beberapa hari ke belakang

Assalamualaikum wr. wb..

DSC03095

jadi beberapa hari terakhir saya akhirnya disibukkan dengan urusan perkuliahan. sebetulnya sih masih masa orientasi, tapi ya sudah mulai harus ngurus mata kuliah apa aja yang diambil. sekedar informasi, di jepang, untuk bisa mempertahankan status student visa, kita harus berada minimal 10 jam seminggu di kampus. dengan kata lain, mengambil 7 kelas.

saya sempat mau ambil banyak kelas. tapi karena saya sedang cari kerja sambilan, jadi saya fokuskan untuk mengikuti kelas2 pagi aja agar siang sampai malam bisa cari uang. nah, kebetulan banget, setelah kemaren placement test jepang di Rikkyo, saya dapat J2 (levelnya J0-J8), yang berarti kelas bahasa jepang saya ada lima hari seminggu, dari jam 9-10.30. sisa dua kelas lagi saya ambil english communication dan world culture studies through english, yang jamnya dari 10.30 sampe 12an. jadwalnya udah cuco abis deh. semoga itu aplikasi saya diterima jadi sisa waktu bisa betul2 saya manfaatkan mengais rezeki.

tadi saya sempat galau sih pas orientasi, mau ambil kelas apa. setelah bertanya sana sini dan menimbang kanan kiri akhirnya saya putuskan ambil dua kelas bahasa inggris, sisanya kelas j2. saya ga jadi ambil kelas bisnis karena jadwalnya menjengkelkan, siang2 semua. lagipula, saya masih punya semester depan untuk memenuhi transkrip dengan kuliah2 bisnis itu, jadi ya sudahlah hehe. untungnya kuliah saya disini tidak ditransfer transkripnya ke kampus, jadi saya bebas mau ambil apa aja.

lalu, saya juga sedang membiasakan diri dengan teman2 baru. yah, setelah 20 tahun lahir dan besar di negara sendiri, baru kali ini saya belajar di luar negeri, dengan teman2 baru dan kehidupan yang sama sekali berbeda. biasa jadi mayoritas, sekarang minoritas. biasa ngomong pake bahasa indonesia, sekarang kalo ga pake jepang ya inggris. biasa punya temen yang hang out nya paling gaul ke pvj, sekarang ke bar semua hahaha. ini fakta terakhir sih yang paling lucu.

bukannya saya antipati sama yang suka minum2 ya, oh ga kok. semua orang punya hak masing2 menghabiskan hidupnya. cuma baru kali ini aja saya ngerasain menjadi minoritas yang ga minum. kadang saya suka masih geli aja ngeliat timeline facebook terus ada yang lagi mau ngadain drinking party di bar mana gitu. asa shock aja karena baru kali ini ngerasain yang namanya berdekatan dengan kehidupan malam seperti itu.

baru2 ini, saya juga diundang tuh ke welcome party buat mahasiswa baru, yang isinya nomihodai (minum2) dan banyak makanan. saya tentu saja ga pergi. bukan hanya karena nomihodai, tapi juga karena harganya bok. 3000yen sekali dateng. buset. itu kalo dipake ongkos kereta udah bisa sampe osaka meren.*otak pelit berpikir*

tapi ternyata bukan saya aja yang pergi, banyak teman saya juga tidak pergi karena mereka semua setuju bahwa 3000yen itu mahal. kyahaha.. baru kali ini nih senasib sama anak amerika.

DSC03525

eniwei, selain saya yang membiasakan diri dengan teman2 baru, mereka juga sepertinya membiasakan diri punya teman seperti saya yang tiap hari pakai pakai pakaian tertutup dan kepala yang dililit kain. kemaren adik saya raffi, nanya soal kehidupan saya, apakah teman2 saya memperlakukan saya dengan baik atau tidak. sepertinya dia khawatir dengan saya, karena dia tahu beberapa orang luar negeri bisa sangat rasis terhadap muslim. tapi alhamdulillah, saya disini baik2 saja. teman2 saya semuanya oke2, sejauh ini tidak ada yang rasis sampai betul2 menjauhi saya hanya karena kerudung yang saya pakai.

meski tidak ada yang rasis, tapi banyak banget sih yang bertanya, apa alasan saya pakai kerudung, sampai kapan pakai kerudung, apakah akan dibuka atau tidak, dan boleh ga pakai rok mini haha. kalo udah ada yang nanya gitu, saya langsung berusaha menjelaskan dengan bahasa ringan dan senyum lebar agar mereka tahu kalau saya berpakaian seperti ini atas kesadaran hati saya sendiri untuk patuh pada Tuhan dan Agama yang saya yakini. banyak juga yang menatap saya dengan pandangan kasihan, karena menganggap saya kepanasan menggunakan kerudung di musim panas terik seperti ini. seperti contohnya salah satu teman amerika saya, sebutlah B. alkisah tadi siang kami lagi duduk bareng2 di mckim hall menunggu orientasi mulai.

B: ‘does every Indonesian wear those?’katanya sambil memperagakan kain di kepala.

saya ( s): ‘No, actually. since I’m a muslim, I wear this. it’s actually a mandatory for muslim women to wear this, but not everyone want to.’

B: ‘really? is it really mandatory?’

s: ‘it is. but some people just don’t want to.’

B: ‘what do you feel wearing that? it must be really hot, right?’

s:  ‘well, no actually. it’s kinda useful for me. I think the scarf will protect my head from the sun.’

B: ‘it seems really hot to me, wearing that.’

s: ‘it’s fine, you know. I’m accustomed to.’ saya tertawa. ‘I tend to see the positive side only.’ lanjut saya sambil senyum lebar, meyakinkan kalau saya tidak kepanasan hehe.

sebenarnya jepang memang panas, lagi musim panas begini apalagi, tapi sejauh ini panasnya ga jauh beda sama jakarta. malah panasnya jakarta lebih ngeselin, ditambah macet serta polusi. kalau disini mah panasnya masih bisa ditolerir, jadi makanya saya selow2 aja. ada tuh beberapa teman yang belingsatan gara2 panasnya jepang, karena mereka berasal dari negara2 eropa yang suhu paling panasnya 25 derajat celcius zzzzzz… kesian yak mereka. harusnya mereka pake kerudung kaya saya hahahaha… *ngasal*

eniwei, bagi yang di luar sana bertanya2 apakah saya disini diperlakukan rasis, saya tekankan lagi, jawabannya tidak. alhamdulillah, teman2 saya baik hati semua. ga ada yang menghina dina saya karena jilbab dan islam. biar saya ga minum dan ga makan babi, mereka sangat sangat mengerti. mereka bahkan maklum kalau saya ga pergi2 dan tiap hari bawa bekel karena penghematan. beberapa teman bahkan sudah mulai mengingatkan jadwal shalat saya.

saya sih berprinsip, asal saya jangan menjauh dan tetap menunjukkan citra perempuan Islam cantik jelita asal Indonesia yang baik hati *siap2 ditimpuk* pasti saya ga akan dijauhi. hohoho.. semoga saya bisa terus berteman dengan mereka deh..

Leave a Reply

