asakusa’s tera

Assalamualaikum wr. wb..

beberapa hari yang lalu, saya pergi ke asakusa bareng teman2 saya. ini adalah event salah satu club di Rikkyo, Join Us yang memang ingin saya masuki. asakusa sangat berkesan, karena sky tree nya, tapi yang lebih oke bagi saya adalah adanya tera atau kuil budha di jepang.

DSC03467

sebagai orang yang hapal jepang karena baca komik, melihat tera disini itu seperti melihat komik jadi nyata.

di tera ini, saya bisa lihat omikuji, atau ramalan khas jepang.

DSC03476

ramalan ini unik. jadi kita kocok boxnya, lalu akan keluar sebatang kayu berisi nomor kotak yang harus kita ambil kertasnya,

DSC03473

DSC03478

dari kertas tersebut akan terlihat peruntungan kita, baik, buruk, atau setengah2nya.

DSC03479

kalau peruntungannya baik, kertas kita simpan. kalau ternyata jelek, kertas lebih baik di ikat disini agar tidak terjadi hal2 menjengkelkan.

DSC03475

begitulah. bagaimana peruntungan saya? tentu saja.. saya tidak ikut ramalan tersebut. alasannya, karena mesti bayar 100 yen dan saya agak2 alergi sama yang mengeluarkan uang kyahahaha.. *otak pelit*

selain itu ada semacam tempat berasap gitu yang asapnya dipercaya membawa keberuntungan. rame banget deh orang ngumpul disitu.

DSC03481

apakah saya ngikut mengasapkan diri? oh tentu saja… tidak. dari jauh aja saya batuk2 apalagi dari deket hehe..

semakin masuk ke dalam kuil, saya ketemu kotak gitu, tempat orang2 memasukkan uang sebelum berdoa.

DSC03493

kotak ini dijaga sama satpam gitu. mungkin takut ada yang iseng ngedobrak kali ya..

tak jauh dari situ, saya melihat ini..

DSC03513

ini adalah papan2 berisi permohonan banyak orang yang dipajang dekat kuil. melihat ini saya seperti melihat komiknya Emura menjadi nyata. saya terharu banget serius.

lalu ada kakigori, es serut yang cuma ada di festival2 musim panas. saya sempat beli tuh, harga 200yen.

DSC03506

rada mahal sih, tapi karena adanya jarang2, saya bela2in deh. abis saya pengen juga ngerasain kaya tokoh2 komik yang saya baca. hha..

kemudian saya melihat ada tempat penyucian gitu. DSC03523

sempat disuruh cuci2 sama yewon, tapi karena saya ogah berbasah2an akhirnya malah foto2 aja.

DSC03524

pas ibu saya liat foto2 ini, beliau bilang ‘ngapain kamu foto2 deket orang cuci piring?’ duh ya kali mak –_-

lalu saya juga sempat melihat semacam upacara yang saya asumsikan adalah upacara pernikahan orang jepang.

DSC03521

selain itu, saya juga melihat ada biksu yang menenteng ipad. biksu gaul..

DSC03509

beberapa saat kemudian, saat saya berjalan2 di shopping area depan tera, saya bertemu dengan mbak2 berpakaian yukata. dengan norak, saya langsung minta foto bareng XD

DSC03544

yukata adalah pakaian tradisional wanita jepang untuk musim panas. laki2 juga punya yukata beda versi. beda dengan kimono, yang lebih berat dan lebih ribet menggunakannya. sekarang2 sih sudah jarang orang pakai yukata dan kimono, saya saja baru lihat kemaren disana.

intinya, jalan2 kemaren super seru karena saya bisa lihat hal2 yang selama ini cuma bisa saya bayangin di komik. insya Alloh lain kali saya akan pergi ke banyak tempat dan betul2 mengeksplor jepang.

Advertisements

One thought on “asakusa’s tera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s