mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

Assalamualaikum wr. wb…

hello mochoreaders. long time no see, uh? yeah, i’ve been a bit busy lately. my mother needs more hand to run the store, so i go there almost everyday now.

anywaaay, here i am. writing an article. (let’s talk in indonesian)

artikelnya tentang sampah. banyak hal yang menginspirasi saya, salah satunya adalah karena saya masih sering melihat banyak orang indonesia, anak kecil maupun bapak2 kantoran , membuang sampah sembarangan, bukan di tempatnya. hal ini kadang – kadang bikin saya jengkel. kenapa? bukan karena saya sok bersih ya. please deh. kamar saya aja berantakan. tapi karena beberapa hal yang akan saya bahas di bawah ini. alasan – alasan ini saya dapet dari banyak sumber. so, penasaran kenapa dari sd kita diajarin ga boleh buang sampah sembarangan? cekitot!

mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

1. dari sisi lingkungan
buang sampah sembarangan itu mengotori lingkungan. ah ini sih anak tk juga tau, iya kan? kalo gtu, kenapa banyak orang masih suka buang sampah sembarangan? karena mereka ga peduli sama lingkungannya. padahal, buang sampah sembarangan bisa bikin penumpukan sampah di tempat2 yang bukan fungsinya menjadi tempat sampah.
a. orang naik kapal, buang sampah ke laut. damnpaknya? tentunya ekosistem laut dan penghuninya kena masalah, macam ikan – ikan dan lain2nya. sampah kan bukan tempatnya disitu, kalo laut dipenuhi sampah, hewan2 laut dan lainnya bisa mati. ujung2nya, manusia juga kan yah yg kena? kita kan butuh ikan dan makanan seafood lainnya, ya tho? atau di kasus lain, ikan yg kita makan udah terkontaminasi sampah. pastinya bakal bikin kita sakit juga.
b. orang buang sampah di sungai, got, dan selokan. hasilnya? banjir. udah gitu nyalahin pemerintah, dibilang pemerintah ga bener dalam mengatasi bencana alam. padahal yg bikin banjir mereka2 juga, ckck.
c. orang buang sampah di jalan atau di tempat2 lain, bikin jelek pemandangan. polusi mata plus polusi udara juga. sampah kan bau.

2. dari sisi agama
saya percaya, semua agama pasti mengajarkan umatnya untuk mencintai kebersihan. waktu sma, guru agama saya, Ibu Diden Rosenda, pernah menyampaikan ini saat keputrian;
“kalian buang sampah sembarangan, satu, satu, sedikit, itu kan mengikis pahala juga. bayangin kalian udah susah payah ngumpulin pahala, terus ilang sedikit demi sedikit karena hal yang sepele? apa ga sayang kalian?”
perkataan si ibu terus menancap dalam hati saya, ga pernah keluar lagi. sebelumnya saya masih sering buang sampah sembarangan, tapi setelah itu, saya jadi takut. secara pahala saya kan kayanya masih dikit, rasanya sayaang banget si pahala sedikit ini kekikis sama hal kecil macam buang sampah sembarangan.

3. dari sisi ekonomi
teman saya, alfiani, pernah mengatakan ini pada saya, katanya ia dapat dari guru pkn, “buang sampah sembarangan mengurangi devisa negara. kenapa? karena makin banyak orang buang sampah sembarangan, makin besar uang yang dikeluarkan pemerintah untuk menggaji orang2 yang membersihkannya.”
kalian pasti ga pernah aware sama dampak ini kan? sama saya juga. kalo dipikir2 emang iya sih, coba deh kalian pikirin. di luar negeri itu jarang banget ada tukang sasapu jalan, karena jalanan mereka bersih karena mereka buang sampah di tempatnya. kecuali kalo fall season, tukang sasapu ada buat nyapuin daun2 kering. nah, di kita, sampah selalu numpuk di pinggir jalan. jadi demi mengurangi polusi, digajilah orang2 buat menyapu sampah2 itu. bayangkan berapa yang telah dikeluarkan pemerintah untuk membayar para tukang sasapu itu? dan bayangkan berapa yang bakal bisa dihemat kalau seandainya orang2 buang sampah pada tempatnya? uang sejumlah itu mungkin bisa digunakan untuk hal lain, seperti memajukan pendidikan di daerah terpencil.
mungkin saja selama ini negara kita miskin karena hal ini, apbn digunakan untuk membersihkan sampah buangan masyarakat. ironisnya, masyarakatnya sendiri malah ga sadar, dan lagi2 sibuk menyalahkan pemerintah yg dibilang ga pernah mikirin masyarakatnya. padahal yg bikin negara miskin ya kita2 juga, heuheu.

4. dari sisi moral
sedari kecil kita selalu diajarkan untuk membuang sampah di tempatnya. itu ciri2 anak rajin, begitu kata buku sd yg saya pinjam dari adik saya, hehe. kalo kita buang sampah sembarangan, berarti kita bukan anak rajin.
bukan anak rajin = anak malas = tidak berpendidikan. aduh terhina ga seeeehh bapak bapak ibu ibu yang kuliahnya udah sampe tingkat sarjana tapi dibilang tidak berpendidikaaaan??? mangkanya jangan buang sampah sembarangan! ah, malu dong ama anak sd kelas satu.

5. dari sisi hukum
buang sampah sembarangan, di daerah manapun, di negara manapun, itu melanggar hukum. jelas, ada peraturannya. cek deh, pasti ada pasal yg menyinggung soal denda bila kedapatan membuang sampah sembarangan. contohnya di PERDA K3 Bandung th 2005, itu kita dikenakan sanksi RP 5.000.000,00 kalo buang sampah sembarangan. jadi bila kita membuang sampah sembarangan, secara langsung kita sudah melanggar hukum, dan status kita sudah menjadi warga yang tidak taat hukum. intinya, buang sampah sembarangan aja udah bisa bikin kita disama2in ama maling ayam. sedih ga tuh?

begitulah alasan – alasan yg berhasil saya kumpulkan dan saya ramu menjadi artikel ini.
bagi yang sudah punya kesadaran untuk selalu buang sampah pada tempatnya, selamat, bagus sekali. terus tingkatkan dan jangan lupa ingatkan yg lain.
bagi yang belum… saya harap pikiran kalian berubah setelah membaca ini. bukan sok ngajarin yaa, ini kan hasil riset kecil2an saya yang saya bagi untuk mochoreaders.

kalau ada yg mau menambahkan alasan, monggo…

hidup kebersihaan!

About these ads

2 thoughts on “mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

  1. saya udah baca postingan mas tentang sampah, hebat bgt mas, nanyain langsung orang2 yg suka buang sampah sembarangan. postingan kita saling melengkapi mas, postingan yg mas membahas ttg alasannya, kalo saya fokus sm akibatnya. bener, saya kesel bgt sm yg suka buang sampah sembarangan, ngga nyadar2 gt.semoga bisa menyadarkan banyak orang supaya ngga buang sampah sembarangan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s