di balik cerita saya dan GNFI

Assalamualaikum wr. wb…

di beberapa postingan kebelakang, saya sering menyebutkan bahwa saya amat sangat sibuk di GNFI atau Good News From Indonesia. banyak orang kadang menyangsikan kesibukan saya tersebut. mungkin karena mereka menganggap bahwa lingkup GNFI itu hanya sebatas twitter di @GNFI, jadi ga akan sibuk – sibuk banget lah. mungkin juga mereka berpendapat karena menjadi kontributor GNFI itu sifatnya sukarela, jadi seharusnya saya ga usah sesibuk itu.

tapi sebenarnya, banyak banget lho kerjaan saya di GNFI itu. dan kenapa saya rela melakukannya mesti saya tidak dibayar, padahal saya kan termasuk profit-oriented people? yah karena saya menyukainya. saya cinta Indonesia, dan menyebarkan berita bagus bersama GNFI bisa menjadi cara yang bagus untuk menyatakan kecintaan saya tersebut.  yah, nasionalisme bisa dengan banyak cara bukan? inilah cara saya.

lagipula, join GNFI tidak menghabiskan banyak uang, dan tidak mengharuskan saya untuk rapat berkala seperti yang dilakukan kalau ikutan organisasi kampus. aih.. hanya Alloh yang tahu deh seberapa ogahnya saya kalo ada rapat – rapat gitu. selama saya kuliah di FH UNPAD (5 semester), kehadiran saya di rapat – rapat sejenis itu bisa diitung jari tangan dan kaki. secara saya kebanyakan mangkirnya kalo disuruh rapat. makanya saya jarang ikutan organisasi atau kepanitiaan di kampus, karena saya males dateng rapatnya. prinsip saya, rapat itu cuma boleh buat kerjaan yang dibayar, karena itu saya cuma dateng ke rapat kerja NF. haha.

selain itu, GNFI dapat mengakomodasi hobi saya dengan baik, yaitu menulis, membaca dan bahasa Inggris. saya sebagai kontributor memang dituntut untuk bisa menulis, dan membaca dalam bahasa Inggris. lalu, dengan menjadi kontributor, kemampuan saya di bidang jurnalistik dan bahasa inggris pun menjadi terasah. senang kan rasanya kalau bisa bekerja dengan hal – hal yang kamu suka, kemudian dapat ilmu banyak?

last but not least, GNFI memberikan suatu dunia baru untuk saya. GNFI mempertemukan saya dengan banyak sekali orang baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan menjadi kenalan saya  dan benar – benar membuka pikiran saya bahwa dunia ini tidak selebar daun jengkol. kemudian, GNFI juga memberikan saya sejuta pengalaman yang tidak akan saya dapat bila saya hanya mengikuti kegiatan internal kampus. saya rasa, pilihan saya tepat untuk lebih memilih berkiprah (bahasanya.. serasa syahrini dah) di GNFI, karena saya jadi bisa berhubungan dengan orang – orang dari berbagai background dan usia. nah, ini akan membantu saya untuk membiasakan diri nanti di lingkungan pekerjaan setelah saya lulus kuliah. yah, even getting along with other people has to be exercised. Smile

jadi, itulah alasan mengapa saya rela sekali menyisihkan waktu senggang untuk bersibuk ria di GNFI. tapi sebenarnya apa saja sih yang saya kerjakan di GNFI? biar saya ceritakan.

1.sebelum rekrutmen kontributor baru, GNFI hanya berisi beberapa orang, core team yaitu Pak Arry, Mas Ian, Mbak Farina, Mas Fajar, Mas Saiful, dan saya yang masuk pada september 2010. ada juga sih kontributor – kontributor lain yang tidak begitu aktif. kerjaan saya pada waktu itu hanyalah input postingan ke web GNFI di goodnewsfromindonesia.org, minimal satu perhari. karena saya satu2nya member yang belum beres kuliah, jadi bisa dibilang sayalah yang memang paling cocok untuk ngepost di GNFI, karena kesibukan saya tidak sebanyak anggota yang lain. dan itu saya lakukan, dengan amat sangat tekun serta konsisten. tiap hari pasti ada satu berita bagus di GNFI, meskipun tidak selalu tulisan saya sendiri. kerjaan yang menyenangkan, ternyata, hunting berita bagus seperti itu.

2. setelah rekrutmen kontributor baru juli 2011, bukan cuma jumlah kontributor yang bertambah jadi 100. kerjaan saya pun tiba – tiba nambah berlipat ganda. saya yang biasanya cuma ngepost tiap hari satu, tiba2 harus;

  1. ngedit postingan para kontributor baru, karena oleh pak Arry dan mas Ian saya diangkat jadi head of editor (secara tiba2). posisi di web pun diangkat, dari author jadi administrator. aih.. dari yang diedit menjadi tukang edit. amazing Open-mouthed smile.
  2. monitor akun – akun GNFI di banyak social media. ya, karena sudah banyak kontributor baru, jadi GNFI meluaskan sayap, tidak hanya di twitter dan web, tapi juga milis, google+, flickr, dan mindtalk. GNFI juga mulai mengaktifkan kembali youtube dan facebooknya. karena tidak mungkin semua media tersebut saya jalankan sendiri (sementara core team member lain telah disibukkan dengan pekerjaan di office masing2), akhirnya saya kerahkan para kontributor baru untuk menjalankan akun – akun baru tersebut, jadi saya hanya bertugas monitor, jangan sampai ada hal – hal yang kurang menyenangkan terjadi. yah, kedengarannya sih fun ya, ngecekin akun2 social networking, tapi ternyata lumayan meribetkan juga lho. cobain deh bikin akun di semua social networking, dan buka di hari yang sama. pasti puyeng juga pala.
  3. handling contributors. ini tuh bila seandainya ada yang mau join GNFI, saya juga jadi orang yang bertanggung jawab. orang tersebut kirim cv ke saya, nanti saya kirim form balik, kemudian saya masukkan kedalam data pengelompokan kontributor. setelah itu saya perkenalkan dengan GNFI dan memberi tahu jenis2 kontribusi yang available.
  4. inisiasi acara offline. acara offline GNFI yang saya inisiasi itu gathering dan keikutsertaan di socmedfest. untuk gathering di bandung saya yang mengurus segalanya, sementara untuk socmedfest saya hanya pencetus ide dan penanggung jawab, sementara teman2 kontributor yang jadi panitia.
  5. perwakilan GNFI untuk berbagai acara. waktu itu GNFI diundang jadi bintang tamu di talkshow Global Radio 88,4 FM jakarta, nah saya datang mewakilkan GNFI bersama Dhany dan mbak Shesa. itu merupakan pengalaman pertama saya diwawancara di radio, dan rasanya amat sangat menyenangkan. hmm.. gimana kalo diwawancara tv ya?
  6. perwakilan kerja sama sbg media partner. karena GNFI adalah media, jadi banyak pihak yang mengajukan untuk kerjasama dgn GNFI sebagai media partner. biasanya anak2 kampus yang lagi cari media buat acara kampusnya. saya megang wilayah bandung dan sekitarnya, jadi kalo ada yang mengajukan kerja sama media partner di bandung, lewat saya dulu deal-deal annya.
  7. ngetwit. yak, saya juga bantu ngetwit di akun @GNFI yang followernya lebih dari 50rb, but only for special occasions, jadi tidak sering, hanya sebagai back up kalo petwit utama berhalangan.
  8. kirim weekly email buat ngabarin soal GNFI, kontribusi, dan in touch sama para kontributor.
  9. yang terakhir dan yang tak mungkin terlupa, tentu input postingan perhari. yak, semenjak ada kontributor baru dan kerja sama dengan MSN, pak Arry menaikkan level minimum postingan perhari dari satu jadi enam. untuk msn malah lebih ekstrim, artikel berbahasa Indonesia harus ada di tiap categories. mabok ga tuh? masalahnya, jumlah postingan yang masuk dari para kontributor tidak pasti, karena tidak semua post tiap hari. jadi ada hari2 saat artikel yang masuk banyak jadi saya tinggal edit dan tambahin gambar, tapi ada juga hari dimana ga ada satupun kontributor yang posting berita jadi saya harus cari sendiri agar website tetap diupdate. kebayang ga, nyari banyak banget berita? aih..

begitulah kesibukan saya di GNFI. banyak dan sama sekali tidak sepele bukan? please jangan repot2 menganggap postingan saya kali ini adalah upaya untuk menyombongkan diri saya, karena kalian tentu tahu bahwa saya tidak punya banyak hal untuk disombongkan. di luar sana masih ada orang yang jauh lebih hebat karena memiliki kehidupan yang lebih heboh.

intinya, saya hanya ingin share soal pengalaman saya di GNFI. apakah anda juga berminat bergabung di GNFI untuk jadi kontributor? silakan kirimkan cv dan motivation letter ke farahfitrianifaruq@gmail.com. jangan khawatir, it will be fun! *malah ngiklan*

oke, sekian dulu dari saya. sampai jumpa besok! Smile

One thought on “di balik cerita saya dan GNFI

Leave a Reply

