syukuri semua yang ada

Assalamualaikum wr. wb…

pernah ga sih kamu merasa iri sama orang dan berharap seandainya saja kamu menjalani hidup seperti orang itu?

yah, saya pernah.

kadang2, saya suka iri aja gitu sama teman2 saya yang berada. yang bisa kemana aja dan beli apa aja semau mereka. saya kadang suka ngebandingin sama hidup saya sendiri. saya pengen seperti mereka. lah, memang apa yang salah dengan hidup saya?

kalau dibandingkan dengan mereka, saya tidak seperti itu. banyak orang pasti menyangka kalau saya menjalani kehidupan jetset yang mewah, padahal sebenarnya ngga. kehidupan di rumah saya itu rumit. hehe. saya dan keluarga telah menjalani masa2 sulit yang membuat kami harus menghemat banyak sekali. inilah yang menjadi alasan kenapa saya bekerja sambil kuliah, dan kenapa saya pengen cepet2 lulus; yah karena saya perlu.

masalah ini juga yang menjadi alasan kenapa saya lebih senang di rumah daripada ikutan organisasi atau keluyuran di mall. saya cuma ga suka menghabiskan banyak uang, karena saya tahu betapa susahnya mencarinya. sebagai anak pertama dari empat bersaudara, ga enak rasanya kan kalo saya terus2an merepotkan orangtua saya dengan meminta uang cuma buat maen. makanya saya jarang keluar, dan cuma pergi kalo pas emang saya ada uang abis gajian.

orang lain mungkin bingung sama keadaan saya, karena bagi kebanyakan orang, kalo ga punya uang ya tinggal minta sama orangtua. bagi saya, ga semudah itu. seperti yang udah saya bilang, kondisi di rumah saya itu rumit. saya ga mengharapkan orang bakal mengerti apa yang keluarga saya alami, tapi yang jelas saya mengerti sekali kondisi orangtua saya, makanya saya terus berusaha supaya ga merepotkan mereka sama sekali. sebisa mungkin saya selalu mengusahakan untuk ngga minta uang, supaya mereka ga punya beban lagi atas saya, dan supaya mereka bisa fokus pada ketiga adik saya. saya tahu memang wajib bagi ortu untuk membiayai anak2nya, tapi bukan berarti ini bisa jadi alasan saya buat terus meminta kan? selama bisa membiayai diri sendiri, pasti kan lebih bagus.

biar begitu, saya ga muna. tentu saya juga pengen sering jalan, belanja apapun yang saya mau kaya teman2 saya itu. kalau sudah sampai titik itu, saya cuma bisa istigfar deh. kemudian, saya pasti langsung merenung.

saya ga boleh selalu melihat ke atas, membandingkan hidup saya dengan yang lebih punya, karena di luar sana masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih sulit daripada saya. yah, tentu, saya ga bisa minum starbucks sebulan sekali, tapi minimal saya masih bisa makan 3 kali sehari, bisa bayar kuliah tiap semester, dan bisa internetan pake speedy. dan hal ini harus disyukuri.

setiap keluarga punya masalah masing2, dan apa yang saya alami skr bukanlah yang terburuk. selalu ada alasan di balik semua hal, dan saya percaya Alloh ga akan ngasi cobaan apabila makhlukNya tak sanggup menanggung. jadi, jalani saja semua. pasti bakal ada kejutan yang indah nantinya.

abis merenung gitu saya langsung ga iri lagi deh sama orang lain, hehe. rejeki orang masing2, itu juga udah diatur sama Yang Maha Kuasa, jadi ngapain pusing2 ya kaan.. santai ajalah, jadi apa adanya. syukuri semua yang ada, nanti hidup bakalan lebih mudah. bukan begitu kawan?

Leave a Reply

