selalu ada yang lebih penting.

Assalamualaikum wr. wb…

hari ini ayah saya pulang dari pesta rakyat BRI di Lido sukabumi. sudah seminggu saya ga ketemu ayah saya, yah karena beliau kerja di jakarta.
sy dn mama ngobrol2 sm si papa, dan beliau pulang2 bw berita mengejutkan.
“tensi papa 190 / 130. td aja papa dipulangin ama bos papa, gara2 sejak rabu papa tiduran terus. selasa rabu papa di cuti kan, dsuruh istirahat. nih papa baru dikasih obat sm dokter papa yang lama. ga ngefek sih minum obat banyak2 jg, abs dokternya kurang bagus sih. tapi dokternya ngancem kalo papa ga minum obat nanti papa kna stroke.”
bari ngmng gtu bari nunjukin obat beliau yang banyak, 7 tablet gtulah.

aku sedih banget2lah, smpe mo ngmng jg ditahan takut nangis.
dlu waktu di padang si papa udh smpet msk rumah sakit, tensinya 194 / 130 jg klo ga salah. aku wktu itu ga d padang, aku d bdg (d kosan). iqbal yg kebetulan lg lburan ke padang ngeliat papa msk rumah sakit. dia aja yg cowok nangis ngeliat kondisi papa waktu beliau di opname. saking tinggi tensi darahnya, si papa sk sesak napas dan sk linglung gtu pas bangun tdr, lupa ma sekitar. kt dokternya sih ada masalah sm jantungnya waktu itu.
mudah2an aja skr ga apa2.
aku takut klo kejadiannya terulang lg. blm apa2 aja gw udh becucur air mata, apalagi klo bneran opname, wih nangis darah deh pastinya.
td aja pas ngobrol2 omongan papa udh mulai ga jelas gtu, kadang2 kecepetan jd gtw apa yg d omongin. biasanya mah ga gtu da. pasti gr2 pala beliau pusing banget, gr2 tekanan darahnya tea.

ah sedih.
kejadian ini membuatku sadar bahwa :
1) selalu ada yang lbh penting. bego banget gw akhr2 ini slalu mikirin mr.AX (smntr mrk ga mikirn gw) pdhl ayah ku dijakarta lg skt, sndrian d kamar kosnya. hiks. kesehatan itu penting banget deh.
2) gw hrs cpt2 lulus kuliah. sumber penghasilan keluarga hanya dr papa, kadang dr iqbal jg lwt bowlingnya, tp hsl tanding2nya disimpen sm dia buat biaya pendidikan dia ntar. klo lama2 aku kuliahnya, kasian adik2 aku yg msh sd. papa aj msh suka skt gini. jd aku harus cpt lulus kuliah biar dpet kerja trs bantu adik2 aku jd dokter.
3) jangan pernah merokok deh. ayahku perokok sejak dlu, makanya tensinya tinggi mulu. rokok tuh ngurangin hdup, bneran deh. para perokok sbnernya tw rokok tu bahaya, tp mrk slalu nutup mata telinga dan hati jd ga pernah mw peduli akan bahaya rokok. makanya aku suka sebel ngeliat anak2 sma muda yg blon kerja ngrokok. bakar duit ortu kan itu namanya!
4) kematian itu deket banget sama kita. jd kita gblh pernah lupa klo kita ga slmnya hidup d dunia.

ayahku skr lg tdur di kamar bawah, beliau ga kuat naik ke atas jd tdr d bawah deh. aku sm mama sk ngecek ke kamarnya, takut tiba2 sesak napas lg ky dlu pas di padang.
doakan ayah aku yah, smg tensinya turun dan beliau bs sehat lg. asal tenang dan ga dibuat marah2 (ayahku orgnya sk cpt marah dn ga sabaran, pemicu naek tensi) insya Allah turun tensi darahnya.

heuhh aku mw ngecek kondisi papa lg, ngecek napasnya, berirama ato jgn2 mlh sesak.
dah semua. smg kalian dn keluarga sehat selalu yah.