Festival Indonesia ‘Colorful Indonesia’ Roppongi, Tokyo, 9 September 2012

Assalamualaikum wr. wb…

hello teman2! saya baru saja pulang dari festival ter-hip di Tokyo, yaitu Festival Indonesia. Festival ini diadakan  oleh KBRI Tokyo di Roppongi Midtown, Tokyo. ini merupakan festival Indonesia di luar negeri pertama yang saya datangi, jadi rasanya agak2 excited gimanaaaaa gitu. dan ternyata emang beneran, festivalnya keren banget!

DSC03220

jadi saya dateng barengan Teh Ulan, mengembara dari Asakadai (yang bukan termasuk Tokyo), ber-norikae densha dan chikatetsu selama sejam lebih sampai akhirnya tiba di stasiun Roppongi (yang adanya di tengah Tokyo). pas mau norikoshi (penyesuaian tiket) di stasiun Roppongi, di depan mesin Norikoshi ketemu dua orang pake baju PERSIB.

DSC03210

coy. PERSIB coy. di Tokyo. di Jepang. apa ga heboh saya?

langsunglah si bobotoh tersebut saya sapa ala sok kenal sok dekat. ternyata mereka orang sunda dan lagi kenshuusei disini. kenshuusei itu adalah program magang gitu di perusahaan Jepang selama kurang lebih 3 tahun. namanya kang Usep dan kang Ikhsan.

abis itu akhirnya kami berempat jalan bareng ke tempat Festival itu diadakan. lumayan jauh ternyata dari stasiun tempat kami turun. untung kami ketemu mereka, kalo ga nyasar deh.

DSC03213

di perjalanan, kami ketemu juga orang2 yang pake baju persib. asa semakin terharu gini haha.. ternyata ini para viking jepang udah punya perkumpulan sendiri dan resmi. gaul abis lah pokonya.

DSC03217

Festivalnya diselenggarakan di Roppongi Midtown, kayanya semacam mall kelas atas gitu di Tokyo. ada banyak stand juga dibuka disini,

DSC03223DSC03224DSC03225DSC03226DSC03227DSC03228DSC03229DSC03231DSC03232DSC03233DSC03234DSC03238DSC03239DSC03242

selain itu, di belakangnya, ada taman dan ada stand makanan serta panggung. panggungnya tidak pernah sepi, selalu ada pertunjukan keseniannya.

DSC03257

DSC03328DSC03336DSC03337DSC03343

sementara itu, ada 4 stand makanan, dua di antaranya restoran Indonesia gitu, Cabe dan Jembatan Merah.

DSC03258

restoran Cabe, itu sangatlah mengantri panjang teman2. ga cuma orang indonesia yang ngantri, orang jepang juga rame banget ngantri disitu! saya ga tau deh, karena saya sih baru disini, jadi saya ga begitu paham popularitas restoran itu. yang jelas makanannya sepertinya enak banget. lihat saja ini di bawah, saking panjangnya antrian sampai ga kefoto semua.

DSC03259

karena di depan panggung ada halaman rumput gitu, banyak orang2 jadi piknik disitu sambil makan dan menikmati hidangan yang ada. saya sama Teh Ulan ikutan piknik dengan memakan bento yang kami siapkan dari apato. lumayan, bisa makan sambelado pedes buatan teh ulan lagi. hehehe

DSC03285

setelah kami makan, kami shalat (mengenai shalat akan saya ceritakan di postingan lain ya), lalu kembali ke festival. awalnya sih kami mau liat2 stage aja terus pulang, eh ternyata di salah satu stand ada yang lagi presentasi soal angklung gitu, mainan. terus kami diajak ikutan main. jadilah kami main angklung disana bareng2 sama orang jepang yang terkesima melihat angklung.

DSC03299

jadi kita semua melingkar, ngajakin orang2 lewat main angklung bareng2, terus main angklung sama2 nyanyiin lagu jepang, furusato, dipandu oleh seorang laki – laki yang pada akhirnya saya ketahui adalah ketua PPI Jepang, mas Rodiyan Gibran Sentanu.

DSC03303

wah asli, seru banget. saya malah jadinya betah banget di stand itu selama berjam2, ajakin orang2 yang lewat ikutan coba main angklung *dengan bahasa jepang pas2an*, dan maen bareng2 selama beberapa kali putaran. terus di stand itu juga saya jadi bisa kenalan sama anak2 PPI jepang yang lain.

DSC03298

DSC03313

DSC03310

wah ternyata di Jepang banyak banget lho orang Indonesianya! ga cuma PPI, ada kenshuusei dan ada yang kerja juga.. jadi banyak kenalan tadi saya pas diem di stand angklung.

DSC03308

setelah itu ada bapak2 gitu pegang gitar. bapak ini, bapak Aki, tadinya yang melakukan pertunjukan ngebatik gitu pake canting asli. ntah bagaimana bisa, saya sama bapak ini malah sempet medley beberapa lagu daerah. jadi bapaknya maen gitar mengiringi saya nyanyi manuk dadali, yamko rambe yamko, soleram dan kawan2nya *penyuka lagu daerah tapi suara fals dan pede*

DSC03315

abis stok lagu daerahnya, bapak ini terus2an maen gitar dan akhirnya saya serta Teh Ulan dan beberapa orang Indonesia yang lewat malah karokean. Pak Aki hebat, dia bisa main gitar mulai dari Bengawan Solo sampe lagunya CherryBelle. akhirnya saya dan Teh Ulan malah ga beranjak dari stand itu sampai udah hampir jam setengah 5. sepertinya kami keasyikan nyanyi.. hahaha..

DSC03324

DSC03325

setelah itu, kami kemudian kembali ke daerah panggung, dimana orang2 sudah ramaai sekali menunggu penampilan Kotak. ramainya bukan cuma orang Indonesia lho, orang Jepangnya juga banyak banget.

DSC03338

saat penampilan Kotak akustikan, suasana sangat meriah. saya yang bukan penggemar Kotak aja jadi ikut2an suka.. Smile

DSC03347

seru banget deh. apalagi pas liat di belakang ada segerombolan bobotoh yang rame2 nyanyiin lagu2nya Kotak;

DSC03353

berasa balik bandung ini mah. Open-mouthed smile

after all, Alhamdulillah hari ini sangat menyenangkan. bisa lihat berbagai macam kebudayaan Indonesia, dapat kenalan baru banyak banget orang Indonesia dari berbagai macam suku, terus dapat beberapa bingkisan pula untuk dibawa pulang (penting ini Smile with tongue out).

memang benar ya, Indonesia itu Colorful. berwarna – warna, tapi bisa menyatu dalam satu kesatuan berbentuk sebuah Republik Indonesia, dan sangat terasa kekeluargaannya. puas saya hari ini senyum dan tertawa saat bertemu teman – teman sebangsa yang sebelumnya bahkan tidak kenal satu dan lainnya. rasanya rindu saya akan tanah air tercinta (padahal baru seminggu disini) sangat terpuaskan dengan adanya festival tersebut. festival ini membuat saya sadar, betapa bagusnya Indonesia dan betapa bangganya saya menjadi warga negaranya. saya menjadi lebih dan lebih mencintai Indonesia, terlepas dari segala macam kekurangan yang dimilikinya. semoga nanti saat kembali ke tanah air, saya dan teman – teman yang telah saya temui tadi bisa betul – betul memanfaatkan ilmu yang kami dapat disini untuk membangun tanah air menjadi negara yang lebih baik.

amiin..

sampai bertemu di postingan berikutnya! Open-mouthed smile

7 thoughts on “Festival Indonesia ‘Colorful Indonesia’ Roppongi, Tokyo, 9 September 2012

  1. Pingback: Tips Sukses Hubungan Jarak Jauh (Long Distance Relationship) ala Farah | @farafit

Leave a Reply

