang berpikiran luas dan terbuka dengan perbedaan, jadi jangan khawatir menjadi berbeda. yang terpenting adalah kita ga menutup diri dan membuka pergaulan seluas2nya.

2 thoughts on “nomishukudai (?)

  1. artinya boleh dong ya gak ikut acara nomikai meskipun kita diundang. terus mbak, gimana caranya nolak yg sopan biar yg undang gak tersinggung?

Leave a Reply

