kursus bahasa jepang di Bandung

Assalamualaikum wr. wb…

sejak sebulan lalu, saya mengikuti kursus bahasa jepang di salah satu tempat kursus di Bandung. sebelumnya, saya sudah mengunjungi beberapa tempat kursus, cuma tidak ada kelas yang buka untuk yang levelnya saya. sekedar info, kursus bahasa jepang dimana2 itu biasanya selalu waiting list, jadi harus nunggu jumlah orang minimal baru kelasnya bisa dibuka. makanya agak susah untuk mencari tempat kursus. nah, karena saya perlu menguasai bahasa jepang secepatnya jadi saya ambil kelas yang kebetulan buka, di BLCI. itu juga ceritanya lucu sih. pas saya kesana, ternyata kelas level 1 udah penuh. akhirnya saya placement test, eh taunya sama yang ngetes dilolosin ke level dua karena sy udah bisa baca hiragana dan katakana. dan untungnyaaaaa ada kelas level 2 baru mulai yang jadwalnya juga cocok sama saya! haaah akhirnya bisa les deh.

oke, karena setelah saya perhatikan di internet tidak ada informasi yang lengkap soal tempat les bahasa Jepang di Bandung, sekarang saya akan memberikan informasi seputar tempat les bahasa jepang di bandung. jadi menurut pengetahuan saya, ada 3 tempat les bahasa Jepang yang bagus di Bandung:

1. Hinode (Kokusai Kotoba Gakuin, Japanese Language Institute)

untuk teman2 yang mau pergi ke Jepang ntah untuk sekolah atau bekerja, saya rekomendasikan tempat ini, karena disini memang yang les adalah yang benar2 mau berangkat ke Jepang. saya tahu soal Hinode dari senpai saya, Rima senpai, yang baru pulang dari Jepang september lalu. saya sempat kesini dua kali tapi tidak ada kelas untuk saya dan harus menunggu minimal 5 orang pendaftar, jadi rencananya bulan depan saya mulai disini.

di Hinode kelasnya intensif, belajar 5 hari seminggu,  senin sampe jumat, tiap harinya satu jam setengah, jadi setiap bulan mereka naik level. disini muridnya difokuskan untuk benar2 mengerti, agar ketika sudah sampai Jepang mereka bisa survive. biayanya tergolong murah, 500rb perbulan kalo saya tidak salah.

alamat: Jl. Dipatiukur No. 42 (disamping rabbani dipati ukur) 40132

telp / fax : 022 – 2534372

email : bandungkkg@yahoo.co.jp

web: www.belajarkejepang.com

contact person: Pak Ayie, 081321303168

2. BLCI Language Center

ini adalah tempat les saya yang sekarang. lokasinya di deket balubur town square. atau tepatnya di samping resto warung steak. ada sepuluh level disini, dan murid bayarnya per paket, yaitu setiap dua level, sebesar 850rb kurang lebih. belajarnya 3x seminggu, setiap pertemuan 1,5 jam, per level 7 minggu, jadi perpaket 14 minggu. per kelas minimal muridnya 12 org, jadi harus menunggu waiting list, tapi disini biasanya cepet mulai sih kelasnya. oh ya, selain kelas bahasa jepang, disini juga ada kelas bahasa Inggris.

alamat: Jl. Tamansari No. 56 Bandung

telp / fax : 022 – 4238738, 022-4232490

email: admin@blciworld.com

3. Japanese Language and Management Center (JLMC)

nah, ini adalah satu2nya tempat yang belum saya kunjungi. sama seperti BLCI, dia juga bayarnya per paket. ini link nya http://jlmc-indonesia.com/en/biaya/kursus-bahasa.

alamat: GEDUNG PRATYAKSA LT.2 Jl. W.R. Supratman No.3 Bandung Jawa Barat 40114 Indonesia

email: info@jlmc-indonesia.com

telp: +62-22-7233 185, 7233 186

fax: +62-22-7234 639

web: http://jlmc-indonesia.com

yah, sekian informasi dari saya, semoga membantu teman2 di bandung yang ingin belajar bahasa jepang yaaa…

18 thoughts on “kursus bahasa jepang di Bandung

  1. Sis, sori numpang nanya, klo yg tempat kursus pertama itu, yg HINODE, itu bwt umum, atau khusus untk yg mau ke jepang saja? Jadi maksud saya, apakah klo kita nya sendiri tidak bermaksud bersekolah di jepang dan hanya ingin kursus intensif nya saja, sebaiknya mendaftar di tempat lain, atau masih boleh di sini?

    Terima kasih sebelumnya… :D

    • perkenalkan saya ady, saya bisa menagajar bahasa jepang secara privat,saya pernah dijepang selama 3 tahun dan mempunyai sertifikat bahasa jepang>>cp. 082130153327

Leave a Reply

