tentang sindiran itu

Assalamualaikum wr. wb…

pernahkah kalian merasa tidak suka karena disindir oleh orang lain?

saya pernah.

kejadian ini bermula saat di suatu malam saya sedang iseng berkunjung ke blog atau tumblr teman – teman saya. saya memang senang berkunjung ke blog teman – teman saya karena isinya menarik semua, lumayan, bisa nambah inspirasi dan memotivasi saya supaya bisa sering menulis di blog. nah, saat saya sampai ke tumblr seorang teman saya, sebut saja dia si X, saya melihat sebuah postingan yang judulnya ‘menarik’.

di postingan itu, si X menyebutkan kriteria perempuan pemakai kerudung nyeleneh yang ia juluki sebagai kerudung dusta. ada dua kriteria yang ia sebutkan (ia tidak menyebutkan nama – nama orang yg menurutnya termasuk kriteria itu, syukurnya), kriteria pertama adalah pemakai kerudung tapi di foto facebook dan social network lain tidak menggunakan kerudung, dan kriteria kedua adalah perempuan berkerudung yang suka gonta ganti pacar.

oke, karena saya tidak termasuk kriteria pertama, jadi saya tidak merasa tersindir. yang bikin saya agak ngerasa #jleb adalah kriteria kedua. di penjelasan kriteria kedua ini, si X jelas menyebutkan beberapa hal yang amat sangat jelas mengacu ke saya, seperti soal ‘menutupi hubungan’ dan ‘cepat ganti pacar dari si A di Jakarta ke si B di Bandung’. jadi meskipun nama saya tidak ada disitu, tapi saya bisa tahu bahwa saya adalah yang dia maksud. selain itu si X juga menyebutkan kata – kata lain yang agak menyakitkan hati saya seperti ‘munafik’, ‘sok suci’ dan ‘gonta ganti pacar seperti gonta ganti underwear’. dan postingan ini berhasil membuat saya merasa seperti saya adalah cewek belang berkerudung sok alim yang pacarnya banyak.

hal ini tentu berhasil membuat saya terkejut sekaligus sedih. kenapa?

1. setelah diputuskan oleh seseorang akhir mei kemarin (baca nih ceritanya disini), kurang dari sebulan saya memang jadian dengan orang lain. tapi apakah itu salah? maksud saya, ketika ada orang lain yang jauh lebih baik datang kepada saya, dia menyayangi saya, saya juga telah kagum padanya dari dulu, kenapa mesti saya tolak dengan alasan ‘saya baru putus’? apakah X, sebagai seorang teman, lebih suka melihat saya bersedih sedih selama berbulan – bulan karena diputuskan tapi yang penting jomblo daripada saya bahagia, totally moved on dengan seseorang yang baru? apakah punya pacar lagi kurang dari 3 bulan putus membuat saya layak dikategorikan sbg cewek yang suka gonta ganti pacar?

2. X itu tidak tahu menahu soal cerita pribadi saya, dan langsung menjudge saya seperti itu. okelah, mungkin dari pandangan orang luar, orang bakal mikir gini ‘cepet amat ya farah punya pacar lagi?’. saya juga sudah siap kalo seandainya saya diterpa gosip miring dan harus mengadakan konferensi pers (berasa artis Indonesia HAHA becandaa jangan muntah ya bacanya 😛), tapi saya ga sangka hinaan dan sindiran justru datang dari seseorang yang saya anggap sebagai salah satu teman dekat saya di kampus. X ini teman saya lho. orangnya baik. kami sering sekelas, beberapa kali ikut kepanitiaan bareng, sering ngobrol juga. kami ga pernah punya masalah sampai saat kemarin, out of the blue ia menulis begitu di tumblrnya.  saya jadi heran sendiri, kalau si X ga suka sama saya, dia kan tinggal bilang langsung ke saya. kami kan teman, tentu saya menerima kritikan, dan itu jauh lebih mending daripada nyindir – nyindir begitu.

saya mungkin memang tidak sempurna. pengetahuan agama saya mungkin memang tidak sebanyak X, tapi saya selalu ingin belajar supaya jadi orang yang lebih baik lagi. semoga X mengerti bahwa saya hanya manusia biasa, punya hati dan perasaan, dan tidak layak dihina dina.

sekian dari saya, wassalam! :’)

Leave a Reply

