Insiden saat minggu UAS

Assalamualaikum wr. wb…

halo teman2, apa kabar? uasnya udah pada beres belum? kalau sudah, sama dong kaya saya. yah, hari ini saya baru aja selesai ujian akhir semester lima yang berlangsung selama kurang lebih 3 minggu. ujiannya sih sebenarnya cuma 5 hari, tapi dipecah di 3 minggu (jadi lumayan bikin bete karena mainnya jadi nanggung). tapi alhamdulillah, akhirnya selesai juga.

selama minggu – minggu ujian, ada beberapa insiden yang terjadi di hidup saya yang cukup mengganggu konsentrasi. apa aja?

1. insiden timun suri di @gnfi

kejadian ini berawal di malam hari, selasa 20 desember 2011, sekitar jam 8 malem, saat saya sedang sibuk belajar buat uas hukum pemerintahan daerah. ketika saya sedang membaca2 teori tentang daerah istimewa, tiba2 mas andi, salah satu kontributor GNFI di jakarta, ngeping saya di bbm. jeng jeng, ternyata ada masalah di twitter gnfi. jadi kata mas andi, gnfi baru aja nge RT twit seseorang yang isinya kira2 begini “nama putri Tom Cruise, Suri, diambil dari kata timun suri di Indonesia”. nah, twit ini sebenarnya salah besar, karena nama suri itu artinya adalah ‘princess’. cuma ntah kenapa, salah satu admin GNFI keselimpet nge RT itu (FYI, admin GNFI adalah Pak Arry, beberapa kontributor lain yang saya ga apal, dan saya sendiri sebagai admin emergency). akhirnya jadilah GNFI dihina dina, diketawain, dan dicaci maki di twitter, terutama oleh beberapa selebtwit, yang salah satunya ngetwit ‘setelah kejadian timun suri ini, berita @gnfi jadinya bakal meragukan deh”.

hal ini tentu saja lumayan bikin geger dunia twitter. ngga terhitung jumlah mention yang masuk, ada yang menghina, ada juga yang mendukung. menakjubkan pokonya melihat bagaimana satu twit bisa bikin ribet dunia persilatan. karena di twitter GNFI ngga ada yang klarifikasi atau hapus twit itu, akhirnya saya, sebagai admin emergency, langsung online, hapus twit kontroversial itu, lalu menambal twitter gnfi dengan berita2 bagus lain, kemudian minta maaf. ini berlangsung  sampai hampir tengah malam, sehingga saya jadi tidak sempat lanjut belajar hukum pemda. alhamdulillah, untungnya masalah selesai dan twit itu sepertinya terlupakan (meski masih ada aja sih yang bilang admin gnfi itu bodoh, tapi yah sudahlah).

ini sebenarnya merupakan salah satu human error yang sangat wajar. meski sebelum ngetwit setiap twit pasti di screening dulu, admin gnfi juga kan tetap saja manusia, pasti bisa aja melakukan kesalahan. saya juga pernah melakukan kesalahan, dan kejadian timun suri ini bukanlah merupakan twit kontroversial pertama GNFI (pengalaman berada di GNFI selama setaun lebih, udah ngerasain banyak hal) tapi tetap saja, dunia twitter itu kejam, kawan. twit follower itu bisa amat sangat menyeramkan hinaannya. persis seperti pribahasa nila setitik rusak susu sebelanga, satu twit bisa merusak isi satu timeline GNFI. inilah susahnya menyebarkan hal positif. saat benar dipertanyakan, saat salah ditertawakan.

untungnya, GNFI punya banyak kontributor yang ngeback-up kalo ada apa2, termasuk kejadian ini. kalo ga ada mas andi yang responnya paling cepet saat melihat twit itu kemudian ngasi tau saya, mungkin makin banyak orang yang bakal menghina dina dan membuat gnfi semakin turun reputasinya. beberapa teman kontributor seperti an, mbak askii, vinny, iman, aditha, cindy, mbak shesa, bang armeyn, mbak itha, anggi, mas bobby dan mas ical juga dengan setia tetap menyemangati saya yang waktu itu agak2 sakit hati ngeliat banyaknya hinaan yang masuk, juga tetap mendukung GNFI terang2an. selain itu, beberapa follower juga dengan setia menyatakan dukungannya pada GNFI. aih, mengharukan sekali deh pokonya. meskipun saya jadi ga sempet belajar pemda malem itu, tapi at least, twitter GNFI terselamatkan. dan itu bukan cuma gara2 saya, tapi gara2 teman2 kontributor semua yang tetap setia menjadi backing GNFI.

 

2. insiden lupa bawa ksm dan ktm

ini terjadi di tanggal 21nya, saat saya mau ujian pemda. waktu itu, saya berangkat ke kampus dengan agak buru2 sehingga lupa membawa salah satu syarat ujian yang paling penting: ksm dan ktm.

saya baru sadar saya lupa bawa ksm dan ktm pas udah sampe kelas. karena di ujian2 sebelumnya ga pernah ada pemeriksaan ksm dan ktm, jadi saya nyantai aja. saya kira, ujian pemda waktu itu pun ngga akan ada pemeriksaan oleh pengawas. dan taunya saya salah. ujian pemda saya diawas sama bu rai,  dan beliau memeriksa satu2 ksm dan ktm semua peserta ujian. pas tiba di bagian saya, beliau sadar bahwa saya ngga bawa ksm dan ktm. beliau kemudian menyuruh saya minta surat izin ke panitia.

ini adalah pertama kalinya saya mesti ngurus surat pengganti ksm dan ktm pas ujian. saya kira ngurusnya mudah, ternyata ribet. ribetnya karena saya ga bawa ktm, jadi oleh bapak panitia saya harus ngurus surat keterangan udah bayar semester ke sba lantai 3. ini adalah peraturan yang cukup menjengkelkan. bapak panitia itu kan dosen saya di salah satu mata kuliah, dia pasti tau saya mahasiswanya, jadi ngapain deh saya harus minta surat keterangan udah bayar itu? apa susahnya kan yah ngasi surat ijin selembar supaya saya bisa ikut ujian?

karena bapak itu maksa nyuruh saya minta surat, akhirnya saya ke lantai 3, mintain surat itu. oleh bapak sba lantai 3 saya malah disuruh ke perpus lantai empat (beda gedung dengan gedung kuliah) buat minta surat keterangan udah bayar. makinlah saya bete. saya cuma pengen ujian dengan tenang, kenapa mesti dipersulit sih? setelah memohon2, ngasi tampang memelas, suara bergetar dan mata berkaca2, akhirnya bapak sba itu menyerah, kemudian menyuruh saya masuk ruangan sba. di dalam ruangan sba saya ketemu bapak2 lain yang dengan amat sangat baik hati ngeprint surat yang saya inginkan tanpa banyak komentar. alhamdulillah. setelah dapat surat itu, saya langsung cari2 bapak panitia, yang baru ngasi saya surat izin boleh ikut ujian beberapa menit setelah saya kasi surat keterangan udah bayar. setelah dapat surat ijin, baru saya diperbolehkan ikut ujian. total waktu ujian saya habis 30 menit buat ngurus selembar surat izin dari kertas bekas yang isinya tulisan dan tanda tangan bapak panitia tersebut. ngik. kejadian ini lumayan bikin keki dan kapok, jadi hari2 selanjutnya saya selalu bawa ksm dan ktm (meskipun ga pernah diperiksa lagi oleh pengawas).

pelajaran yang dapat saya ambil dari kejadian ini; jangan pernah lupa bawa ksm dan ktm pas ujian.

3. insiden papa

insiden terakhir yang paling bikin gonjang ganjing terjadi tadi malam, senin, tanggal 26, pas saya lagi sibuk belajar cyber law. saat saya lagi ngapalin privasi di kamar, mbak ami tiba2 manggil2 saya.

“Kak faraaah… kak faraaah..”

“ada apa mbak ami?”

“bapak, kak farah…” kata mbak ami dengan suara bergetar.

saya langsung melempar catetan cyber (bener2 ngelempar) dan lari ke lantai bawah. pas saya udah sampe di kamar ayah saya, dengan hati2 saya buka pintu dan kaget mendapati ayah saya sudah berada dalam posisi telungkup di lantai, kejang2, dengan darah merah menggenang di lantai sekitar kepalanya.

tanpa dokter pun saya tahu kalo ayah saya kambuh lagi. yah, semenjak dioperasi karena salah satu pembuluh darah di kepalanya pecah akhir tahun 2009 lalu, ayah saya jadi punya semacam penyakit yang kambuhan kalau beliau ga minum obat. pola makan ga teratur dan merokok makin membuat ayah saya tergantung obat. ini yang membuat ayah saya sering keluar masuk icu dan rawat inap sepanjang tahun 2009 dan 2010. untungnya tahun ini frekuensi kambuhnya beliau mengurang karena jumlah obat2an yang telah berkurang dan diminum secara teratur. dan tadi malam adalah kali pertamanya saya liat ayah saya kambuh lagi setelah beberapa lama.

saya langsung menelpon ibu saya yang lagi pergi bersama adik2, kemudian setelah itu saya kembali ke kamar, menemani ayah saya dan menunggu beliau sadar. rasanya lemas dan sedih banget pas ngeliat darah keluar ngga berhenti dari kepala beliau, yang sepertinya kehantam lantai dengan kuat. pelan2 saya balik badan ayah saya, menaruh bantal untuk mengganjal kepalanya, lalu mencoba membangunkan beliau yang sudah berhenti kejang, tapi masih belum sadar dan bernafas tidak teratur. saya lap darah di kepala ayah saya yang luka dan benjol, kemudian melap darah di lantai, sambil memanggil-manggil beliau pelan2 dengan suara bergetar dan air mata yang ga berhenti ngalir. ayah saya kemudian sadar, terus menggumam ga jelas sambil berusaha bangun, dan karena kayanya beliau ga kuat, beliau tiduran lagi di lantai. saya cuma bisa nangis.

sedih rasanya melihat ayah saya seperti itu. yang biasanya kuat, ketawa ketiwi, terus selalu ngajakin saya nonton Lord Of The Rings (ayah saya penggemar LOTR, dan saya jadinya ketularan) tadi malem terbaring lemah di lantai ga sadar, berdarah2. dan saya terlalu lemas untuk bisa mikir, jadi saya cuma bisa duduk disebelah ayah saya sambil nunggu beliau sadar, manggil2 dan menangis. disitu saya sadar, saya belum siap kehilangan ayah saya, dan saya sangat menyayangi beliau.

ga beberapa lama kemudian ibu dan adik2 saya pulang, dan ayah saya yang akhirnya sadar kami angkat bersama-sama. saat baru sadar beliau masih ngga ngeh dengan apa yang terjadi, bahkan ga inget kalo beliau baru aja jatuh pingsan. untungnya keadaan beliau membaik setelah diminumin obat (perkiraanku benar, beliau lupa minum obat dan ternyata ada stok obatnya yang habis), dan bisa diajak ngobrol seperti biasa. karena keadaannya yang membaik dan beberapa pertimbangan lain, akhirnya mama dan saya memutuskan untuk tidak membawa beliau ke rumah sakit, cuma akan membawa papa kontrol ke rspp, Jakarta, tempat dokter yang mengoperasinya dulu.

alhamdulillah sekarang keadaannya jauh lebih baik. yah, meskipun sempat bikin heboh semaleman dan bikin saya ga konsen belajar cyber, at least beliau baik2 saja.

begitulah kejadian2 yang bikin heboh pas minggu2 ujian. sebenarnya ada kejadian2 lain, tapi alhamdulillah saya bisa melewatinya dengan kuat. sekarang ujian selesai dan saya tinggal menunggu hasilnya. semoga hasilnya lebih oke dari semester lalu, amin.

oke, sekian dari saya sampai ketemu di postingan lain!

2 thoughts on “Insiden saat minggu UAS

Leave a Reply

