fenomena keong racun : another one hit wonder?

Assalamualaikum wr. wb…

hey mochoreaders, bahas fenomena lagi yuk! setelah kemarin saya sempet bahas kasus video porno bintang papan atas, sekarang saya tertarik ngangkat fenomena video keong racun yang akhir – akhir ini lagi ngtren banget.

sekarang, siapa sih yang gatau shinta dan jojo? kedua gadis sebaya saya ini terkenal karena tingkah mereka di video lip sync berjudul keong racun.

pertama kali saya tau mereka adalah ketika mereka diwawancarai oleh media pikiran rakyat, kurang lebih 2-3 minggu yang lalu. disitu banyak dijelaskan tentang kisah kenapa mereka bisa jadi terkenal seperti sekarang. jadi awalnya, video itu adalah video balasan untuk pacar salah satu dari mereka (ntah shinta ato jojo saya lupa deh) yang kuliah di prancis. katanya, mereka emang sering buat video lipsync macam bgtu, ya karena iseng dan emang suka balas2an video ama sang pacar. biasanya mereka posting video itu di facebook, tapi ukuran file keong racun terlalu besar, jadi ga bisa dimuat di facebook. dipostinglah oleh mereka video tersebut di youtube.

di berita tersebut juga disebutkan bahwa mereka berdua sama sekali tidak menyangka videonya akan menjadi hits dan membuat mereka terkenal se Indonesia. “video itu sempat kami hapus, soalnya banyak orang yang ngasi komentar ga enak,” jelas mereka. “tapi begitu dihapus, muncul lagi dan lagi. saya juga langsung dapet 1000 permintaan teman di facebook gara2 video tersebut,” lanjut salah seorang dari mereka, yang saya lupa siapa. yang jelas, fenomena video tersebut telah membuat mereka jadi terkenal mendadak, dan mereka jadi kehilangan privasi, karena sekarang orang2 mengenal mereka.

yang dapat saya tarik dari berita di koran pr waktu itu, shinta dan jojo tidak begitu menyukai ketenaran instan mereka. tapi itu dulu. dari yang saya perhatikan sekarang, mereka malah jadi tambah terkenal. diwawancarai layaknya artis terkenal ketika nonton imb, masuk infotainmen berkali2, bahkan ditawari main film. saya yakin, pendapat mereka soal ketenaran pasti akan berubah seiring mengalirnya lembaran rupiah ke dompet mereka. privasi pasti bukanlah masalah besar sekarang.

ketenaran instan ala shinta dan jojo ini, kalau diingriskan disebut sebagai one hit wonder (istilah buku LIA dikeluarin hahahaha). one hit wonder adalah popularitas mendadak yang didapat seorang penyanyi karena satu lagu saja. ketenaran macam ini biasanya muncul sangat cepat, tiba – tiba ada tanpa diketahui asalnya, tapi sangat terkenal sampai ke seluruh pelosok negeri. banyak sekali contohnya, kalian pasti suka denger band – band jaman sekarang yang terkenal hanya dengan satu lagu? ya, begitulah one hit wonder. setelah beberapa saat, nama mereka akan menghilang begitu saja. intinya, ketenaran yang didapat tidak everlasting, tidak seperti para diva yang meraih kesuksesannya dengan kerja keras yang panjang.

menurut analisis saya, begitulah yang terjadi dengan shinta dan jojo. mereka sedang mengalami masa – masa puncak popularitas sekarang, yang saya yakini tidak akan bertahan lama. kepopuleran instan akan dilanjutkan dengan masa – masa tenar yang juga instan, dan secara instan popularitas tersebut akan jatuh juga. begitulah hukum alam, yang kuat yang bertahan. dalam kasus ini, yang kreatif dan yang punya bakatlah yang akan bertahan. tinggal tunggu waktu sampai masyarakat bosan akan pemberitaan mereka, dan bum! nama mereka mungkin akan hilang.

bicara soal videonya, saya belum pernah melihatnya loh. ada yang sudah pernah melihat video tersebut? kalau orang2nya sih saya sering banget lihat di tv atau koran. sebenarnya sih saya heran, kenapa dua orang remaja yang membuat video lipsync bisa jadi sangat terkenal. entah karena sikap lebay mereka di video, karena lagu ‘keong racun’ yang liriknya berani, atau karena wajah mereka yang memiliki kecantikan khas indonesia? saya juga kurang mengerti. video lipsync itu jumlahnya ribuan di youtube. video lipsync yg bagus sih saya pernah melihat marimar-nya moymoy palaboy, dan itu saya kira jauh lebih lucu dan lebih niat daripada keong racun. mungkin emang hokinya sinjo kali ya, sehingga mereka bisa jadi dikenal seperti sekarang?

oiya, kalian udah tau belum? salah satu dari mereka dapat beasiswa lhoo! beasiswa dari salah satu universitas swasta di bandung, tempat jojo berkuliah. dahsyat ya? ia disebut2 sebagai seseorang yang kreatif sehingga pantas mendapatkan beasiswa jalur minat dan bakat, dan dibebaskan biaya kuliahnya. mendengar berita ini, hati saya jadi miris sendiri. please deh, yang ia lakukan hanya bernyanyi bohongan lalu menguploadnya di youtube, kemudian sedetik kemudian ia disebut sebagai orang yang mengharumkan nama universitas? sedih juga ya, padahal di sana pasti ada yang lebih berhak menerima beasiswa daripada gadis berkecukupan yang iseng macam si jojo ini. tapi ya sudahlah, mungkin memang rejekinya dia.

akhir kata, dari kisah shinta jojo ini dapat saya simpulkan bahwa menjadi terkenal itu gampang. lakukan hal yang unik maka nama anda akan terkenal dimanamana. jadi, bagaimana kalau kita coba lipsync juga? hahahaha, not in this lifetime!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s