Tarawih Pertama Ramadhan ini

Assalamualaikum wr. wb…

akhirnyaaa, setelah sebulan penuh ngga ngeblog, saya bisa ngeblog lagi. haha. banyak banget yang ingin saya ceritakan sebenarnya, karena banyak banget yang terjadi di bulan Juli kemaren. cuma untuk kali ini saya ingin cerita soal tarawih pertama.

jadi hari ini, 8 agustus 2011 adalah hari pertama saya shalat tarawih di mesjid. telat banget ya, setelah 9 hari baru mulai tarawih hari ini. tapi ini emang strategi saya, haha. jadi sebelum ramadhan mulai saya udah tekad mau mulai tarawih di mesjid seminggu setelah ramadhan mulai. soalnya, kalo awal ramadhan itu mesjid pasti penuh, terus susah dapet tempat. abis itu di mesjid komplek tempat saya biasa shalat, suka banyak anak – anak kecil dari babakan depan yang kalo lagi shalat pada berisik. karena itu, daripada ga khusyuk kan, mending shalat di rumah, dan ke mesjidnya tunggu sepi.

nah, hari ini, akhirnya, saya beranjak juga buat tarawih di mesjid. setelah melawan rasa malas yang menumpuk, dan mengingat target ramadhan tahun ini (tarawih di mesjid lebih sering daripada tahun lalu) maka jam 19.10, berangkatlah saya ke mesjid yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumah saya, memakai mukenah dan membawa al-quran. ready to rock on do tarawih.

jeng jeng jeng jeeeng….

pas nyampe mesjid, perkiraan saya meleset. ternyata mesjidnya penuh! yang perempuan aja, saking banyaknya, sampai shalat di luar – luar. saya shock, agak ilfil, dan udah kepengen pulang aja, cuma si papa menguatkan saya dengan bilang ‘ada tempat kak, tenang aja.’

setelah berjuang melewati berbagai rintangan (baca: nyelap – nyelip barisan yang lowong dan melompati batas jalan dengan barisan shaf wanita), alhamdulillah saya dapat tempat di sela – sela kedua perempuan *ya iyalah masa di sela kedua lelaki* yang shafnya ga rapat. horee.

sehabis shalat isya, ada ceramah. kali ini ceramahnya membahas soal beberapa jenis puasa gitu. saya ngga begitu merhatiin awalnya karena sambil mengaji (ini juga salah satu target ramadhan saya).

ah iya, pas ceramah ini ada satu hal yang biasanya terjadi di mesjid – mesjid: mengedarkan kotak infaq. saya lupa total sama hal ini sampai ketika saya dengar anak di depan saya bilang ke ibunya pake bahasa sunda halus,

‘mah, bade ngencleng?’

saya tertegun. iya, saya lupa banget ngga bawa uang sama sekali. hal ini langsung jadi catatan saya, semoga besok ga lupa bawa uang.

akhirnya, tarawih dimulai. terdiri dari 8 rakaat yang dibagi menjadi 4 kali salam, dan 3 rakaat shalat witir, satu kali salam. imam di mesjid komplek lumayan ‘ngebut’ kalo ngimamin, padahal surat pendek yang dibaca bukan surat yang benar – benar ‘pendek’. secara keseluruhan sih sebenarnya tarawihnya menyenangkan, hanya saja kekhawatiran saya terbukti: banyak anak – anak babakan depan yang berisik pas lagi shalat, jadi kadang agak terganggu juga. yah insya Alloh besok lebih baik lagi.

pas abis doa, seperti biasa, ada sesi salam – salaman. maklum, secara yang tarawihan di mesjid rata – rata orang komplek yang kenal satu sama lain. nah.. pas bagian ini saya bener – bener kacau. soalnya, saya lupa bawa kacamata, jadinya semua terlihat buram. mau salaman, ga tau siapa yang mau disalamin, secara ngga keliatan. kalo ngga salaman, takut dikira anak-muda-sombong-gamau-bergaul. ya udah akhirnya saya, bermodalkan kenekatan mendekati gerombolan ibu – ibu lalu menyalami mereka satu – satu. prinsip saya, yang penting salam dulu deh, masalah kenal atau ga nanti aja haha. pas saya deketin gitu ibu – ibu ini pada shock mukanya. untungnya, salah satu ibu – ibu kenal sama saya dan menanyakan mama, jadi merubah raut muka ibu – ibu lain hehe.

begitulah pengalaman tarawih pertama di ramadhan kali ini. menyenangkan memang kalau bisa tarawihan di mesjid, rasanya nikmat dan plong. ya, secara tarawih itu privilege yang cuma bisa kita jalankan di satu bulan aja selama setahun. saya jadi bersemangat sama target saya, doakan saya istiqomah ya.

oke, sekian dari saya. selamat menunaikan ibadah di bulan suci ini, guys!

Leave a Reply

