hari pertama kuliah!

Assalamualaikum wr. wb…

hello teman2! hari ini adalah hari pertama saya kuliah di Rikkyo University. kelas saya senin ini hanya satu, yaitu kelas j-2 writing dan reading. dan karena saya kelasnya j-2, jadi saya harus masuk kelas setiap pagi jam 9.

btw sekedar info, kelas yang saya ambil jadinya 7 kelas, dan hanya 1 kelas yang bahasa pengantarnya bahasa inggris, sisanya bahasa jepang. gile.. berasa udah level monas yak bahasa jepangnya? jangan ketepu! haha.. itu sisa 6 kelas, 5 kelas adalah kelas j-2 yaitu kelas intensif bahasa jepang, sementara satu kelas lagi adalah kelas tentang anime dan lagu jepang yang diantarkan pakai bahasa jepang level j-2. (iya bener, disini saya belajar tentang anime dan lagu jepang hahaha) kemudian, kelas yang berbahasa inggris adalah kelas japanese culture. jadi ya sebenarnya kuliah saya semester ini adalah full mengenai jepang, kaga ada bisnis-bisnisnya, apalagi hukumnya.

tadi saya udah masuk tuh kelas pertama. sekelas cuma 6 orang, udah gitu full pake bahasa jepang. seru banget karena kita jadi tertantang selalu menggunakan bahasa jepang. selain itu, yang amat saya kagumi dari universitas saya ini, Rikkyo, adalah metode pengajaran bahasa jepangnya yang intensif banget. bayangin, tiap hari dikasi peer dan list vocab baru yang harus diapal dong. abis itu tiap minggu ada tes kanji. teman saya ceritanya katanya dia disini dari N3 hanya dalam semester langsung jadi N1. wah saya jadi pengen nih, mudah2an dalam setahun saya juga bisa jadi N1.. amin.

eh pada tau ga N N ini maksudnya apa? jadi begini, jepang itu punya semacam tes toeflnya, namanya JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau Noryokushiken (biasanya anak Indonesia menyingkatnya jadi Noken). ada lima level, yang terbawah adalah N5, dan yang tertinggi adalah N1. setiap level punya kategorinya masing2, makin tinggi makin hebat deh pokonya. yang udah lulus N1 biasanya yang udah bertahun belajar bahasa jepang atau yg pernah tinggal di Jepang. biasanya, noken ini jadi syarat beasiswa ke Jepang atau bila mau bekerja di beberapa perusahaan jepang / kedutaan jepang.

saya sih belum pernah ikut Noken (di Bandung biasanya diadakan di Widyatama 2 kali setahun, dan harganya berkisar dr 70-100rban), tapi saya pernah ikut tes sejenis yang diselenggarakan BLCI, yaitu Nihongo Ability Test, dan saya lulus level 5. sertifikat itu (beserta toefl), saya bawa kesini, cuma memang kurang berguna karena yg diakui adalah Noken. pengen sih ikut noken, tapi rencananya saya mau ikut ntar pas udah balik ke Indonesia. abis disini mahal, bisa sampai 4rb yen. hehe..

balik ke cerita kelas pertama, tadi di kelas asyik deh. cuma berenam, dan dari beda2 negara, jadi bisa denger pronounciation jepang orang yang berbeda2. cuma temen2 saya itu rata2 udah pada pinter conversationnya, ga tau kenapa saya kok biasa aja *sigh*. tapi saya mau berjuang! hoho

yang lebih keren lagi itu tadi di kelas kami dikasi banyak banget buku dan kertas soal yang harus dipelajari. giling dah, intensif banget. begini ya ternyata rasanya kuliah di negara seperti jepang. ketat banget semuanya.. tapi ya kalo begini terus intensifnya pasti bisa bener2 nguasain bahasa jepang nih. amiin aminn..

ya sudah, besok saya kuliah hari kedua. doain ya semoga semua lancar..

Leave a Reply

