3A: kunci kesuksesan ala Farah

Assalamualaikum wr. wb…

saat ini saya sedang mengalami fase dimana saya sangat menginginkan suatu hal. aih, sungguh mengingatkan saya pada jaman kelas 3 SMA, dimana saat itu saya begitu khawatir karena belum diterima satupun universitas dan selalu berdoa semoga saya dapat lulus usm itb atau smup unpad.

waktu itu saya berpegang pada 3 kunci kesuksesan ala saya, yang berhasil membuat saya diterima SMUP UNPAD sesuai yang saya inginkan;

3A. usahA, Amal, dan Doa. maksa, memang, saya tahu. harusnya itu UAD. tapi karena 3A terdengar lebih enak jadi ya sudahlah, namakan saja 3A.

bila menginginkan sesuatu, dalam pandangan saya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan.

1. berusahA. Alloh tentu tidak akan mengabulkan permohonan hambanya begitu saja bukan? tentu kita harus berusaha. ibaratnya, tidak mungkin kita bisa bikin perusahaan bila kita tidur2an aja di rumah, males2an. perusahaan iler mungkin bisa ya kalo begitu. sama dengan tidak mungkin kita dapat nilai bagus kalo kita ga usaha ngerjain tugas dan belajar giat sebelumnya.

jadi, bila kita menginginkan sesuatu, tentu kita harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa mendapatkannya. saya yakin, kesuksesan itu tidak terjadi begitu saja. karena kalo misalnya terjadi begitu saja, maka yang namanya hujan uang tentu harusnya terjadi setiap hari kan? Alloh ga nurunin hujan uang, karena ingin melihat hambanya berusaha untuk mendapatkannya. yakinilah bahwa selalu ada usaha dibalik semua kesuksesan.

2. berAmal. berbagi kepada yang membutuhkan, bersikap baik pada semua orang, suka tersenyum, itu adalah contoh amal2 sederhana yang dapat memudahkan kita menuju kesuksesan. kenapa beramal itu perlu? karena Alloh sayang pada hambaNya yang selalu berbuat baik kepada sesama. dengan beramal yang ikhlas, percayalah bahwa Alloh akan memberikan gantinya yang berlipat ganda nantinya. dan siapa yang tahu, gantinya nanti adalah hal yang sangat kamu inginkan. jangan pernah takut untuk beramal dan berbuat baik, karena tidak akan membawa kerugian pada diri kita, justru membawa kebaikan dan kesuksesan.

3. berdoA. setelah berusaha semaksimal mungkin, beramal kepada siapa saja, jangan lupa untuk selalu berdoA pada Alloh agar selalu diberikan yang terbaik. jangan berdoa untuk diberi cobaan yang mudah, tapi berdoalah agar selalu diberi kekuatan dalam menghadapi kekuatan.

berdoalah agar selalu dilancarkan jalan menuju kesuksesan.

berdoalah agar hal yang kita inginkan merupakan hal yang terbaik buat kita.

tapi juga berdoalah agar selalu diberi kekuatan bila seandainya apa yang kita inginkan bukanlah yang terbaik buat kita.

mengajilah, karena mengaji adalah satu dari empat amal yang sampai ke langit ketujuh tanpa halangan (ceramah Ustad Maulana di Indahnya Islam).

bila seandainya kita sudah melakukan 3A tapi ternyata hal yang kita inginkan tidak juga kita dapatkan, jangan bersedih hati. selalu yakin dan percaya bahwa Alloh tahu yang terbaik untuk kita. seperti contoh, waktu SMA kelas 3, saya gagal USM ITB dua kali berturut2, tapi diterima dengan mulus di Fakultas Hukum UNPAD kelas pagi lewat smup.

semenjak itu saya sadar bahwa ITB, sebagaimanapun bergengsinya untuk saya, bukanlah yang terbaik buat saya. FH UNPAD adalah yang terbaik untuk saya. saya yakin, bila saya diterima ITB, maka IPK saya bakal 0 koma, dan tidak dapat mengerjakan serta meraih prestasi sebagaimana yang saya dapat saat saya jadi mahasiswi FH unpad.

dari pengalaman saya dapat kita lihat bahwa apa yang sangat kita inginkan terkadang memang bukan yang terbaik untuk kita. jadi, berusahalah sebaik mungkin, beramal sebanyak yang kita mampu, berdoa setiap saat, tapi jangan sedih bila akhirnya gagal atau yang terjadi tidak sesuai harapan kita, karena Alloh pasti sedang menyiapkan sesuatu yang benar2 pas buat kita.

percayalah bahwa apapun yang terjadi pasti yang terbaik buat kita.

Leave a Reply

