tragedi berdarah laptop layar hitam

Assalamualaikum wr. wb…

setelah beberapa kali tersandung tragedi seperti charger rusak, keyboard mati, dan wifi rusak, sekitar dua minggu lalu, laptop toshiba portege a100 saya yang berwarna putih kembali terkena masalah. kali ini tragedinya parah: setiap saya nyalakan komputer, alih2 masuk ke windows, layar hanya menampilkan tulisan NLTDR is missing dengan background hitam. tampilan layarnya persis seperti ini;

dan setiap saya pencet ctrl+alt+del doi tetep kembali ke layar yang sama.

sebenarnya, saya tahu kenapa laptop saya bisa begitu. itu karena kelakuan saya sendiri. jadi selama beberapa hari sebelumnya, setiap mematikan laptop, saya selalu melakukannya dengan cara brutal: langsung cabut colokan atau batrenya. soalnya laptop saya itu udah beberapa kali ga bisa di shut down. setiap tombol shut down dipencet, laptop tetap ga mati2. akhirnya saya matikan paksa. eh ternyata benar2 parah akibatnya. huft.

karena ga berhasil mengembalikan laptop tersebut ke keadaan semula, saya lalu memanggil bala bantuan: Gani (@belumdibikin). gani adalah teman sma saya yang sekarang kuliah di ilmu komputer UPI. bagi saya, ga ada orang yang lebih tepat yang bisa membantu saya selain yang benar2 mempelajari dunia perkomputeran, dan Gani lah orangnya.

setelah saya sms, Gani bersedia datang untuk melihat kondisi laptop saya itu. ternyata laptop saya tidak berhasil ngeboot, jadi windows nya harus di restore atau di install ulang. setelah mengutak atik selama kurang lebih dua jam, laptop saya belum bisa di restore windowsnya karena tidak bisa menebak password admin. akhirnya laptop itu dibawa oleh Gani untuk diutak atik dirumahnya.

singkat cerita, setelah dua hari, Gani datang membawa laptop saya yang udah berhasil nyala. ketika melihat layarnya kembali normal, saya merasa benar2 terharu. terharu karena menyadari betapa berharganya laptop tua itu buat saya, dan juga karena menyadari betapa hebatnya Gani dalam urusan perkomputeran. alhamdulillah. senang punya teman pintar dan baik hati. hha.

selain merestore windows, gani juga melakukan beberapa hal seperti mematikan beberapa startup dan menguninstall beberapa program sehingga laptop saya tidak selemot dulu. tapi ya ga begitu ngefek sih, maklum, laptop tua. tapi saya tetap senang, alhamdulillah. semoga kedepannya ga bermasalah lagi itu laptop.

terima kasih gani! Open-mouthed smile

Leave a Reply

