bakat ngaret

Assalamualaikum wr. wb…

banyak orang Indonesia memiliki sifat jam karet, alias jarang tepat waktu. dan dengan terpaksa saya akui, saya termasuk salah satunya. entah kenapa (yang pasti mungkin gara2 kebiasaan saya yang suka males2an dan menunda nunda) saya sering banget telat masuk kampus.

kuliah jam 8, saya baru nyampe kampus jam setengah 9.

kalo kelas mulai rada siangan jam 09.40, saya baru berangkat dari rumah jam 09.40… dan masuk kelas jam 10.20.

bagaimana kalo kelas mulai siang banget jam 11.2o? saya bakal baru masuk jam 12, abis itu kelas beres jam 1. jadi jauh2 ke kampus cuma dapet materi sejam, ga meaning banget ya?

sebenarnya saya sendiri tau ini kebiasaan yang buruk banget, tapi ntah kenapa, bakat ngaret saya ini bener2 ga mau pergi, ngendoon mulu dalam diri. saking seringnya ngaret, pernah beberapa kali saya dikasi ‘tamparan’ yang begitu dahsyat karena datang terlambat.

‘tamparan’ 1.

saat semester 4 kemarin, waktu UTS HTLN, saya terlambat bangun. jadi saya baru bangun jam setengah 9, padahal saya mulai UTS jam 8. dengan kecepatan zap zip zup, tanpa mandi, saya langsung berangkat buru2 ke kampus naik ojek tanpa nawar dan nyampe jam 9 lewat. untungnya, Alloh masih berbaik hati pada saya, karena ternyata kelas saya tidak diawas oleh dosen pas ujian, jadi saya boleh masuk dan ngerjain UTS meski telat sejam lebih. Alhamdulillah banget deh, saya jadi ga perlu ngurus surat T gara2 ga ikut UTS.

‘tamparan’ 2.

akhir semester pendek dua bulan lalu, waktu UAS Kapsel HAN, lagi – lagi saya terlambat bangun. kali ini lebih parah, soalnya saya baru nyampe kampus jam 10 gitu, padahal ujian mulai jam 8. untungnyaaaaaaa saya ga mesti ikut ujian, karena nilai saya udah lumayan, jadi kedatangan saya cukup utk tanda tangan. untungnya lagiiiiiiiiiiiiii lagi Alloh berbaik hati pada hambaNya yang hobi begadang ini, dosen kapsel HAN saya membolehkan saya masuk kelas dan tanda tangan absen, jadi saya dianggap udah ikut ujian.

‘tamparan’ 3.

kali ini kejadiannya bukan di kampus, tapi di tempat kerja alias di NF. ini terjadi pas bulan ramadhan kemaren. sebenarnya saya jaraaaaaang banget telat kalo di tempat ngajar, soalnya di NF itu kita dapet insentif sebesar 25rb bila dateng 10 menit sebelum jadwal ngajar. NF memang sangat menghargai ketepatan waktu karyawannya. even pas buka bersama, rapat kerja dan halal bihalal pun jam kedatangan kita dihitung, lebih cepat lebih baik.

akan tetapi, seperti kata peribahasa ‘sepandai – pandainya tupai melompat, pada akhirnya akan masuk ke tempurung juga’ (pribahasa apa ini?), tidak sengaja saya dateng terlambat ke tempat ngajar. dan ini ekstrim, saya telat 30 menit!

bagaimana ceritanya?

jadi waktu itu, sabtu sore (yah betul, disaat orang2 lain menghabiskan malam minggu dengan pacar, teman atau keluarga, saya harus menghabiskan malam yang paling ditunggu-tunggu setiap minggu tersebut dengan murid2 saya belajar grammar atau reading. but it’s always fun, though. at least for me.) saya diberikan jadwal untuk mengajar di dua cabang yang berbeda.

jeng jeng jeng jeeeeng…

jadi jam setengah 3 sampe setengah 4 saya di nf sumbawa, jam 4 nya saya punya jadwal lagi di nf bubat. berasa guru tersibuk sekelurahan ya?

bodohnya saya, pas dikasih jadwal begitu, saya salah liat jam. saya kira, jadwal saya di nf bubat itu jam 5, jadi saya bisa nyantai2. eh pas setengah perjalanan, saat jam sudah menginjak pukul 4, saya baru nyadar kalo saya telat.

parahnya lagi, jalanan macet banget dan saya salah naik angkot! stupiiiiiddddddd! dari yang awalnya mau ke buah batu, saya malah naik angkot menuju ITC. pas udah di ITC saya baru sadar kalo salah naik angkot, jadi saya terpaksa puter balik. kena macet dobel deh. udah stres banget deh itu saya, baru kali itu saya telat seekstrim itu. kalo di kampus sih ga apa2, tapi ini di tempat kerja, dimana saya dituntut untuk dateng on time dan bersikap professional, karena setiap waktu saya disana mendapat imbalan alias digaji. saya dibayar, jadi ga bisa dong saya bersikap seenaknya? itulah mengapa saya merasa ga enaaaak banget dateng telat begitu.

akhirnya setelah memerangi macetnya jalanan bandung di sabtu sore, saya berhasil nyampe nf bubat dengan selamat. pfiuh.

saya: “pak, maaf banget saya dateng telat! mana muridnya?”

staff: “halah ibu.. ada2 aja bisa salah naik angkot. tuh muridnya!” (nunjuk ke satu orang anak smp kelas 7 yang lagi asyik facebookan, tampak tidak merasa kehilangan gurunya)

saya: “cuma seorang, pak?”

staff:  “iya bu.”

halah. jadi saya heboh ngiterin bandung buat ngajar seorang anak smp kelas 7? hm.. tapi untung juga sih, setidaknya saya ga perlu repot2 ngajar ke banyak anak, dan tidak terlalu merasa bersalah.

untungnya, dua kelas yang saya ajar hari itu adalah kelas smp, jadi saya ga perlu muter otak dan berpusing pusing 7 keliling seperti kalo ngajar anak kelas 3 sma. smp itu pelajarannya masih ringan jadi ngajarnya bisa nyantai dengan cara2 yang fun. kalo ngajar kelas 3 sma, mungkin karena mereka mau ngadepin ujian kali ya, jadi bawaannya tegang mulu pas ngajar. padahal yang ujian mereka tapi yang tegang saya. hha..

untungnya lagi, meski telat saya tetap dapat insentif. mungkin karena bapak pengatur jadwal menyadari kesulitan saya yang kemana2 naik kendaraan umum AKA ancot (sampe nyasar gara2 salah angkot), jadi menghargai usaha saya yang ‘nyebrang’ dalam sehari dari satu cabang ke cabang lain.

yah begitulah kisah – kisah ‘tamparan’ yang bikin saya kapok dateng telat. sekarang, meski kadang2 suka telat, saya selalu mengusahakan untuk dateng on time. terutama di kelas2 yang dosennya strict, tidak membolehkan mahasiswa dateng telat. ah, saya juga pernah tuh dateng telaaaaat banget pas kelas haper bareng Gina, dan akhirnya ga bisa masuk kelas. sejak itu saya selalu ngusahain dateng lebih pagi pas kelas haper.

akhir kata saya simpulkan, tidak bagus menjadi orang yang punya bakat ngaret, karena datang terlambat itu hanya merugikan, baik merugikan waktu orang2 yang bikin janji sama kita, juga merugikan kita sendiri.

One thought on “bakat ngaret

Leave a Reply

