tak sengaja terskip

Assalamualaikum wr. wb…

kejadian ini terjadi hari ini.

sebagai seorang guru bimbel, saya memiliki jadwal mengajar tersendiri. tapi ntah kenapa sudah beberapa minggu ini saya tidak diberikan jadwal yang fix, dan hanya menunggu jadwal harian yang diberitahu oleh bagian penjadwalan (bp) atau staf lokasi (sl) setiap pagi atau siang.

untuk hari selasa, biasanya saya mengajar di bubat kelas 3 smp, dan ini saya lakukan dua minggu sekali biasanya.

hari ini, saya kira saya tidak ada jadwal karena sampai siang saya tidak disms oleh bp, dan karena minggu lalu saya sudah ngajar kelas 3 smp di bubat, jadi saya kira jadwal dua minggu sekali tersebut tetap diberlakukan setelah ramadhan. masalah muncul ketika saya disms bp untuk ngajar jam 5 (sms dikirim jam setengah 4 pas saya lagi tidur siang) dan saya baru baca sms tersebut jam 5.

JENG JENG JENG JENG….

akhirnya saya telpon bp untuk memastikan jadwal saya. benar saja ternyata saya memang memiliki jadwal mengajar hari ini. bp terdengar kurang senang karena saya tidak bisa datang dan baru memberi kabar tepat ketika jadwal. saya beralasan karena saya tidak diberitahu sejak pagi, dan bp beralasan bahwa beliau telah bilang sebelumnya bahwa jadwal sudah tetap setiap minggunya. saya bilang saya tidak tahu jadwal tetap saya karena tidak diberitahu dan hanya dikasitahu harian.

pembicaraan berakhir dengan permintaan maaf saya dan suara bp yang masih kurang senang.

sejujurnya saya sangat menyesal atas kejadian hari ini, karena bagaimanapun bagi saya, tiap jadwal ngajar adalah tiap rupiah berharga yang masuk ke kantong saya. tapi biar begitu, kesalahan bukan hanya di saya.

kesalahan saya;

1. tidak bertanya pada bp duluan, padahal saya hari ini sudah feeling bakal disuruh ngajar.

2. tidak langsung ngecek hape pas bangun (saya bangun jam 4 dan baru baca sms jam 5)

3. hape disilent jadi saya ga denger pas bp sms 5 menit sebelum jam 5.

kesalahan bp;

1. tidak memberi tahu saya sejak pagi.

2. tidak memberi tahu jadwal saya yang fix seperti apa.

3. tidak menginstruksikan sl untuk menelpon saya bila saya belum datang 10 menit sebelum jadwal ngajar (biasanya saya ditelpon sl bila 10 menit sebelum waktu ngajar belum sampai lokasi).

intinya sih saya mengakui kalau saya salah, dan saya harap semoga kejadian ini tidak mempengaruhi pekerjaan saya kedepannya. aduh mamiii saya masih sayang sama kerjaan saya heuheu…

saya juga berharap semoga bapak bp menyadari bahwa harusnya beliau memberitahu jadwal saya lebih cepat karena toh saya ga pernah punya niat buat mangkir dari kerjaan. apalagi selama ini track record saya baik2 saja, sangat jarang terlambat (kecuali pas disuruh nyebrang (pindah dari satu cabang ke cabang lain dalam sehari) lokasi).

apa boleh buat, nasi sudah menjadi bubur. jengkol sudah jadi rendang dan balado jengkol. apa yang udah terjadi tidak bisa kembali lagi. jadikan ini pelajaran supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Leave a Reply

