orientasi hari kedua

Assalamualaikum wr. wb…

jadi teman2, hari ini adalah orientasi hari kedua. orientasinya tuh buat penghuni asrama aja sih sebetulnya, jam 10. tau saya bangun jam berapa kali ini?

setengah 10.

kriuk.

bisa ditebak, saya telat LAGI untuk orientasi hari kedua. ini amat sangat memalukan. kalau cuma sekali sih bisa ditolerir, tapi ini dua kali coba. ya ampun.

setelah melewati perjalanan panjang dari asrama ke kampus, akhirnya saya sampai disana dan telat 20 menit. jelas, orientasi udah mulai. dan saya ga berani masuk karena udah telat banget, jadi saya akhirnya mondar – mandir di depan kelas, sampai jam 11 kurang 10 Yoshida san keluar kelas nyamperin saya.

duh malu pisan euy. mudah2an besok ga telat lagi huhuhu.

pas disuruh masuk gitu saya duduk di sebelah anak cina, namanya sujie. sujie bahasa jepangnya udah jago abis, N1. asik ngobrol sama dia. untung doi pengertian sama bahasa jepang saya yang rada2 membingungkan.

abis orientasi diajakin sujie ke shokudo. awalnya saya ga mau makan, tapi karena udah laper banget (ga sempet sarapan pula) akhirnya saya ikutan makan. setelah nanya2 sama sujie mana yang ga pake babi, akhirnya saya makan oyakodon sama miso sup seharga 360 yen. huft. rada nyesek tapi ya sudahlah, daripada sakit.

untungnya oyakodonnya enak dan banyak banget. oyakodon itu daging ayam sama telur gituh pake nasi. enak cuma ga pedeeees.. terus miso supnya rasanya jepang abis.. saya kurang begitu suka. tapi kata sujie bagus buat badan akhirnya saya makan juga. lumayan mewah juga makan siang kali ini. tapi ga boleh sering2, besok2 saya harus bawa bento! huhu..

beres makan saya mau shalat sama the ulan yang ketemu di shokudo. terus si sujie nanya2 gitu shalat pake apa, berapa kali. pas dijelasin, eh doi mau ikut katanya, mau foto2 kita lagi shalat.

sumpah aku disini berasa artis banget ya.. haha..

kita shalat di tempat kemaren, untungnya masih sepi dan enak suasananya. beres shalat, ke bawah untuk nunggu jam interview placement test kelas jepang, terus kenalan sama usama, orang prancis yang juga islam. pas tau dia islam juga saya seneng banget haha, berarti lumayan banyak yang islam ada 4 orang. abis itu saya ngobrol2 sama anak2 cina, terus anak2 amerika. bilingual gitu. pas ngobrol sama anak cina pake bahasa jepang, pas ngobrol sama anak amerika pake bahasa inggris. lieur haha.

saat anak2 cina liat saya ngomong pake bahasa inggris, mereka nanya, apakah indonesia itu bahasa utamanya bahasa inggris. saya jawab aja ngga, inggris mah bahasa asing di Indonesia. terus mereka kagum gitu sama bahasa inggris saya dan teh ulan… haha.. padahal mah saya kan biasa aja. mungkin mereka ga biasa ngeliat muka asia bisa bahasa inggris. saya jelasin aja kalo di indonesia emang hampir semua orang belajar bahasa inggris, jadi terbiasa. mereka juga saya puji karena bahasa jepangnya pada pinter. sepertinya mereka memang bahasa asingnya itu jepang deh.

terus saya juga sempat belajar tuh sedikit2 bahasa cina. misalnya selamat pagi, selamat siang. mereka juga minta diajarin bahasa indonesia. asyiklah jadi banyak belajar..

beberapa menit kemudian, test interview dimulai. saya dapat giliran awal gitu. sebentar sih interviewnya, lumayan lancar tapi ada juga beberapa kotoba yang saya bisa. gatau deh hasilnya, mudah2an baik2 saja.

beres interview, saya mau pulang gitu terus ketemu brad dan matthew, anak2 amerika. mereka ngajak bareng ke stasiun, katanya pada mau ke shibuya. sebelum keluar kampus sempet ketemu anak2 asrama shiki, bule2 dari prancis, amerika, inggris, australia, bahkan polandia! langsung inget si ayu haha. biar bule gitu rata2 bahasa jepangnya udah rada oke sih. cuma mereka ngobrol tetep seringnya pake bahasa inggris. saya salamin tuh mereka satu2, sambil ngenalin diri. terus pas ngobrol sama orang australia, saya ditanya berasal dari mana. saya bilang ‘indonesia! kita tetangga tau..’ sok kenal abes hahaha. tapi dia setuju sih. terus dia juga bilang bahasa inggris saya bagus. yah alhamdulillah deh, jadi bisa punya kesan disini orang Indonesia bahasa inggrisnya bagus hehe.

pas jalan bareng brad dan matt ke stasiun kami ngobrol2 soal banyak hal. ternyata mereka setuju juga kalo disini barang2 mahal, lebih mahal daripada di amerika. makan juga. haha.. ternyata anak Indonesia dan anak amerika bisa senasib sepenanggungan gini. kocak. cuma ada sih di asrama saya anak amerika, yang sama sekali ga mau ambil kelas belajar bahasa jepang. saya cuma bisa bilang gile ni orang, padahal setahun disini, masa ga mau belajar sama sekali? dasar anak negara maju. saya malah pengen secepatnya nguasain bahasa jepang biar ga kagok kalo ngomong. fufufu.

begitulah hari ini. besok saya rencananya mau ke city hall, urusan asuransi gitu. semoga semua lancar deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s