cerita diet

Assalamualaikum wr. wb…

halo teman2,

setelah lama tak ngeblog, kali ini saya pengen sharing soal diet yang sedang saya jalani yah. sebelumnya, saya ga akan share soal berat badan saya karena…. yah gitu deh, memalukan. intinya saya cerita aja ya.

seperti yang kita tahu, hampir setiap orang pernah bermasalah dengan berat badannya. termasuk saya. saya adalah jenis orang yang selalu merasa kegemukan, karena memang berat badan saya lumayan jauh melebihi yang seharusnya.

akhir2 ini saya merasa ada pertambahan berat badan saya, karena saya kelepasan banyak makan. ya, saya emang seneng makan, apalagi ngemil. tanpa sadar, saking seringnya ngemil, berat badan saya naik pesat, yang menyebabkan saya mengalami sesuatu yang terjadi waktu saya smp dan awal sma: berbadan gemuk.

menyadari fakta ini, sejak tiga minggu lalu pun saya coba intensif melakukan diet. kali ini, diet yang serius, karena sy mulai kesal gara2 baju serta celana saya udah pada sempit. susahnya jadi orang yang gemuk tuh gini, cari baju jadi susah. harus ukuran xl, itupun kadang2 ga bisa nyembunyiin perut yang berlipat. plus, saya takut saya jadi rentan penyakit, secara saya punya keturunan diabetes dan darah tinggi.

balik lagi ke soal diet, akhirnya beberapa macam diet pun saya coba.

1. diet sambil puasa ganti.

karena masih banyak utang puasa, saya pun coba sekalian puasa sambil diet, jadi pas buka (maunya) ngurangin makan. eh taunya gagal gara2 pas buka saya malah kalap dan ngemil banyak banget. plus saya jadi makan malem2 gara2 ga saur besoknya. akhirnya berat badan saya tetep selama seminggu.

2. diet tidak makan malam, mengurangi ngemil, minum green tea, minum slimming tea.

diet ini lumayan berhasil, awalnya, sampai setelah seminggu saya menyadari tidak ada penurunan berat badan yg lumayan spesifik. padahal saya baca di buku, awal diet itu adalah saat ketika berat badan turun lumayan cepat karena tubuh masih harus menyesuaikan. eh taunya berat badan saya tetep2 aja.

3. diet tanpa ngemil sekalipun.

diet jenis ini adalah diet yg pernah berhasil sy coba waktu sma, dan lumayan sukses menurunkan berat badan saya sampai sekitar 15kg. awalnya saya ga mau kembali ke diet ini karena;

  1. saya cinta ngemil banget dan merasa belum mampu hidup tanpa makan kripik pedes, minum jus, makan risol, dan lain2.
  2. saya punya slimming tea dan green tea, jadi saya kira pasti ngaruh.
  3. saya ngurangi porsi makan nasi.

tapi setelah dua minggu lebih, yang ada saya malah frustasi karena berat badan saya tidak turun2, malah naik. padahal udah saya sambi sama olahraga.

akhirnya saya sadar bahwa setiap orang punya kecocokan masing2 pada jenis2 diet, dan saya cocok sama diet yang dulu saya lakukan waktu sma: tidak ngemil sama sekali.

memang gimana sih kok saya bisa dapet resep diet itu? jadi ceritanya waktu saya sma, akhir 2007, saya dibawa ibu saya ke dokter gizi di apotek santi, jalan merdeka bandung (dokter kunkun). disitu, beliau ngasitau kalo yang penting dari penurunan berat badan adalah pengaturan pola makan yang benar.

beliau kemudian mengatur pola makan saya, yang selalu saya ingat sampai sekarang:

1. makan berat tiga kali sehari, jam 6 pagi, jam 12 siang, dan jam 6 sore. isinya adalah nasi, protein hewani, protein nabati, sayur2. untuk protein hewani dan nabati, beliau menegaskan bahwa tidak boleh ada dua protein sejenis di satu piring. intinya kalo udah ada ayam, ga boleh ada telur, ikan, atau daging. kalo udah ada tempe, ga boleh lagi ada tahu. harus satu.

2. waktu ngemil adalah jam 10 pagi dan jam 4 sore, yaitu pertengah2an makan.

3. tidak boleh minum apapun selain air putih. minum susu diperbolehkan hanya saat sarapan.

4. tidak boleh makan apapun selain makan berat dan buah di jadwal yang telah ditentukan.

selain mengatur pola makan, beliau juga memberi saya obat penurun nafsu makan dosis rendah saat awal2 diet, yang menurut saya tidak terlalu berpengaruh.

kini, saya kembali ke diet tersebut dengan pengaturan pola makan. hanya kali ini, karena saya bukan lagi anak sma, jadi waktu makan saya sesuaikan dengan jadwal kuliah serta jadwal ngajar saya.

1. saya makan berat dua kali sehari, pagi jam 8 dan siang jam 3 (karena sempetnya jam segitu). porsi makan tentu tidak sebesar dulu, saya kurangi sedikit. yang penting, saya tetap makan, punya energi untuk menjalani hari dan tetap fit. karena tujuan saya adalah langsing sehat, bukan langsing sakit2an. lauk makan saya seperti yang dulu, nasi, satu jenis protein nabati dan hewani, serta sayur2an.

2. susu saya minum hanya saat sarapan pas weekend, karena susu bikin saya mulas, dan sepertinya agak gawat kalo mules2 pas lagi kuliah.

3. makan buah diantara jam makan berat. bukan buah potong yang dijual di tukang rujak yang suka mangkal depan kampus, karena biasanya buahnya udah dikasi air gula jadi udah ga bagus lagi.

4. tidak ngemil sekalipun, meskipun itu adalah eskrim, atau permen sugarfree, atau snack rendah kalori, atau diet cola, no.

5. tidak makan apapun lewat jam 6 sore.

dan hasilnya? berat badan saya turun dan saya merasa lebih ringan. kali ini saya optimis dengan diet yang saya lakukan. ternyata benar, saya emang ga boleh ngemil, karena sekalinya ga ngemil, turunnya lumayan. saya juga merasa lebih segar karena saya ngimbangin diet dengan olahraga.

olahraga apa yang saya lakukan? buat orang kaya saya yang suka males gerak, lari keliling komplek adalah hal yang sangat sulit. tapi saya ga kehabisan akal supaya saya tetep bisa olahraga. karena saya suka nari, jadi saya berolahraga sesuai apa yang saya seneng: aerobik. saya beli cd aerobik di gramedia dan saya praktekkan hampir tiap malam. hasilnya, saya keringatan banyak sekali dan merasa lebih segar. tentu, berat badan jd turun juga karena olahraga mempercepat metabolisme.

dari pengalaman saya, saya menarik beberapa kesimpulan;

bagaimana supaya berat badan kita turun?

1. tentukan jenis diet yang tepat buat kalian yang mau diet. tidak semua diet cocok untuk semua orang, jadi saya sarankan untuk mengunjungi dokter gizi berpengalaman, kemudian ikuti nasehatnya.

2. pengaturan pola makan serta jumlah yang kita makan itu sangat penting. quality over quantity, jangan kira makan banyak berarti asupan kalori udah cukup ya. plus, makanlah makanan yang sehat, bukan junk food atau makanan bertepung yang ga penting. siapa yang tau kan kalo ternyata selama ini kita numpuk sampah dalam badan kita? inget aja, pola makan yang benar bakal membuat kita ga cuma langsing, tapi juga sehat.

3. sebisa mungkin, kurangi ngemil. ini memang pengorbanan yang sulit, saya juga sadar banget, tapi ya selalu ada pengorbanan menuju kesuksesan, iya kan? kita tidak mungkin bisa kurus kalo banyak ngemil, itu yang saya percaya, karena terjadi sama saya.

4. yang terpenting dari diet adalah niat dan konsistensi. tanpa niat yang teguh kalo kamu pengen kurus, saya jamin kamu ga akan bisa kurus. ini terjadi sama saya selama beberapa tahun ke belakang. ga terhitung berapa kali saya bilang saya mau diet, tapi akhirnya saya gagal di tengah jalan, dan selalu menyesal telah membiarkan nafsu makan berlebihan menguasai saya.

konsistensi juga penting, karena kalo kamu ga konsisten sama diet yang lagi kamu jalani, berat badan kamu bakal naik turun dan malah bikin stres.

kini, karena telah punya niat yang teguh dan konsistensi, saya berhasil menjalani 4 hari penuh tanpa ngemil, dan bertahan tidak makan apapun diluar jadwal meskipun saya benar2 ingin. saya sadar bahwa selama ini saya sering sekali makan makanan yang sebenarnya ga diperlukan badan saya, dan makan saat tidak lapar. fiuh, ga heran berat badan saya naik banyak. sekarang, seiring melonggarnya baju dan celana serta menipisnya perut saya, saya merasa lebih semangat menjalani diet. tidak ada perasaan yang lebih baik daripada saat berat badan kita turun dan merasa sehat. doakan saja semoga niat dan konsistensi saya tidak meluntur sampai berat badan saya mencapai target.

baiklah, sekian dari saya, selamat berdiet dan salam sehat!

6 thoughts on “cerita diet

  1. Pingback: quickie quick post! « Farah Fitriani's writing about life

  2. good 4 u! Glad to hear u r doing it right this time. U r on the right track to think of being healthy. The shedding kilos is a bonus of your efforts n perseverence. Enjoy losing weight the healthy way!

  3. Wah cerita anda sama persis sama cerita qw dulu pas smp , aq jg g njalani diet itu lg . Dah diet gx ngemil sama sekali selama 3 hari , alhasil nih perut buncit sedikit” kempes ,

Leave a Reply

