mengapa bahasa hukum tidak dimasukkan ke dalam pembedaan bahasa?

Assalamualaikum wr. wb…

tulisan di bawah ini adalah tugas logika saya saat semester satu. belum pasti benar yaaa ini merupakan pendapat saya saja.  cekidot!

Ahli membagi pembedaan bahasa kedalam empat ruang lingkup, yaitu bahasa pergaulan, bahasa alamiah, bahasa artifisial, dan bahasa ilmiah. Kenapa di dalamnya tidak ada bahasa hukum?

Menurut saya, bahasa hukum tidak dimasukkan dan dipisahkan ke dalam ruang lingkup pembedaan bahasa karena bahasa hukum sering ditempatkan di bahasa pergaulan yang berkaitan dengan ketentuan – ketentuan positif hukum itu. Orang – orang hukum menggunakan saat – saat pemberian bantuan hukum kepada masyarakat awam sebagai salah satu usaha untuk menerjemahkan hukum dalam bahasa pergaulan.

Bila hukum dipisahkan dan dibedakan pembagiannya, maka akan sangat sulit bagi orang awam untuk mengerti hukum, karena orang hukum sendiri sulit menerjemahkan bahasa tersebut kedalam pergaulan. Seperti contoh, pengacara. Pengacara dalam bahasa sehari – hari adalah orang yang kita bayar untuk membela kepentingan kita di pengadilan bila kita terkena masalah. Tapi menurut arti hukum dan sesuai undang – undang, pengacara adalah advokat dan advokat adalah pengacara. Dan apakah advokat? Maka akan bersambung lagi ke pengertian hukum yang lain yang rumit dan tidak berujung.

Bahasa hukum sebagai bahasa ilmiah adalah rumit dan bermakna ganda. Contohnya sama seperti diatas, advokat dan pengacara. Bila tidak disisipkan pengertian dari bahasa pergaulan maka akan timbul makna ganda yang sifat bahasanya dibakukan, sehingga sulit digunakan di dunia internasional. Banyak orang akan dirugikan. Orang awam akan dengan mudah dicurangi oleh orang – orang jahat yang mengerti bahasa hukum, karena penjelasan yang didapat mereka sudah lebih dulu diputarbalikkan oleh bahasa hukum yang sulit dimengerti. Bila bahasa hukum dipisahkan jadi bahasa sendiri, hal diatas akan sangat mungkin terjadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s