Selamat, Nusantara Beta!

Assalamualaikum wr. wb…

jumat, tanggal 8 Juni 2012 kemarin adalah hari yang penting bagi Nusantara Beta. kenapa? karena mereka mengadakan launching versi dua aplikasi mereka! uwoww banget ga sih?

nusbetlogo2

btw, udah pernah denger nama Nusantara Beta belum? belum?? SERIUS?? jadi Nusantara Beta itu adalah sebuah aplikasi Travel Guide dan direktori pariwisata Indonesia. dengan aplikasi ini, pengguna akan dapat mengetahui banyak informasi penting tentang tempat wisata di Indonesia. selain itu aplikasi yang berslogan ‘Kenali Negerimu dalam Genggamanmu’ ini juga punya banyak fitur seru yang bikin kita semangat sharing soal tempat2 wisata di Indonesia. aplikasi ini compatible dengan beberapa jenis smartphone, dan bisa didownload secara gratis di www.nusantarabeta.com. hebat bukan?

yang paling keren dari Nusantara Beta, adalah fakta bahwa aplikasi ini merupakan sebuah dedikasi bersifat sukarela dari sekelompok mahasiswa UIN Jakarta yang sangat mencintai negaranya, Indonesia.

dedikasi ini membuahkan hasil yang manis bagi Nusantara Beta. aplikasi ini beberapa kali mendapat penghargaan skala nasional, serta sekarang merupakan partner resmi kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. jumat lalu, mereka launching versi kedua Nusantara Beta yang compatible di berbagai platform gadget. aplikasi ini bahkan available di google play, sehingga memudahkan para pengguna android untuk mendownloadnya.

btw, bagaimana saya bisa tahu banyak soal Nusantara Beta? karena Nusantara Beta bekerja sama dengan GNFI. bagaimana ini bisa terjadi? baiklah akan saya ceritakan.

perkenalan saya dengan Nusantara Beta berawal september 2011 lalu. jadi saat itu, saya sedang menjaga booth GNFI yang lagi ikutan socmedfest, ketika seorang lelaki datang lalu tiba2 dengan semangat menjelaskan mengenai aplikasi yang sedang dikembangkannya, yang dinamakan Nusantara Beta. lelaki ini adalah Sidiq Permana (@nouvrizky10).

IMG00423-20110923-1526

Mas Sidiq, Nun dan Gesya

saat mendengarkan penjelasannya, dan melihat bagusnya aplikasi tersebut, saya jadi langsung tersadar: Nusantara Beta adalah salah satu Good News From Indonesia. sekumpulan pemuda pemudi Indonesia yang membuat aplikasi untuk mengenalkan pariwisata Indonesia secara gratis, memang adalah berita baik kan? berita tentang Nusantara Beta kemudian saya masukkan ke web GNFI (yang secara otomatis juga terpublish di website MSN Indonesia).

tak beberapa lama setelah itu, mas Sidiq yang merasa sevisi dan semisi dengan GNFI, lalu meng-email GNFI untuk mengajak kerjasama. jadilah setelah itu, GNFI dan Nusantara Beta bekerjasama. jadi Nusantara Beta memuat fitur GNFI di aplikasinya, sehingga setiap pengguna Nusantara Beta akan dapat membaca berita2 bagus terupdate langsung dari aplikasi tersebut. sebagai timbal baliknya, GNFI menyediakan beberapa data tentang beberapa daerah di Indonesia. kerjasama ini membuat GNFI menjadi bagian dari Nusantara Beta, dan Nusantara Beta menjadi bagian dari GNFI. seru kan?

DSC02151

GNFI dan Nusantara Beta di #ISAMMU

kerjasama ini membuat saya jadi kenal secara personal dengan para punggawa nusantara beta ini, dan semakin kenal, semakin saya kagum.

salah satu hal yang paling bikin saya kagum adalah keseriusan para anak muda ini dalam mengembangkan aplikasinya. mereka bener2 giat dan serius berkontribusi kepada Indonesia lewat Nusantara Beta, meski tidak dibayar sepeserpun! jangankan dibayar, mereka bahkan rela lho, merogoh uang pribadi agar aplikasi ini tetap hidup. pernah saya tanya alasannya kenapa sama sekali ga mau menarik keuntungan, minimal untuk biaya operasional, dan mereka kompak menjawab ‘ini idealisme Far.’ jadi Nusantara Beta adalah bentuk idealisme mereka, dan inilah yang mereka pegang dan pertahankan. mereka betul2 mencintai Indonesia dan semangat memperkenalkannya, serta konsisten. ini jelas salah satu bukti bahwa memang masih banyak anak muda Indonesia yang percaya bahwa Indonesia memiliki banyak kebaikan, serta optimis akan negaranya, dan rela memberikan banyak hal untuknya. ga heran mereka cocok sama GNFI.

IMG00895-20120421-2022

salah satu sudut markas Nusantara Beta

hal lain yang saya sukai dari tim Nusantara Beta adalah kekonyolan tingkah mereka. saya sudah bilang kan kalau tim Nusantara Beta ini adalah mahasiswa UIN Jakarta? dan karena mereka membuat aplikasi, pasti jurusannya ketebak, yaitu jurusan teknik informatika. bagi saya, anak TI itu identik dengan keseriusan tingkat tinggi (no offense lho). pas ketemu mereka, stigma itu langsung buyar. anak2 nusantara beta ini semuanya kocak parah. setiap ketemu mereka, ada aja kelakuan dan perkataan yang bikin saya ngakak ga abis2 sampe sakit perut. dan ini serius lho haha. jadi terakhir kali saya ketemu mereka itu akhir maret, saat saya raker di Jakarta dan mereka dengan baik hati mengajak saya jalan keliling jakarta malam2. pas pulang rahang saya kram karena kebanyakan ketawa. saking seringnya saya ketawa, saya sampe lupa apa aja yang bikin saya ketawa, yang jelas jalan bareng mereka benar2 menghilangkan stres. pokonya kalau ketemu mereka, ga nyangka deh mereka adalah orang2 yang sama yang begitu serius dan konsisten berkontribusi terhadap Indonesia. salut.

anyway, satu hal yg bagi saya penting untuk di-noted dari mereka adalah, biar mayoritas lelaki, mereka bukan perokok! ini hal bagus lho, jadi kalau jalan sama mereka, paru2 saya bebas dari asap rokok. menyenangkan. haha.

penasaran dengan mereka? silakan kenalan sendiri dengan beberapa diantaranya; @nouvrizky10, @OpanOpan, @ImamMozza, @opay_cuek, @novriasyara, @megaputriislami.

baiklah, sekian dari saya. sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat kepada tim Nusantara Beta atas launching aplikasi versi 2 nya, semoga kedepannya semakin sukses dan tetap semangat!

One thought on “Selamat, Nusantara Beta!

  1. imammozza nyelepus dikit kalo ada yang bawa😀 :ngacir.
    mantap kru nusbet semangat terusss…! tulisan artikelnya juga keren nih rapih.

Leave a Reply

